Cara Melakukan Telesurvey yang Baik & Benar melalui WhatsApp Business

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 03 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.

"Telesurvey menjadi bagian penting untuk perusahaan yang ingin mendapatkan feedback dan saran yang membangun dari pelanggan setia. Yuk, simak penjelasan di bawah ini"

Pelanggan memiliki peran penting dalam jalannya sebuah perusahaan maupun bisnis. Tanpa adanya pelanggan, perusahaan yang melakukan penjualan produk maupun layanan jasa tidak akan mendapat keuntungan dari bisnisnya tersebut. Pelanggan juga memiliki peran penting agar suatu perusahaan mempunyai image positif dan membuat produk atau layanan yang mereka tawarkan laku. Kepercayaan pelanggan juga merupakan komponen utama sebuah perusahaan dan bisnis berjalan. Hal ini didasari oleh terpercayanya suatu perusahaan atau bisnis terhadap apapun yang mereka jual dan tawarkan. Bukan hanya sekedar memiliki produk yang terkenal di kalangan masyarakat, perusahaan dan bisnis harus mempunyai rasa percaya aga semua produk atau layanan jasa yang akan diproduksi di masa yang akan datang memiliki nilai penjualan yang lebih meningkat jika dibandingkan dengan sebelumnya.

Cara Melakukan Telesurvey yang Baik dan Benar dengan WA Business

  • Menggunakan Bahasa yang Sopan 

Tentu pelanggan ingin menjawab survei yang menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Selain itu, menggunakan bahasa yang tidak sopan dan seakan tidak niat tentu sangat tidak profesional dan membuat kualitas perusahaan menjadi tidak berkualitas. Selain itu, menggunakan bahasa yang sopan juga sebuah bentuk formalitas agar pelanggan dapat mempercayai perusahaan dan dapat menjawab survei dengan santai dan nyaman.

  • Tidak Melakukan Spam

Pelanggan memiliki cara mereka sendiri dalam menjawab survei. Hal ini karena pelanggan memiliki aktivitas yang berbeda-beda sehingga waktu yang digunakan untuk menjawab survei juga berbeda. Jika pelanggan tidak kunjung menjawab, bukan berarti survei yang Anda lakukan diabaikan, tetapi pelanggan mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk menjawab.

Baca Juga: 5 Langkah Memaksimalkan Tingkat Respon pada Telesurvey Anda

  • Melakukan Survei Tidak Pada Jam Istirahat 

Jika ingin mendapatkan jawaban survei yang memuaskan dan cepat dibalas, perusahaan harus memastikan untuk tidak melakukan survei pada jam istirahat. Selain mengganggu jam istirahat seseorang, melakukan survei pada malam hari pada waktu orang sudah beristirahat adalah bentuk ketidakprofesionalan yang mestinya dihindari bagi sebuah perusahaan yang ingin membangun citra yang baik.

Manfaat Melakukan Telesurvey dengan WhatsApp Business

Telesurvey merupakan bagian dari perusahaan untuk mendapatkan feedback dari pelanggan. Isi telesurvey berisikan pertanyaan-pertanyaan seputar perusahaan, produk, maupun layanan jasa yang sudah diproduksikan ke dalam masyarakat. Telesurvey biasanya dilakukan oleh seorang agen telesurvey yang akan menghubungi beberapa pelanggan lewat panggilan telepon dalam satu hari. 

Biasanya, telesurvey tidak berlangsung lama karena perusahaan memberikan batasan waktu untuk panggilan telepon. Hal ini untuk mengurangi biaya yang dibebankan pada saat panggilan telepon berlangsung juga untuk membuat pelanggan tidak merasa membuang terlalu banyak waktu dalam panggilan untuk survei ini.

Namun, saat ini sudah banyak perusahaan yang berusaha untuk tidak mengeluarkan banyak biaya dalam melakukan aktivitas ini. Selain untuk menghemat pengeluaran, aktivitas telesurvey ini juga dinilai sudah ketinggalan zaman dan tidak efektif lagi dengan menggunakan panggilan telepon. Orang biasanya cenderung tidak mengangkat telepon untuk nomor asing sehingga kemungkinan besar panggilan telesurvey sering diabaikan. 

Sebagai peralihan dan alternatif yang lebih baik, perusahaan saat ini juga mengalihfungsikan kegiatan ini dengan menggunakan WhatsApp Business. Aplikasi untuk bertukar pesan yang satu ini merupakan salah satu aplikasi yang berperan besar dalam komunikasi dan hubungan masyarakat. Yuk, intip beberapa manfaat melakukan telesurvey dengan menggunakan WhatsApp Business berikut ini.

  • Lebih Hemat Biaya

Telesurvey pada umumnya menggunakan telepon konvensional yang memiliki biaya cukup mahal untuk panggilan telepon. Hal ini karena telepon konvensional memiliki jaringan dan saluran yang berbeda dengan aliran listrik dan internet sehingga biaya yang dibebankan juga berbeda. Untuk itu, menggunakan WhatsApp Business untuk melakukan telesurvey jauh lebih murah karena WhatsApp Business memiliki patokan harga yang jauh berbeda dengan telepon konvensional. selain itu, menggunakan WhatsApp Business juga tidak memerlukan seorang agen yang harus menghubungi satu persatu pelanggan untuk ditelepon.

Baca Juga: Contoh Pertanyaan untuk Telesurvey Perusahaan Anda

  • Memiliki Banyak Peluang untuk Direspon

Saat melakukan panggilan telesurvey pada umumnya mengharuskan agen telesurvey untuk menghubungi pelanggan satu per satu melalui panggilan telepon. Hal ini seringkali tidak berhasil dan panggilan telepon jarang direspon oleh pelanggan. Ada banyak alasan terhadap hal ini, biasanya, orang akan enggan mengangkat telepon di jam-jam kerja maupun jam istirahat. Selain itu, maraknya penipuan yang mengatasnamakan perusahaan ternama juga membuat kegiatan telesurvey ini menjadi jarang direspon.

Berbeda jika perusahaan menggunakan WhatsApp Business untuk melakukan telesurvey, perusahaan akan memiliki banyak peluang untuk direspon oleh pelanggan. WhatsApp memiliki pengguna yang banyak di seluruh dunia, di Indonesia sendiri aplikasi ini menjadi yang paling banyak digunakan. Untuk itu, saat melakukan survei dengan aplikasi ini akan lebih banyak peluang mendapatkan respon karena masyarakat menggunakan WhatsApp untuk kegiatan komunikasi sehari-hari.

  • Fitur Otomatis WhatsApp Business 

Saat melakukan telesurvey dengan panggilan telepon, agen perusahaan harus menunggu dan mencatat satu persatu jawaban yang diberikan oleh pelanggan. Berbeda saat menggunakan WhatsApp Business, perusahaan dapat mengatur pengiriman pertanyaan setelah pelanggan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

  • Lebih Cepat dan Praktis

Meskipun kegiatan telesurvey memiliki waktunya sendiri dan memiliki batasan yang diharuskan oleh perusahaan, ada kalanya panggilan memiliki kelebihan waktu yang mengharuskan panggilan menjadi lebih lama. Dengan menggunakan WhatsApp Business, kegiatan telesurvey ini dapat lebih cepat dan praktis karena tidak memiliki batasan waktu.

Itulah beberapa cara melakukan telesurvey yang baik dan benar melalui WhatsApp Business. Semoga membantu!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami