Cara Lakukan Riset Pasar yang Baik untuk Mendukung Telemarketing B2B

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 13 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock

"Walaupun telemarketing B2B hanya dipusatkan untuk pelanggan berbentuk perusahaan maupun bisnis, Anda tetap harus melakukan riset pasar untuk mengoptimalkan penjualan"

Dalam dunia bisnis, telemarketing B2B (business-to-business) menjadi salah satu cara efektif bagi perusahaan untuk menjalin hubungan dengan klien berpotensi. Sesuai dengan namanya, klien yang diacu ini umumnya berupa perusahaan, bukan perseorangan. Supaya telemarketing ini dapat dicapai dengan sukses, Anda perlu melakukan riset pasar dengan baik. Riset pasar ini akan membantu Anda memahami pasar dan klien dengan lebih baik, sehingga strategi pemasaran dapat dikembangkan.

Apa yang Dimaksud Telemarketing B2B?

Telemarketing B2B merupakan sebuah proses pemasaran yang melibatkan komunikasi antar perusahaan  untuk menawarkan produk maupun layanan yang disediakan oleh pihak perusahaan penjual. Tujuan utama dari pelaksanaan telemarketing B2B adalah untuk menjalin hubungan dengan klien potensial dan memperoleh pelanggan baru.

Perbedaan Telemarketing B2B dengan Telemarketing Biasanya?

Perbedaan utama antara telemarketing B2B dan telemarketing biasanya adalah target pasar yang dituju. Dalam telemarketing biasanya, target pasar adalah konsumen individu, sedangkan dalam telemarketing B2B, target pasar adalah perusahaan atau bisnis. Selain itu, telemarketing B2B menerapkan penjualan melalui percakapan langsung antara penjual dan pembeli, sedangkan penjualan telemarketing biasa dilakukan melalui telepon atau saluran komunikasi jarak jauh lainnya.

Baca juga: Simak Cara Membuat B2B Content Marketing yang Menarik!

Manfaat Menerapkan Riset Pasar dalam Telemarketing B2B

Dengan menerapkan riset pasar saat melakukan telemarketing B2B, Anda akan memperoleh sejumlah keuntungan berikut ini:

  • Memahami pasar dan pelanggan Anda dengan lebih baik

Anda dapat memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan Anda berkat hasil yang dipaparkan dari riset pasar. Dengan begini, perusahaan Anda dapat mengembangkan produk atau layanan  yang lebih relevan dengan kebutuhan pelanggan.

  • Mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif

Kemudian, Anda bisa menargetkan pelanggan yang kira-kira relevan dengan produk dan layanan perusahaan dan mengembangkan strategi pemasaran supaya jadi lebih efektif.

  • Meningkatkan efektivitas telemarketing B2B

Efektivitas proses telemarketing B2B Anda akan meningkat berkat bantuan riset pasar. Anda dapat mengembangkan skrip yang lebih efektif dan menyesuaikan pendekatan perusahaan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Strategi Terbaik untuk Riset Pasar dalam Telemarketing B2B

Berikut ini adalah beberapa strategi terbaik untuk melakukan riset pasar dalam telemarketing B2B:

  • Tentukan tujuan riset pasar Anda

Sebelum memulai riset pasar, tentukan tujuan terkait pelaksanaan riset pasar terlebih dahulu. Pertanyaan yang terkait bisa berupa apa yang ingin Anda ketahui tentang pasar dan pelanggan Anda?

  • Tentukan target pasar Anda

Lalu, tentukan target pasar Anda dengan jelas. Pastikan produk atau layanan Anda cocok digunakan untuk pelanggan dengan kriteria tertentu. Lakukan pemasaran secara lebih terarah kepada pelanggan berpotensi supaya produk tersebut cenderung lebih laku.

  • Gunakan berbagai sumber data

Gunakan berbagai sumber data untuk melakukan riset pasar Anda, seperti data penjualan,  data pelanggan, maupun data industri dan data pesaing.

  • Gunakan metode riset pasar yang tepat

Tetapkan metode riset pasar yang tepat untuk tujuan riset pasar Anda. Metode riset ini dapat berupa survei, wawancara, atau fokus kelompok untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

  • Analisis data Anda

Setelah pengumpulan data berhasil dilakukan, analisis hasil data tersebut dengan cermat. Identifikasi tren dan pola yang muncul dari data. Informasi-informasi berupa data ini dapat digunakan untuk mengembangkan strategi pemasaran perusahaan Anda.

Baca juga: Optimalisasi Riset Pemasaran dengan Telesurvey

Dukung Agen Telemarketing dengan Platform Sociomile!

Melakukan riset pasar yang baik sangat penting untuk mendukung telemarketing B2B yang sukses. Dengan memahami pasar dan pelanggan Anda dengan lebih baik, Anda dapat mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan meningkatkan efektivitas telemarketing B2B Anda. Supaya kinerja para agen telemarketing jadi semakin efektif, bekali mereka dengan pelatihan keterampilan yang relevan, salah satunya dalam menggunakan platform pendukung kinerja.

Sebagai perusahaan yang berfokus ke layanan customer enhancement, Ivosights menyediakan sistem contact center yang handal bernama Sociomile. Sistem ini dibekali dengan beberapa teknologi pendukung untuk melakukan panggilan telepon, misalnya fitur Predictive Dialer System, Automatic Call Distribution, dan Outbound Validation. Para agen juga dapat memonitoring sistem ini menggunakan perangkat handphone kapan saja dan dimana saja, bahkan di rumah sekalipun. Tertarik ‘kan? Segera dapatkan sistem Sociomile ini dengan menghubungi tim kami!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami