5 Skill Wajib Dimiliki Agen Telesales untuk Menggaet Hati Pelanggan

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 05 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.

"Manajemen emosi salah satu skill yang wajib dimiliki agen telesales untuk menggaet hati dan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan"

Salah satu hal paling krusial dalam telesales adalah menarik perhatian dan kenyamanan pelanggan terhadap wiraniaganya. Dalam telesales, agen telesales memiliki peran yang sangatlah penting sebab sosok ini akan menjadi orang pertama yang menyambut pelanggan di garda terdepan. Bahkan sampai saat ini masih banyak perusahaan yang mengandalkan agen telesales untuk menjaga loyalitas pelanggan terhadap perusahaan. Tidak jarang, perusahaan besar bisa mendapat perspektif negatif dari kesalahan agen telesales yang sepele seperti tidak telaten dan tidak kompeten dalam menjalankan pekerjaannya.

Tingkat kesulitan yang dihadapi seorang agen telesales rupanya bukan terbatas pada hal-hal sederhana seperti kemantapan pengetahuannya terhadap produk perusahaan saja tetapi juga bagaimana ia bisa menjaga ketertarikan pelanggan terhadap perusahaan yang sedang dijualnya. Rupanya, tanggung jawab yang dipegang seorang agen telesales memang tidak sesederhana terlihatnya. Masih banyak skill penting yang harus terus diperhatikan seorang agen telesales bahkan sampai pada skill paling remeh yang sering dilupakan juga. Lalu, apa saja, sih, kemampuan yang harus diperhatikan oleh seorang agen telesales khususnya untuk menggaet hati pelanggan? Simak terus selengkapnya artikel yang satu ini!

5 Skill yang Wajib dimiliki Seorang Agen Telesales

  • Aktif Mendengarkan

Salah satu kemampuan yang sering kali dilewatkan banyak agen telesales adalah kemampuan mendengarkan. Banyak dari mereka yang dilatih untuk mampu berkomunikasi dengan baik, menjabarkan produk perusahaan dengan lancar, dan memaparkan solusi dengan kata yang tepat dan mudah dimengerti pelanggan. Akan tetapi, satu hal yang lebih penting adalah mendengarkan pelanggan dengan baik terlebih dahulu.

Semua kualifikasi seorang agen telesales bisa menjadi sia-sia jika tanpa pendengaran yang sama baiknya sebab fungsi dari aktif mendengar juga bisa menjadi kunci produktivitas kerja agen telesales agar mendatangkan penilaian positif dari pelanggan.

  • Kesabaran yang Tinggi

Kemampuan yang harus dimiliki agen telesales bukan cuma soal mendengarkan saja, melainkan juga bersabar untuk memahami keluhan dan pertanyaan pelanggan. Tentunya mendengarkan pelanggan tidak bisa dimaksimalkan jika tanpa kesabaran yang tinggi juga.

Banyak dari pelanggan yang menaruh kepercayaan yang besar terhadap suatu perusahaan hanya melalui kesabaran tinggi yang ditunjukkan agen telesales melalui sambungan telepon. Rasa sabar juga penting untuk diasah oleh pekerja di bidang layanan seperti agen telesales sebab mereka akan berhadapan dengan berbagai pelanggan dengan rentang usia dan jenis kelamin berbeda, tentunya dengan berbagai keluhan dan watak yang berbeda juga.

  • Manajemen Emosi yang Positif

Selain bersabar, seorang agen telesales juga harus mampu mengatur emosinya agar tetap stabil dan selalu positif selama bekerja. Pekerjaan ini memungkinkan kamu untuk harus langsung cepat beradaptasi dengan berbagai situasi berbeda sehingga konsistensi emosi menjadi hal yang harus dijaga.

Selain itu, peran emosi yang positif dapat membantu pelanggan merasa lebih tenang sebab pelanggan biasa datang kepada agen telesales bersama pertanyaan dan keluhan-keluhan tertentu yang mungkin membuat mereka panik dan bingung. Tentu tidak ada pelanggan yang mau datang ke pusat bantuan yang bukannya memberinya bantuan dengan baik justru malah membuatnya kesal.

  • Problem Solving yang Tangkas

Kepuasan pelanggan setelah menghubungi agen telesales adalah salah satu tujuan yang harus diraih. Untuk itu, adanya keluhan dari berbagai masalah yang dipertanyakan oleh pelanggan adalah bukti melemahnya kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanan perusahaan. Seorang agen telesales harus mampu mengatasi masalah ini dengan benar.

Pelanggan memutuskan untuk datang ke agen karena memerlukan solusi dari suatu permalsahan yang dialaminya. Oleh sebab itu, selain mendengarkan, bersabar, dan mengatur emosi yang positif, tentunya mereka juga harus mampu memberikan solusi yang tepat dan tangkas terhadap komplain tersebut.

  • Pandai Mempersuasi

Tentunya, bukan cuma menjawab dan melayani pelanggan, seorang agen telesales yang baik juga harus mampu meningkatkan citra perusahaan di mata pelanggan yang ditemuinya pada berbagai keadaan. Kemampuan mempersuasi menjadi bagian dari kualifikasi seorang agen telesales sebab ia yang berhadapan paling depan dengan pelanggan paling mungkin bisa memanfaatkan waktunya untuk menggali keyakinan pelanggan agar melihat potensi dari perusahaan.

Nah, itu dia lima skill wajib seorang agen telesales yang tampak remeh tetapi berperan penting terhadap keseluruhan kinerja dan citra positif suatu bisnis telemarketing. Tentu ini bisa menjadi tugas bagi semua pebisnis telemarketing untuk meningkatkan kualitas dan kinerja dari seorang agen telesales. Nah, buat kamu yang berambisi menjadi seorang agen telesales, jangan lupa untuk mencatat dan menerapkan kelima hal penting di atas, ya, sebab perubahan positif dimulai dari dirimu!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami