Sebelum Lakukan Telesales, Para Agen Perlu Persiapkan Beberapa Hal Ini

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 11 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock

"Keberhasilan telesales tidak hanya ditentukan pada kemampuan penjualan dan komunikasi agen, melainkan juga dari beberapa langkah persiapan sebelumnya."

Telesales menjadi salah satu metode yang umum digunakan untuk menjual produk atau layanan melalui telepon. Keberhasilan metode telesales tidak hanya bergantung pada kemampuan agen, tetapi juga pada persiapan yang matang sebelum melakukan interaksi dengan calon pelanggan. Apa sajakah langkah-langkah yang perlu dilakukan sebelum melakukan telesales? Sebaiknya Anda simak dahulu penjelasan di artikel bawah ini.

Pengertian tentang Apa Itu Telesales

Telesales adalah sebuah metode penjualan produk atau layanan kepada calon pelanggan yang dilakukan oleh para agen dengan saluran telepon. Dalam telesales, agen bertugas untuk meyakinkan dan membujuk calon pelanggan supaya mereka melakukan pembelian. 

Tahapan-Tahapan Pelaksanaan Telesales

Tahapan pelaksanaan telesales melibatkan serangkaian langkah yang perlu dilakukan oleh agen telesales.  Beberapa tahapan-tahapan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Persiapan Pemahaman Akan Produk atau Layanan

Sebelum melakukan telesales, agen perlu memahami produk atau layanan perusahaan dengan baik. Dengan pemahaman yang baik, agen dapat menjelaskan informasi-informasi tersebut jelas kepada calon pelanggan.

  • Identifikasi Prospek

Agen telesales perlu melakukan riset pasar, mengumpulkan informasi kontak calon pelanggan berupa nama, alamat, nomor telepon, atau informasi lain yang relevan.

  • Kontak Awal dan Kualifikasi

Setelah prospek diidentifikasi, agen perlu melakukan kontak awal dengan calon pelanggan dengan cara memperkenalkan diri, perusahaan, dan tujuan panggilan. Selain itu, agen juga melakukan kualifikasi untuk memastikan bahwa produk atau layanan yang ditawarkan sudah relevan dengan calon pelanggan.

  • Penawaran dan Penanganan Keberatan

Agen telesales memberikan penawaran produk atau layanan serta manfaat, harga, dan kebijakan pembelian dengan jelas. Para agen  juga harus siap untuk menangani keberatan atau pertanyaan yang bisa saja ditanyakan oleh calon pelanggan.

  • Penutupan Penjualan

Terakhir, agen telesales dapat menggunakan teknik penutupan persuasif untuk membujuk calon pelanggan. Tekankan kembali manfaat dan keuntungan yang akan diperoleh, berikan penawaran khusus, atau ciptakan kebutuhan mendesak untuk memotivasi mereka.

Baca juga: Simak Jenis Skenario Penjualan dalam Telesales dan Kegunaannya!

Bagaimana Agen Melakukan Persiapan Sebelum Melakukan Telesales?

Sebelum melakukan telesales, agen perlu melakukan persiapan yang matang. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh para agen:

  • Memahami Produk atau Layanan

Agen harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang produk atau layanan yang akan dijual. Mereka perlu menguasai fitur, manfaat, dan keunggulan produk atau layanan tersebut.

  • Mengetahui Target Pasar

Agen juga perlu memahami tentang target pasar mereka. Mereka perlu mengetahui siapa calon pelanggan yang paling mungkin tertarik dengan produk atau layanan yang mereka tawarkan.

  • Mempersiapkan Skrip Telesales

Buatlah skrip telesales berisi kalimat pembuka yang menarik, penjelasan produk atau layanan yang jelas, argumen penjualan yang kuat, dan kalimat penutup yang meyakinkan. Skrip ini membantu agen supaya tetap terorganisir selama melakukan proses telesales.

  • Mengumpulkan Informasi Calon Pelanggan

Sebelum melakukan telesales, agen perlu mengumpulkan informasi tentang calon pelanggan. Dengan memiliki informasi yang lengkap, agen dapat mengarahkan percakapan dengan lebih personal dan memberikan penawaran yang relevan.

  • Menyiapkan Alat dan Sumber Daya

Terakhir, agen perlu mempersiapkan alat dan sumber daya yang diperlukan dalam melakukan telesales. Seperti misalnya, persiapkan akses ke telepon yang baik, catatan atau aplikasi yang membantu mengelola data pelanggan, dan informasi produk atau layanan yang diperlukan dalam proses penjualan.

Manfaat Mempersiapkan Telesales dengan Baik

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh untuk mempersiapkan telesales:

  • Meningkatkan Kepercayaan Diri Bagi Para Agen

  • Mengoptimalkan Waktu dan Sumber Daya Agen

  • Meningkatkan Kualitas Interaksi Agen dengan Pelanggan

  • Meningkatkan Tingkat Keberhasilan Penjualan

Baca juga: Metode Skenario Penjualan Dalam Telesales

Gunakan Sistem Sociomile untuk Mendukung Penjualan  Produk oleh Agen Telesales

Dengan mempersiapkan pelaksanaan telesales dengan matang, para agen telesales akan meningkatkan kepercayaan diri, mengoptimalkan waktu dan sumber daya, meningkatkan kualitas interaksi dengan pelanggan, dan meningkatkan tingkat keberhasilan penjualan. Penting bagi Anda untuk menunjang kinerja agen ini dengan menyediakan platform atau tools relevan, salah satunya sistem CRM.

Ivosights menyediakan sistem contact center terlengkap Sociomile yang mendukung integrasi sebanyak 13 platform digital, termasuk sistem panggilan suara telephony. Sistem ini dapat mendukung operasional layanan pelanggan baik dari segi inbound ataupun outbound, salah satunya berbentuk telesales. 

Berkat bantuan Sociomile, agen dapat melakukan pemasaran produk maupun layanan pelanggan melalui panggilan telepon maupun teks dengan memanfaatkan platform-platform yang terintegrasi dalam satu dashboard utama tersebut. Sociomile juga dilengkapi dengan IP PBX Telephony system, sehingga para agen dapat bekerja dimana saja. Anda dapat melakukan demo sistem ini gratis dengan menghubungi tim Ivosights kapanpun yang Anda inginkan.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami