Jenis-jenis Validasi Data Leads Telesales

Sociomile

,

BPO Contact Center


Penulis : Administrator - Rabu, 25 Januari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.

"Validasi data leads telesales adalah proses memverifikasi keakuratan dan keabsahan data yang dikumpulkan dari prospek atau calon pelanggan"

Validasi data leads telesales adalah proses memverifikasi keakuratan dan keabsahan data yang dikumpulkan dari prospek atau calon pelanggan. Ini termasuk memeriksa informasi kontak seperti nama, alamat email, nomor telepon, dan alamat. Hal lain yang dapat diperiksa meliputi informasi demografi seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, dan pekerjaan. Ada beberapa cara untuk melakukan validasi data, termasuk menggunakan software otomatis, mengontak prospek secara manual, dan mengecek informasi melalui sumber lain seperti database publik atau jejaring sosial.

Jenis Validasi Data Leads Telesales

Berikut adalah jenis-jenis validasi data leads telesales yang sering digunakan  dilakukan.

  1. Validasi nama: Proses ini dilakukan untuk memastikan bahwa nama yang diberikan pada data lead telesales sesuai dengan dokumen identitas yang dimiliki oleh lead telesales tersebut. Hal ini penting untuk memastikan bahwa lead telesales yang dikumpulkan benar-benar merupakan individu yang dituju dan tidak merupakan data yang salah atau palsu.
  2. Validasi alamat: Proses ini dilakukan untuk memverifikasi bahwa alamat yang diberikan pada data lead telesales benar dan dapat ditemukan di peta. Hal ini penting untuk memastikan bahwa lead telesales yang dikumpulkan benar-benar tinggal di alamat yang diberikan dan tidak merupakan data yang salah atau palsu.
  3. Validasi nomor telepon: Proses ini dilakukan untuk memastikan bahwa nomor telepon yang diberikan pada data lead telesales dapat dihubungi dan benar. Hal ini penting untuk memastikan bahwa lead telesales yang dikumpulkan dapat dihubungi melalui nomor telepon yang diberikan dan tidak merupakan data yang salah atau palsu.
  4. Validasi email: Proses ini dilakukan untuk memverifikasi bahwa alamat email yang diberikan pada data lead telesales valid dan dapat diakses. Hal ini penting untuk memastikan bahwa lead telesales yang dikumpulkan dapat dihubungi melalui alamat email yang diberikan dan tidak merupakan data yang salah atau palsu.
  5. Validasi data perusahaan: Proses ini dilakukan untuk memastikan bahwa data perusahaan yang diberikan pada data lead telesales benar dan dapat diverifikasi melalui situs web perusahaan atau sumber lainnya. Hal ini penting untuk memastikan bahwa lead telesales yang dikumpulkan benar-benar merupakan perusahaan yang dituju dan tidak merupakan data yang salah atau palsu.

Baca Juga:Mengenal Apa Itu Software Call Center

Selain validasi data yang disebutkan sebelumnya, ada beberapa jenis validasi data leads lainnya yang dapat digunakan dalam proses telesales. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Validasi data demografi: Memastikan bahwa data demografi lead telesales yang dikumpulkan sesuai dengan kriteria yang ditentukan seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, dan lain-lain. Hal ini penting untuk memastikan bahwa lead telesales yang dikumpulkan sesuai dengan target pasar yang ditentukan.
  2. Validasi data kontak: Memverifikasi bahwa data kontak lead telesales yang dikumpulkan benar-benar aktif dan dapat digunakan untuk menghubungi lead. Hal ini penting untuk memastikan bahwa lead telesales yang dikumpulkan dapat dihubungi dan tidak merupakan data yang tidak aktif atau tidak valid.
  3. Validasi data kualifikasi: Memverifikasi bahwa lead telesales yang dikumpulkan memenuhi kriteria kualifikasi yang ditentukan seperti budget, kebutuhan, dan lain-lain. Hal ini penting untuk memastikan bahwa lead telesales yang dikumpulkan memiliki potensi untuk menjadi pelanggan yang baik dan tidak merupakan data yang tidak sesuai dengan kriteria kualifikasi yang ditentukan.
  4. Validasi data duplikat: Memverifikasi bahwa data lead telesales yang dikumpulkan tidak merupakan data duplikat yang sudah ada dalam sistem. Hal ini penting untuk menghindari pemborosan waktu dan upaya yang tidak perlu dalam menghubungi lead telesales yang sama.
  5. Validasi data perijinan: Memverifikasi bahwa data lead telesales yang dikumpulkan memiliki perijinan yang diperlukan untuk melakukan aktivitas telesales, seperti izin telemarketing atau izin dari Lembaga Perlindungan Data Pribadi.

Keberhasilan dari proses telesales sangat tergantung pada kualitas data lead telesales yang dikumpulkan. Oleh karena itu, validasi data lead telesales merupakan proses yang penting untuk dilakukan dalam proses telesales.

Baca Juga: Kekurangan dan Kelebihan Telemarketing

Tertarik Memiliki Layanan Telesales Profesional di Perusahaan Anda?

Ivosights melalui layanan Sociomile siap membantu Anda untuk mewujudkan tujuan bisnis. Dengan dukungan sumber daya manusia dan sistem yang profesional dan canggih, Ivosights akan membantu Anda dalam meningkatkan keuntungan bisnis.

Sistem contact center Sociomile dari Ivosights adalah sistem contact center dengan layanan terlengkap di bidangnya yang bertujuan untuk membantu suatu brand atau perusahaan berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai kanal secara efektif dan efisien, tidak perlu membuka berbagai platform yang berbeda-beda dalam satu waktu, Anda dapat melakukannya hanya melalui satu dashboard.

Sociomile mengintegrasikan 13 kanal digital dan voice dalam satu dashboard, terlengkap untuk sistem sejenis. Hal lain yang membuat Sociomile semakin menarik adalah bahwa Sociomile dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan setiap perusahaan yang berbeda-beda.

Ivosights menyediakan beragam modul yang siap diimplementasikan sesuai workflow yang Anda inginkan, baik Dashboard, Flow Ticket, maupun Reporting yang dikembangkan secara cepat dengan dukungan tim lokal. Ayo hubungi Ivosights sekarang dan rasakan manfaat layanan Sociomile dari Ivosights segera!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami