Cara Menawarkan Barang dengan Baik dan Benar sebagai Telesales

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 17 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.

"Dalam menawarkan produk atau layanan jasa, telesales diharapkan untuk menawarkannya dengan cara yang baik dan benar"

Sebagai orang yang bergelut dalam bidang pemasaran, kita tentu saja harus melakukan strategi promosi agar produk atau layanan jasa yang ditawarkan perusahaan dapat terjual dan laku dipasaran. Telesales punya andil yang besar dalam hal ini, sehingga menawarkan barang harus dilakukan dengan baik dan benar. Ada banyak kasus di mana pelanggan merasa kesal dan risih dengan cara penyampaian telesales yang terkesan memaksa dan tidak ingin kalah. Ini bisa menjadi respon negatif dari pelanggan karena akan menimbulkan penurunan kualitas terhadap perusahaan. Untuk itu, gunakanlah cara penawaran dan promosi terhadap pelanggan dengan cara yang baik agar mereka mudah tertarik dengan apa yang kita tawarkan.

Apa itu Telesales?

Telesales merupakan agen penjualan milik perusahaan yang pekerjaannya terlibat dalam pemasaran dan promosi terhadap suatu produk atau layanan jasa. Biasanya, telesales melakukan promosi dalam bentuk panggilan telepon kepada calon pelanggan. Pekerjaan yang satu ini sangat berguna untuk melakukan promosi dan penawaran secara cepat untuk sebuah produk yang telah dipasarkan.

Selain itu, penggunaan jasa telesales juga sangat menekankan biaya perusahaan karena tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk melakukan promosi secara langsung. Biaya iklan di televisi juga sangat besar jika dibandingkan dengan menggunakan jasa telesales. Dengan pentingnya keberadaan telesales, promosi yang dilakukan harus baik dan benar agar tidak sia-sia dalam melakukan pemasaran kepada pelanggan.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Telesales

Teknik Menawarkan Barang dengan Baik dan Benar kepada Pelanggan

Berikut ini adalah cara yang baik dan benar untuk melakukan penawaran barang kepada pelanggan. Simak penjelasannya:

#1 Tidak Memaksa

Orang yang bergelut dalam bidang pemasaran terkadang kesulitan untuk melakukan promosi sebuah produk atau layanan jasa. Hal ini kadang kala menjadi masalah yang serius dan sulit di atasi meskipun telesales sudah mengupayakan banyak cara agar barang yang ia jual bisa laku di pasaran. Namun, kesulitan ini mestinya tidak membuat kita lupa bahwa teknik memaksa dalam memasarkan produk tidak bisa dianjurkan, terutama dengan cara yang kasar dan tidak etis.

Tawarkanlah barang dengan cara yang normal tanpa adanya penekanan suku kata dan terkesan memaksa calon pembeli agar benar-benar membeli produk yang dijual. Selalu ingat untuk memberikan kenyamanan pada calon pembeli agar keinginan membeli itu datang sendiri dalam diri mereka. Telesales juga perlu mengingat bahwa tidak semua orang membutuhkan barang atau layanan jasa yang kita tawarkan, Untuk itu, hindarilah memaksa pelanggan untuk harus membeli apa yang kita tawarkan.

#2 Menggunakan Bahasa yang Halus dan Sopan

Tidak ada yang mau berurusan dengan orang yang kasar dan tidak sopan. Hal ini juga terjadi di kalangan masyarakat terhadap telesales yang menawarkan barang dengan cara terburu-buru sehingga terkesan kasar dan tidak sopan. Penggunaan bahasa yang halus serta sopan akan sangat menarik perhatian dan menaikkan potensi barang atau layanan jasa yang dipromosikan agar terjual.

Untuk itu, telesales harus menggunakan bahasa yang halus dan sopan saat berinteraksi dengan pelanggan. Jika harus melakukan promosi dengan bahasa daerah atau menggunakan bahasa yang tidak dikuasai, risetlah terlebih dahulu terhadap bahasa tersebut agar menghindari penggunaan kata yang tidak sopan dan menyinggung. Bahasa yang halus dan sopan juga akan menarik simpati pelanggan dan dapat dijadikan peluang untuk mempercepat penjualan.

#3 Sesuai Kebutuhan Pelanggan

Pernahkah kalian mengalami panggilan telepon dari seorang telesales yang menawarkan barang tetapi barang tersebut tidak kalian butuhkan saat itu? Jika pernah, itu adalah salah satu kesalahan umum yang rentan terjadi bagi seorang telesales. Berkurangnya tingkat penjualan pada sebuah produk atau layanan jasa dapat terjadi karena salah target pasar. Pelanggan tentu akan membeli barang yang sesuai dengan kebutuhan.

Untuk itu, teknik lain dalam menawarkan barang pada pelanggan adalah dengan melihat kebutuhan pelanggan. Jika telesales sudah terlanjur salah sasaran kepada pelanggan, jangan khawatir! Anda dapat mengatasi masalah ini dengan tidak panik terlebih dahulu, setelah itu tanyakan kepada pelanggan sekiranya apa ada orang di sekitar mereka yang membutuhkan barang yang sedang ditawarkan. Hal ini dapat memperbesar kemungkinan produk cepat terjual meskipun pelanggan yang ditelepon tidak memiliki kebutuhan terhadap produk tersebut.

Baca Juga: 5 Skill Wajib Dimiliki Agen Telesales untuk Menggaet Hati Pelanggan

#4 Menawarkan Barang di Waktu yang Tepat

Teknik lain saat menawarkan pelanggan sebuah produk atau layanan jasa secara baik dan benar adalah dengan menawarkan barang di waktu yang tepat. Banyak kasus di mana pelanggan mengeluhkan panggilan telepon di waktu-waktu kerja atau istirahat. Ini sangat mengganggu dan tidak etis karena kenyamanan pelanggan dan kemauan mereka adalah nomor satu sehingga sebagai telesales, hal itu harus diperhatikan.

Anda harus menawarkan barang di waktu yang tepat agar kemungkinan terbelinya suatu produk atau layanan jasa juga semakin besar. Selain itu, jika Anda menawarkan produk di malam hari atau waktu-waku istirahat, kemungkinan tidak diangkatnya panggilan yang Anda lakukan juga semakin besar. Untuk itu, lakukanlah panggilan telepon di waktu yang tepat agar tidak menggangu calon pelanggan di waktu-waktu tertentu.

#5 Menjelaskan Secara Detail

Salah satu kesalahan besar seorang telesales adalah tidak menjelaskan secara detail tentang produka tau layanan jasa yang mereka tawarkan. Terkadang, telesales memang menawarkan barang yang memiliki fungsi yang kebanyakan orang telah mengetahuinya. Akan tetapi, meskipun hal tersebut sangat mungkin terjadi, jangan lupa untuk tetap menjelaskan secara detail karena tidak menutup kemungkinan ada penjelasan penting yang terlewat.

Menjelaskan secara detail juga dapat menambahkan wawasan kepada pelanggan terhadap apa yang telesales tawarkan. Selain itu penjelasan yang detail juga jauh lebih baik jika dibandingkan dengan penjelasan singkat yang tidak jelas. Untuk itu, jelaskan secara lengkap dan detail, ya!

Telesales mempunyai keberadaan yang penting dalam dunia pemasaran. Kehadirannya tersebut juga sangat berguna untuk perusahaan dalam mempromosikan barang-barang baru yang dipasarkan di masyawakat. Itulah penjelasan singkat mengenai telesales dan 5 teknik menawarkan barang yang baik dan benar kepada pelanggan. Semoga bermanfaat!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami