5 Jenis-Jenis Software Monitoring Penjualan untuk Agen Telesales

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 27 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock

"Inilah beberapa jenis software monitoring penjualan yang dapat dimanfaatkan agen telesales!"

Agen telesales memegang peran penting dalam meningkatkan penjualan produk maupun layanan yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. Untuk mencapai performa yang optimal, agen telesales juga perlu didukung dengan teknologi yang tepat. Salah satu teknologi yang dapat membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas agen tersebut adalah software monitoring penjualan. Untuk mengetahui pengertian, jenis-jenis, hingga manfaat penggunaan software ini lebih jauh, Anda dapat membaca artikel di bawah ini.

Pengertian dari Istilah Telesales

Telesales merupakan proses penjualan produk atau layanan perusahaan yang dilakukan melalui panggilan telepon. Dalam melakukan telesales, terdapat agen yang berperan sebagai penghubung yang menjalin hubungan dengan calon pelanggan atau pelanggan yang sudah ada. Tujuan melakukan telesurvey ini adalah untuk memperkenalkan produk atau layanan, memberikan penawaran, serta melakukan proses penjualan produk maupun layanan perusahaan hingga berhasil.

Mengapa Agen Telesales Perlu Diberikan Software Monitoring Penjualan?

Berikut ini yang merupakan alasan mengapa agen telesales perlu diberikan software monitoring penjualan:

  • Mengoptimalkan Kinerja

Software monitoring penjualan membantu mengoptimalkan kinerja para agen telesales. Hal ini disebabkan karena software mampu memberikan data real-time tentang target penjualan dan pencapaian yang telah diraih perusahaan.

  • Memonitor Proses Penjualan

Dengan software monitoring, agen dapat memantau secara langsung dari awal hingga akhir penjualan, termasuk tahap-tahap negosiasi dan penutupan deal.

  • Meningkatkan Efisiensi

Software juga membantu agen telesales untuk mengelola waktu dan sumber daya dengan lebih efisien sehingga akan fokus pada prospek yang lebih potensial.

  • Mengidentifikasi Peluang

Data yang dihasilkan oleh software monitoring penjualan membantu agen telesales mengidentifikasi apabila adanya peluang baru dan menyesuaikan strategi penjualan.

  • Analisis dan Laporan

Software juga dapat menyajikan analisis dan laporan tentang performa agen telesales secara menyeluruh.

Baca juga: 5 Tips Mudah Supaya Agen Telesales Dapat Raih Target Penjualan

Manfaat Menggunakan Software Monitoring Penjualan

Inilah sejumlah manfaat menggunakan software monitoring penjualan:

  • Real-Time Tracking

Performa setiap agen telesales dapat dilacak secara real-time sehingga perkembangan penjualan dapat diketahui.

  • Otomasi Proses

Software monitoring penjualan bisa mengotomatisasi beberapa tugas administratif, sehingga agen telesales dapat lebih fokus pada aktivitas penjualan yang lebih penting.

  • Pengelolaan Database Pelanggan

Kemudian, software ini membantu mengelola dan menyimpan data pelanggan sehingga lebih terorganisir dan aman.

  • Peningkatan Penjualan

Dengan efisiensi dan efektivitas yang lebih tinggi, software ini berkontribusi pada peningkatan angka penjualan perusahaan.

Jenis-Jenis Software Monitoring Penjualan yang Bisa Anda Dapatkan

Berikut ini adalah jenis-jenis software monitoring penjualan yang bisa Anda manfaatkan:

  • Customer Relationship Management (CRM)

CRM merupakan salah satu jenis software monitoring penjualan yang membantu mengelola interaksi dengan pelanggan, melacak riwayat pembelian, dan mengidentifikasi peluang penjualan baru. Dengan fitur CRM yang lengkap, tim telesales dapat mengelola dan memahami kebutuhan pelanggan.

  • Sales Performance Dashboard

Sales Performance Dashboard adalah software yang menyajikan data penjualan dalam bentuk grafik dan laporan yang mudah dibaca. Dengan dashboard ini, manajer telesales dapat memantau performa tim telesales secara real-time dan mengidentifikasi tren penjualan relevan.

  • Sales Forecasting Software

Sales Forecasting Software membantu perusahaan dalam meramalkan penjualan di masa mendatang. Software ini menggunakan data-data historis dan tren penjualan untuk memprediksi kinerja penjualan di waktu yang akan datang.

  • Call Monitoring dan Recording Software

Software ini memantau panggilan telepon yang dilakukan oleh tim telesales. Ketua tim ini dapat mendengarkan rekaman panggilan untuk mengevaluasi kualitas layanan, memberikan umpan balik kepada agen penjualan, dan meningkatkan komunikasi dengan pelanggan.

  • Sales Reporting and Analytics Software

Software sales reporting and analytics menyediakan laporan dan analisis tentang performa penjualan. Tim telesales dapat mengakses data penting seperti penjualan harian, mingguan, atau bulanan, serta analisis performa produk dan kinerja agen penjualan.

Baca juga: Manfaat dan Contoh Penerapan CRM Bagi Perusahaan

Dapatkan Software CRM Andalan yang Mampu Memonitoring Penjualan Agen Telesales!

Software monitoring penjualan merupakan alat yang penting dalam membantu agen telesales mencapai performa penjualan yang optimal. Dengan real-time tracking, automasi proses, pengelolaan database pelanggan yang efisien, serta analisis data yang akurat, agen telesales dapat lebih fokus pada penjualan yang berkualitas dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan. 

Dalam memilih software, Anda dapat mempertimbangkan rekomendasi sistem pembantu seperti Sociomile dari Ivosights. Dengan menggunakan software monitoring penjualan yang tepat, perusahaan dapat meraih keberhasilan dalam pasar yang kompetitif dan dinamis. Seperti yang telah disebutkan di atas, Sociomile sebagai sistem CRM juga dapat membantu kegiatan telesales, salah satunya karena fiturnya yang mendukung panggilan inbound dan outbount. Sociomile memiliki banyak keunggulan, seperti teknologinya yang canggih, aman, serta banyaknya fitur yang tersedia. Sociomile juga memiliki tampilan yang mudah dimengerti sehingga memudahkan agen telesales untuk menggunakannya tanpa memerlukan pelatihan khusus terlebih dahulu.

Fitur-fitur yang terdapat Sociomile ada berbagai macam, seperti fitur ticketing system, reporting, serta API Integration yang mendukung pengintegrasian CRM dengan sistem perusahaan lainnya seperti sistem database. Jika Anda tertarik atau memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan hubungi tim Ivosights segera untuk menjadwalkan sesi konsultasi bersama kami!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami