Manfaat dan Contoh Penerapan CRM Bagi Perusahaan

Sociomile | Jumat, 09 September 2022
Ket. foto: Ilustrasi - CRM. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - CRM. Shutterstock.

Membangun hubungan baik dengan customer merupakan hal yang wajib dilakukan oleh suatu perusahaan. Saat ini, salah satu cara membangun hubungan dengan customer adalah lewat Customer Relationship Management (CSR).

Customer Relationship Management, atau CSR adalah kegiatan yang bertujuan untuk membangun hubungan dengan pelanggan dalam suatu bisnis. Hubungan ini dilakukan lewat interaksi yang dilakukan oleh tools atau layanan CRM. CRM amat penting bagi bisnis sebab menjadi strategi untuk membuat pelanggan agar membeli produk kembali, serta meningkatkan loyalitas mereka.

CRM juga bisa menjadi cara untuk membuat pelanggan membeli produk kita yang lain, juga, jika puas, mempromosikannya kepada orang lain. Artikel ini akan membahas contoh penerapan CRM dalam kegiatan bisnis, utamanya di bidang marketing. Namun, sebelum masuk ke contoh penerapannya, terlebih dahulu akan dibahas tentang beberapa manfaat CRM.

#1 Mengumpulkan Informasi Pelanggan

Ada banyak layanan yang memberikan tools CRM untuk digunakan oleh sebuah bisnis/perusahaan. Salah satu fungsi dari tools CRM ini adalah mengumpulkan informasi. Informasi ini berguna untuk membantu membuat keputusan dalam suatu bisnis. Keputusan yang dibuat nantinya didasarkan pada informasi perilaku pelanggan yang telah yang telah dikumpulkan lewat CRM.

#2 Mempermudah Saluran Komunikasi

Salah satu fungsi lain yang terdapat dalam CRM adalah menyatukan semua saluran utama marketing, khususnya pada digital marketing. Saluran komunikasi antara pelanggan dengan bisnis, dari mulai sosial media hingga email bisa berada dalam satu platform manajemen yang sama, sehingga akan memudahkan interaksi antara keduanya.

#3 Menambah Kepuasan Pelanggan

Kadangkala pelanggan melakukan komplain bisa dalam waktu mana saja. Mereka bisa menyampaikannya di pagi, siang, sore atau malam hari. Masalahnya adalah bagian customer service tidak berfungsi selama 24 jam, dan begitupun jam kantor. Salah satu solusi untuk mengatasi hal ini adalah menggunakan chatbot sebagai salah satu fitur yang dimiliki oleh layanan CRM.

Misalnya, ketika pelanggan melakukan komplain atau mempunyai pertanyaan, mereka akan dijawab langsung oleh chat bot. Sehingga tidak perlu lagi menunggu hingga jam kerja antara pagi hingga sore hari. Itulah beberapa contoh manfaat dari CRM. Berikutnya kita akan membahas contoh penerapannya di lapangan.

Contoh Penerapan CRM

Ada beberapa contoh penerapan CRM dalam suatu perusahaan. Berikut beberapa contohnya. Anda bisa menerapkannya di perusahaan Anda sendiri.

#1 Email Marketing

Salah satu saluran marketing adalah email. Email memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara personal. Salah satu contoh penggunaan CRM pada perusahaan adalah melalui email marketing. CRM memungkinkan Anda untuk mengirimkan blast email ke pelanggan atau pelanggan dengan pesan yang terpersonalisasi.

#2 Customer Service Otomatis

Sebelumnya telah dibahas sedikit tentang penggunaan chat bot untuk menjawab keluhan atau pertanyaan pelanggan. Ini juga merupakan contoh dari penerapan CRM. Chatbot bisa melayani pertanyaan pelanggan kapan saja secara otomatis. Meski begitu, perlu diingat bahwa Anda tetap perlu untuk tetap meningkatkan performa tim customer service Anda demi meningkatkan kepuasan pelanggan.

#3 Segmentasi Audiens

Contoh lain dari penerapan CRM adalah dengan melakukan segmentasi audiens. CRM bisa mengumpulkan data perjalanan customer yang berinteraksi dengan saluran marketing Anda. Meliputi customer yang melakukan order, customer yang membuka website, komen di sosial media dan yang lainnya.

#4 Melalui Website

Pernahkan Anda melihat suatu tawaran konsultasi gratis lewat chat dalam website? Jika pernah, ketahuilah bahwa itu merupakan salah satu contoh penerapan CRM. Memanfaatkan berbagai fitur CRM dalam website juga berfungsi untuk mendapatkan data pelanggan. Data pelanggan ini bisa didapatkan lewat mengisi newsletter atau mendownload file tertentu.

Informasi yang diisi pelanggan akan dibawa CRM ke databasenya secara otomatis. Kemudian, informasi yang dipunya bisa dimanfaatkan oleh tim marketing atau sales untuk membuat keputusan bisnis selanjutnya.

Yuk Gunakan CRM

Setelah mengetahui contoh dari penerapan dan manfaat CRM, tak ada alasan bagi Anda untuk tidak menggunakannya. Sociomile merupakan layanan yang tepat bagi Anda yang ingin menggunakan CRM untuk meningkatkan bisnis. Sociomile merupakan sistem contact center untuk membantu brand dalam melakukan interaksi pelanggan dari berbagai kanal secara efektif dan efisien tanpa perlu membuka platform berbeda satu persatu. Salah satu keunggulannya adalah workflow yang bisa dikustomisasi, baik dashboard, flow ticket, hingga reporting.

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.