Strategi Jitu Melakukan Telemarketing

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 17 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock
Ket. foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock

"Telemarketing merupakan salah satu strategi terbaik yang dimiliki perusahaan untuk memasarkan produk atau layanan jasa agar lebih mudah terjual"

Setiap pekerjaan memang harus memiliki strategi tersendiri agar mudah selesai dan memiliki hasil yang bagus. Begitu pula dengan telemarketing yang mengharuskan berhadapan dengan pelanggan. Ada beberapa hal penting yang tidak boleh terlewatkan saat berinteraksi dengan konsumen seperti menggunakan bahasa yang sopan dan menjelaskan secara detail. Selain itu, strategi juga harus dimiliki agar penjualan terus meningkat dan menguntungkan baik perusahaan maupun telesales. Strategi yang dilakukan bisa bermacam-macam asal tetap sesuai aturan dan tidak menggunakan kecurangan yang merugikan. Untuk itu, diperlukan strategi yang matang dan mesti dipantau oleh perusahaan.

Fungsi Telemarketing bagi Perusahaan

Berikut ini adalah penjelasan tentang beberapa fungsi telemarketing bagi perusahaan:

  • Meningkatkan Penjualan

Seperti yang telah kita ketahui, tujuan adanya telemarketing di dalam perusahaan adalah untuk meningkatkan penjualan agar produk atau layanan jasa bisa dipasarkan. Meningkatnya penjualan memang didasari oleh banyak hal, terutama penggunaan strategi penjualan yang baik dan efektif. Namun, adanya telemarketing juga akan menghadirkan pelanggan dari berbagai macam kalangan yang bisa di-reach out dari jarak yang jauh. Meningkatkan penjualan bagi perusahaan juga sering ditemui karena performa pegawai telemarketing yang baik sehingga mampu menarik pelanggan. Selain itu, adanya telemarketing dalam perusahaan juga membuka peningkatan untuk lebih banyak berkomunikasi dengan pelanggan yang setia. 

Baca Juga: Memahami Prosedur dalam Telemarketing

  • Mempromosikan Produk

Ada banyak cara bagi perusahaan untuk mempromosikan produk, beberapa di antaranya adalah dengan membuat iklan di televisi, menggunakan brand ambassador, hingga dengan telemarketing. Telemarketing masih digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk karena dinilai lebih efektif saat berinteraksi dengan pelanggan. 

Hal ini dikarenakan ada banyak pelanggan yang enggan membaca deksripsi produk terlebih dahulu sehingga memungkinkan perusahaan mengalami penurunan minat pada suatu produk. Selain itu, mempromosikan produk lewat bahasa tersendiri juga membuat banyak orang tertarik sehingga telemarketing menjadi solusi yang ampuh untuk hal ini.

  • Berinteraksi dengan Pelanggan

Salah satu cara untuk mengambil hati dan kepercayaan pelanggan adalah dengan berinteraksi dengan mereka. Hal yang satu ini sudah termasuk dalam fungsi utama telemarketing bagi perusahaan karena melakukan panggilan telelepon merupakan bentuk interaksi yang cepat bagi perusahaan dan pelanggan.

Selain itu, fungsi yang satu ini juga digunakan untruk menambah pengalaman bagi pelanggan kepada perusahaan. Adanya interaksi dengan pelanggan tentu kaan membuat pengalaman yang unik bagi mereka, ini juga bisa membuat brand awareness sebuah perushaan menjadi positif. Untuk itu, fungsi telesales dalam berinteraksi dengan pelanggan harus dioptimalkan.

Strategi Jitu Melakukan Telemarketing

  • Mengetahui Produk dengan Baik

Sangat tidak mungkin bagi seorang telesales yang melakukan pekerjaannya tetapi tidak mengetahui produk yang ingin ditawarkan dengan baik. Selain itu, pengetahuan tentang produk ini juga sangat dibutuhkan untuk memberikan konsumen pemahaman yang menyeluruh terhadap perusahaan dan produk itu sendiri.

Cara untuk melakukan ini harus dilakukan dengan baik dengan cara membaca dan mengingat-ingat produk yang akan ditawarkan kepada pelanggan. Pegawai telemarketing juga dapat mencatat apa-apa saja yang sekiranya mudah untuk diingat, serta memakai bahasa sendiri juga akan memudahkan dalam mengetahui produk dengan baik. Jangan malu untuk menyiapkan catatan kecil tentang deskripsi produk saat sedang berinteraksi dengan pelanggan.

  • Melakukan Riset Pelanggan

Untuk mendapatkan pelanggan dengan cara yang cepat, pegawai telemarketing harus melakukan riset terhadap pelanggan terlebih dahulu. Kurangnya riset akan menimbulkan beban kepada pegawai telemarketing terhadap produk atau layanan jasa yang mereka sedang promosikan. Ini juga dapat berimbas pada kinerja yang semakin menurun dan tentu saja tidak ingin dihadapi oleh para telemarketer.

Lakukanlah riset pelanggan terlebihd ahulu dan pastikan produk yang Anda akan jual sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, pastikan bahwa Anda meriset apa-apa yang perlu diriset saja seperti nomor dan umur pelanggan. Selalu ingat untuk selalu menjaga privasi pelanggan dengan tidak membocorkan apa saja yang Anda ketahui tentang mereka.

Baca Juga: Cara Efektif Menjadi Telemarketing

  • Ramah 

Strategi jitu lainnya untuk telemarketing adalah dengan bersikap ramah. Banyak orang akan tertarik dengan produk atau layanan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan karena orang-orang dari tim pemasaran yang bersikap ramah. Mungkin bagi beberapa orang ini terlihat remeh, tetapi bagian ini adalah hal yang mestinya menjadi standar jika ingin meningkatkan penjualan suatu perusahaan.

Bersikaplah ramah dan gunakanlah intonasi yang menyenangkan saat berinteraksi dengan pelanggan. Sempatkanlah untuk bertanya tentang kabar pelangan hari itu dan gunakanlah kata-kata yang baik dan sopan. Selain itu, keramahan yang Anda salurkan sebagai telemarketing akan selalu diingat oleh calon pelanggan. Meskipun lelah, Anda harus tetap bersikap baik kepada pelanggan dan tidak menggunakan nada yang jutek dan terkesan malas.

  • Interaktif

Menjual produk atau layanan jasa sebagai telemarketing adalah hal utama. Namun, sikap interaktiflah yang akan menentukan apakah Anda akan mendapat pelanggan atau tidak. Bersikap interaktif memag menguntungkan pada banyak bidang, hal ini akan menumbuhkan bonding yang kuat antara perusahaan dan pelanggan.

Gunakanlah kata-kata yang asyik serta tanyakan beberapa hal kepada pelanggan agar percakapan terus berjalan dengan semestinya. Tanyakanb juga hal-hal seputar produk kepada pelanggan untuk mengetahii apakah pelanggan tersebut merasa familiar dengan barang yang ditawarkan atau tidak. Selain itu, jawablah pertanayan dengan jelas saat pelanggan tidak mengerti tentang hal-hal yang ada pada produk tersebut.

Menggunakan strategi saat mengerjakan sesuatu akan membuat kita lebih tertata dalam menjalankannya. Itulah beberapa stratehi jitu bagi Anda yang ingin mengenal lebih jauh tentang telemarketing. Jangan lupa untuk menggunakan jasa Sociomile dari Ivosights jika Anda ingin memasarkan produk dengan baik dengan telemarketing. Semoga membantu!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami