Telemarketing Inbound: Pengertian, Jenis, dan Cara Kerja

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 27 Oktober 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock.

"Telemarketing inbound adalah strategi yang diterapkan dengan menunggu telepon dari calon pelanggan. Biasanya pelanggan sudah memiliki minat terhadap produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan Anda."

Ada banyak perusahaan yang menyediakan jasa tenaga kerja dengan memanfaatkan layanan telepon. Layanan ini disebut dengan telemarketing. Dengan adanya telemarketing, Anda bisa memasarkan atau menawarkan produk atau jasa perusahaan Anda. Telemarketing sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya telemarketing inbound dan telemarketing outbound. Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai inbound telemarketing, mulai dari pengertian, jenis hingga cara kerjanya.

Apa Itu Telemarketing Inbound?

Telemarketing inbound adalah strategi yang diterapkan dengan menunggu telepon dari calon pelanggan. Pada layanan ini, biasanya pelanggan sudah memiliki minat terhadap produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan Anda. Seorang telemarketer bertugas menjawab seluruh pertanyaan atau menyampaikan informasi lebih lanjut mengenai produk atau jasa. Untuk mendapatkan calon pelanggan, perusahaan Anda perlu memasang iklan, melakukan aktivitas networking, ataupun upaya dan strategi ­pre-sale.

Jenis-jenis Telemarketing Inbound

Biasanya beberapa perusahaan memberikan layanan telemarketing inbound dalam beberapa jenis:

  • Layanan pelanggan. layan ini biasanya akan digunakan saat pelanggan menelpon nomor perusahaan yang dituju dan mengajukan beberapa pertanyaan atau masalah yang mereka alami ataupun mengelola akun mereka.
  • Dukungan teknis. Biasanya ada pada situs web perusahaan yang mana terjadi ketika ada pelanggan yang memiliki masalah terhadap suatu produk. Sebagai agen telemarketing harus bisa membantu mereka untuk menyelesaikan masalah tersebut. Biasanya masalah yang dialami oleh pelanggan seperti masalah teknis yakni komputer atau telepon yang tidak mau menyala, jaringan internet yang tidak terkoneksi, dan permasalahan beragam lainnya.
  • Penjualan masuk. Ada kemungkinan dan tidak jarang orang yang menelepon merupakan calon pelanggan yang tertarik kemudian ingin mengetahui produk atau jasa dari layanan yang agen telemarketing tawarkan. Apabila hal tersebut terjadi, maka panggilan tersebut lah yang disebut sebagai panggilan masuk dan tim dari layanan telemarketing inbound perusahaan Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk menjadikan mereka pelanggan.

Cara Kerja Telemarketing Inbound

Untuk cara kerja pada telemarketing inbound, cara kerjanya seperti ketika ada TV yang menayangkan sebuah iklan dan iklan tersebut memberikan info kontak yang bisa dihubungi untuk informasi lebih lanjut, kemudian pelanggan tersebut tertarik dengan iklannya, maka mereka akan menghubungi nomor tersebut dan akan diarahkan kepada customer service. Setelah menghubungi nomor tersebut, agen telemarketing akan menjelaskan informasi produk tersebut seperti kelebihan dan manfaat apa saja yang akan mereka dapatkan. Hal ini merupakan tantangan untuk agen telemarketing untuk mengubah mereka dari calon pelanggan menjadi pelanggan.

Itu dia penjelasan tentang telemarketing inbound yang bisa Anda pahami. Jadi kesimpulannya, ketika ada pelanggan yang melihat sebuah iklan di tv atau membuka web perusahaan dan menghubungi nomor yang tertera, maka telemarketing inbound akan berperan sebagai yang memberikan informasi terkait produk atau jasa kepada pelanggan tersebut. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda tentang Telemarketing ya.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami