Etika yang Harus Agen Telemarketing Perhatikan dalam Follow Up Pelanggan

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 13 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock

"Saat menghubungi pelanggan untuk menawarkan kembali produk atau layanan perusahaan, agen telemarketing sebaiknya melakukannya dengan memperhatikan etika di bawah ini."

Dalam dunia telemarketing, follow up pelanggan ataupun calon pelanggan merupakan salah satu tindakan yang harus dilakukan oleh agen. Hal ini disebabkan karena tidak jarang calon pembeli yang menolak penawaran atau kurang tertarik dengan produk maupun layanan yang agen tawarkan. Dengan itu, para agen diharuskan untuk rajin melakukan follow up pelanggan untuk meningkatkan ketertarikan pelanggan. Namun, dalam melakukan follow up, agen harus memperhatikan etika yang digunakan. Tujuannya supaya para agen tidak mengganggu calon pelanggan dan terbangunlah hubungan yang baik antar keduanya.

Arti dari Tindakan Follow Up dalam Telemarketing

Follow up merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh agen telemarketing berupa menghubungi kembali pelanggan. Tindakan follow up ini dilakukan untuk memastikan bahwa pelanggan masih tertarik dengan produk yang ditawarkan dan untuk memberikan informasi tambahan yang bisa saja dibutuhkan oleh mereka. Selain itu, follow up juga akan membantu membangun hubungan baik antara agen dengan pelanggan serta meningkatkan peluang penjualan produk atau layanan perusahaan yang mereka tawarkan.

Baca juga: Pentingnya Follow-up Call dan Tips Melakukannya

Pentingnya Agen Melakukan Follow Up Pelanggan

Di bawah ini merupakan beberapa alasan penting bagi agen telemarketing untuk melakukan follow up pelanggan:

  • Meningkatkan peluang penjualan

Dengan melakukan follow up pelanggan, para agen dapat memastikan bahwa calon pelanggan masih tertarik dengan produk atau layanan perusahaan yang ditawarkan. Agen juga dapat memberikan informasi tambahan lainnya yang mungkin dibutuhkan untuk meningkatkan daya tarik para calon pelanggan.

  • Membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan

Agen dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan setiap kali melakukan tindakan follow up pelanggan. Agen juga dapat menunjukkan bahwa mereka peduli dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Dengan ini, pelanggan akan merasa dihargai dan cenderung memutuskan untuk membeli produk atau layanan perusahaan.

  • Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Terakhir, pelaksanaan follow up pelanggan dapat menunjukkan sikap profesional agen telemarketing. Kepercayaan pelanggan juga akan meningkat berkat tindakan follow up ini. Dengan begitu, pelanggan akan merasa lebih nyaman untuk membeli produk atau jasa dari agen yang mereka percayai tersebut.

Etika yang Baik Ketika Melakukan Follow Up Pelanggan

Walaupun dilakukan secara berulang kali, tiap agen telemarketing tetap harus memerhatikan etika dalam pelaksanaan telemarketing. Berikut adalah beberapa etika yang harus diikuti oleh agen ketika melakukan follow up pelanggan:

  • Tanyakan waktu yang tepat untuk dihubungi

Sebelum melakukan follow up pelanggan, tanyakan waktu yang tepat bagi pelanggan untuk dihubungi. Hal ini juga disertakan dengan menanyakan ketersediaan mereka dihubungi oleh agen. Sebaiknya agen tidak menghubungi pelanggan di waktu yang kurang tepat.

  • Jangan terlalu sering menghubungi

Hindari frekuensi berlebihan dalam menghubungi pelanggan karena akan mengganggu mereka. Sebaiknya, berikan jeda waktu yang cukup antara satu follow up dan follow up berikutnya.

  • Berikan informasi yang jelas dan akurat

Kemudian, berikan juga informasi yang jelas dan akurat kepada pelanggan. Reputasi perusahaan akan menurun apabila agen memberikan informasi yang menyesatkan atau tidak akurat kepada pelanggan.

  • Dengarkan kebutuhan dan keinginan pelanggan

Dengarkan dengan baik kebutuhan dan keinginan pelanggan. Setelah itu, berikan solusi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan yang diungkapkan oleh pelanggan tersebut.

  • Jangan terlalu memaksa

Terakhir, jangan terlalu memaksa pelanggan untuk membeli produk atau layanan perusahaan yang ditawarkan. Berikan waktu bagi pelanggan untuk mempertimbangkan tawaran yang agen berikan.

Baca juga: Simak Tips dan Trik Follow-up Pelanggan Disini!

Lakukan Follow Up Pelanggan Kapan Saja Dimana Saja dengan Bantuan Sociomile

Seperti itulah beberapa etika yang harus agen perhatikan ketika menghubungi pelanggan. Dengan memperhatikan etika yang baik, agen dapat meningkatkan peluang penjualan, membangun hubungan baik dengan pelanggan, dan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Untuk mempermudah agen dalam melakukan follow up pelanggan, ada baiknya Anda bekali para agen dengan sistem CRM termutakhir untuk memudahkan mereka dalam berganti-ganti channel. Sociomile, sistem contact center handal milik Ivosights menjadi salah satu solusi yang dapat dipertimbangkan. Sistem ini memudahkan agen untuk melakukan follow up calon pelanggan dari berbagai platform dengan mudah. Hal ini berkat teknologi API Integration yang mampu mengintegrasikan sebanyak 13 channel digital yang dapat diakses melalui satu dashboard utama saja.

Selain itu, para agen juga tidak harus datang ke kantor untuk melakukan tugasnya karena adanya fitur IPX Telephony. Fitur ini mendukung panggilan telepon yang bisa dilakukan di mana saja, sehingga mendukung kerja secara WFH. Apalagi, Sociomile juga dapat dikustom menyesuaikan workflow perusahaan Anda. Lakukan konsultasi secara mendalam ke tim Ivosights untuk mendapatkan solusi terbaik untuk menunjang agen telemarketing!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami