Email Marketing: Pengertian dan Jenisnya

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 03 November 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Email marketing. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Email marketing. Shutterstock.

"Email marketing adalah strategi yang digunakan perusahaan untuk penjualan produk atau jasa yang efektif, serta menjaga hubungan baik dengan pelanggan"

Perusahaan yang berfokus pada pemasaran, biasanya melakukan penjualan suatu produk atau jasa untuk keberlangsungan operasionalnya. Berbagai macam dilakukan oleh perusahaan untuk melakukan penjualan seperti door to door, telepon, email, dan lain-lain. Pada artikel kali ini akan membahas tentang penjualan atau promosi melalui email atau email marketing.

Apa Itu Email Marketing?

Email marketing yaitu salah satu strategi dalam pemasaran dengan tujuan membuat calon pelanggan bisa melihat promosi produk atau jasa, diskon, atau suatu program yang perusahaan tawarkan melalui email. Tak hanya itu, fungsi dari email marketing juga bisa menjadi salah satu cara untuk memberikan edukasi kepada calon pelanggan tentang apa itu nilai brand, menjaga hubungan dengan pelanggan, dan dapat mendorong untuk pembelian atau melakukan tindakan spesifik lainnya.

Selain itu, email marketing merupakan salah satu strategi pemasaran antara brand dan pelanggan sebagai media komunikasi. Ini bukanlah media yang baru namun, email marketing ini sendiri menjadi salah satu strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk penjualan produk atau jasa yang cukup efektif.

Strategi ini banyak digunakan bisnis-bisnis kecil sebanyak 64% untuk menjangkau calon pelanggan. Angka tersebut menunjukkan bahwa strategi tersebut masih dipakai perusahaan, walaupun saat ini penggunaan media sosial banyak dipakai.

Jenis-jenis Email Marketing

Email marketing tidak hanya satu, ada banyak ternyata. Jenis-jenisnya ini memiliki tujuan dan fungsinya yang berbeda. Berikut adalah jenis-jenis pada email marketing:

  1. Email selamat datang. Email jenis ini bertujuan memberikan sambutan kepada pelanggan baru dan membuat pelanggan tersebut mempelajari produk atau jasanya lebih lanjut.
  2. Newsletter. Email jenis ini biasa digunakan untuk menunjukan produk atau layanan yang baru terhadap pelanggan. Anda dapat menyertakan artikel blog atau cerita dari pelanggan yang pernah bertransaksi dengan perusahaan Anda. Biasanya, ada ajakan untuk pembaca dengan melakukan tindakan seperti membaca artikel blog atau melihat produk baru.
  3. Email khusus. Email jenis ini digunakan untuk menjangkau pelanggan yang khusus, biasanya si pelanggan melakukan subscribe bulanan.
  4. Invitation email. Email jenis ini digunakan untuk mengumumkan sebuah acara, perilisan produk baru, seminar, dan lain-lain. Kebanyakan perusahaan menggunakan cara ini untuk membagikan suatu momen istimewa agar mendapat banyak perhatian dari pelanggan terhadap suatu produk atau jasa.
  5. Promotion email. Email jenis ini pasti sering Anda temui karena ini ditujukan untuk pelanggan dalam jumlah yang besar, perusahaan biasa menggunakan email jenis ini untuk keperluan promosi dan menggoda pelanggan terhadap produk atau jasa yang baru saja dirilis.
  6. Email survei. Email jenis ini berdasarkan feedback dari pelanggan terhadap produk atau jasa perusahaan Anda untuk evaluasi dan mengembangkan bisnis. Selain untuk mendapatkan kritik dan saran, email jenis ini juga menunjukkan bahwa Anda sebagai produsen menghargai dan mendengarkan pendapat pelanggan. Hal ini akan menciptakan pengalaman pelanggan yang baik.
  7. Email musiman. Email marketing jenis ini sifatnya yaitu musiman. Banyak perusahaan yang memanfaatkan musim-musim tertentu untuk menjangkau pelanggan dengan informasi suatu produk atau jasa. Email ini biasa digunakan pada saat momen seperti Idul Fitri, Natal, Tahun Baru, Hari Kemerdekaan, dan lain-lain. Contohnya, ketika Hari Kemerdekaan, ada perusahaan yang menawarkan produk dengan harga promosi melalui email. Promosi ini yang dinamakan dengan email marketing musiman.

Itu dia pengenalan email marketing yang terdapat pada pengertian dan jenis-jenisnya. Email marketing ini tiap hari akan Anda temui pada email ketika Anda melakukan subscribe ke web tertentu. Email marketing ini memiliki 7 jenis yang fungsinya berbeda-beda yang tentu tujuannya untuk melakukan promosi dan penjualan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda ya.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami