Sociograph keyword: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Ripple10


Penulis : Administrator - Rabu, 04 Januari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Keyword. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Keyword. Shutterstock.

"Sociograph keyword adalah sebuah diagram yang menunjukkan hubungan antara sebuah kata kunci dengan orang-orang yang terkait dengan kata kunci tersebut"

Era digitalisasi sudah menggeser keperluan bisnis menjadi lewat gawai saja. Oleh karena itu, banyak pebisnis yang mengaku bahwa memasarkan sesuatu saat ini juga perlu strategi mengikuti tren digital. Jika berbicara mengenai tren digital, salah satu strategi pentingnya adalah dengan melakukan digital monitoring. Bukan cuma perusahaan yang sedang melebarkan bisnisnya, digital monitoring juga biasa dibutuhkan oleh instansi pemerintah untuk mengusut banyak masalah dan penyebaran hoaks.

Untuk memahami fitur digital monitoring, pertama-tama kamu perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan digital monitoring itu sendiri. Digital monitoring adalah proses pemantauan dan analisis terhadap data online yang berkaitan dengan brand, produk, atau jasa yang dijual oleh suatu perusahaan atau organisasi. Digital monitoring bisa dilakukan melalui berbagai macam media, seperti media sosial, forum online, atau situs web.

Pada artikel ini kamu akan mengetahui salah satu komponen yang paling krusial dalam digital monitoring yakni sociograph keyword. Dimulai dari pengertian, isinya, hingga cara mendapatkannya. Buat kamu yang penasaran, wajib simak terus artikelnya sampai selesai, ya!

Apa itu Sociograph Keyword?

Sociograph keyword adalah sebuah diagram yang menunjukkan hubungan antara sebuah kata kunci dengan orang-orang yang terkait dengan kata kunci tersebut. Diagram ini biasanya menggambarkan hubungan antara kata kunci dengan teman, rekan sejawat, atau pembaca yang memiliki minat atau pengaruh yang sama. Sociograph keyword biasanya dibuat dengan menggunakan data yang diperoleh dari sosial media, seperti LinkedIn atau Twitter.

Sociograph keyword dapat memberikan informasi mengenai hubungan orang-orang yang terkait dengan kata kunci tersebut, sehingga dapat memberikan gambaran mengenai jaringan sosial kata kunci tersebut. Sociograph keyword juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi hubungan yang mungkin terjadi antara kata kunci dengan orang-orang lain yang memiliki minat atau pengaruh yang sama. Dengan demikian, sociograph keyword dapat memberikan informasi yang berguna bagi orang-orang yang terkait dengan kata kunci tersebut untuk memperluas jaringan sosial dan meningkatkan pengaruhnya.

Fungsi Sociograph Keyword

Fungsi sociograph keyword adalah sebagai alat untuk mengetahui hubungan antara sebuah kata kunci dengan orang-orang yang terkait dengan kata kunci tersebut. Sociograph keyword menggambarkan hubungan antara kata kunci dengan teman, rekan sejawat, atau pembaca yang memiliki minat atau pengaruh yang sama, sehingga dapat memberikan gambaran mengenai jaringan sosial kata kunci tersebut.

Sociograph keyword juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan dari jaringan sosial kata kunci tersebut. Jika jaringan sosial kata kunci terlihat terbatas, sociograph keyword dapat memberikan informasi mengenai cara untuk memperluas jaringan sosial kata kunci tersebut. Selain itu, sociograph keyword juga dapat memberikan informasi tentang tingkat pengaruh kata kunci di kalangan orang-orang yang terkait dengannya. Dengan demikian, orang-orang yang terkait dengan kata kunci tersebut dapat menggunakan sociograph keyword sebagai alat untuk meningkatkan pengaruhnya di kalangan orang-orang yang terkait dengan kata kunci tersebut

Cara Kerja Sociograph Keyword

Cara kerja sociograph keyword adalah sebagai berikut:

  1. Mengumpulkan data: Pertama-tama, data yang diperlukan untuk membuat sociograph keyword harus dikumpulkan. Data ini dapat diperoleh dari sosial media, seperti LinkedIn atau Twitter.
  2. Menganalisis data: Setelah data terkumpul, selanjutnya adalah menganalisis data tersebut untuk mengidentifikasi hubungan antara kata kunci dengan orang-orang yang terkait dengan kata kunci tersebut.
  3. Membuat diagram: Setelah data teranalisis, langkah selanjutnya adalah membuat diagram sociograph keyword yang menggambarkan hubungan antara kata kunci dengan orang-orang yang terkait dengan kata kunci tersebut.
  4. Memahami hubungan: Setelah sociograph keyword selesai dibuat, orang-orang yang terkait dengan kata kunci tersebut dapat memahami hubungan yang terjadi antara kata kunci dengan orang-orang yang terkait dengan kata kunci tersebut. Sociograph keyword dapat memberikan informasi mengenai jaringan sosial kata kunci tersebut, serta kelemahan dan kekuatan dari jaringan sosial tersebut.

Sociograph keyword dapat membantu orang-orang yang terkait dengan kata kunci tersebut untuk memperluas jaringan sosial dan meningkatkan pengaruhnya di kalangan orang-orang yang terkait dengan kata kunci tersebut. Diagram ini juga dapat memberikan informasi mengenai tingkat pengaruh kata kunci di kalangan orang-orang yang terkait dengan kata kunci tersebut.

Dapatkan Fitur Sociograph Author di Ripple10

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa kamu ketahui dari sociograph keyword. Kini kamu tahu bahwa hal ini sangatlah berguna untuk memaksimalkan ekspansi bisnis dan perusahaan. Dengan memahami infographic data report, kamu bisa memahami tren pasar dan tren digital dengan lebih mudah.

Untuk kamu yang tertarik dengan fitur sociograph yang berguna, kamu bisa mengandalkan Ivosights.  Bersama Ivosights kamu akan mendapatkan layanan termudah untuk bantu kamu mengembangkan bisnis. Ripple10 bisa membantu kamu menjadi platform monitoring percakapan digital yang tentunya datanya akan sangat berguna untuk kamu menganalisis banyak hal dari sana. Untuk selengkapnya, hubungi Ivosights sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami