Peran Social Monitoring Tools untuk Menangani Krisis Digital Bisnis

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 13 Juni 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Monitoring Tools. Shutterstrock
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Monitoring Tools. Shutterstrock

"Social monitoring tools berperan penting dalam menangani krisis digital bisnis. Simak ulasannya di sini."

Di era digital yang serba cepat ini, bisnis dihadapkan pada berbagai tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Salah satu tantangan terbesar adalah krisis digital yang dapat timbul dari berbagai faktor, seperti ulasan negatif, serangan siber, atau kampanye media sosial yang merugikan. Di sinilah peran social monitoring tools menjadi sangat penting. Artikel ini akan membahas secara mendalam bagaimana social monitoring tools dapat membantu bisnis menangani krisis digital, mulai dari deteksi dini hingga penyusunan strategi respons yang efektif. Selain itu, akan dijelaskan pula beberapa alat monitoring sosial yang populer dan fitur-fitur utama yang mereka tawarkan. Dengan memahami peran dan manfaat social monitoring tools, diharapkan bisnis dapat lebih siap dan tanggap dalam menghadapi krisis digital yang mungkin terjadi.

Apa itu Social Monitoring Tools? 

Social listening tools merupakan alat yang digunakan pelaku bisnis, brand, atau institusi untuk memantau percakapan dan opini masyarakat pada media sosial, forum online, hingga blog. Penggunaan alat ini memungkinkan penggunanya untuk selalu terinformasi dengan perkembangan dan pembicaraan yang sedang berputar di masyarakat. Pada umumnya, pengguna social listening tools dapat menganalisis percakapan terkait industri yang digeluti secara umum atau bahkan terkait dengan institusi dan perusahaan itu sendiri secara lebih spesifik. Tak hanya itu, pengguna social listening tools dapat memanfaatkan software tersebut untuk mengatasi krisis atau skandal yang terjadi di kancah digital. Krisis digital pada umumnya berupa penyebaran isu, hoaks, ujaran kebencian, atau konten yang memicu kontroversi di khalayak umum.

Baca Juga: Kenal Lebih Dekat Social Monitoring Tools dan Dampaknya pada Konsumen 

Peran Social Monitoring Tools dalam Penanganan Krisis Digital

  • Pemantauan Saluran Media Secara Real-Time

Social monitoring tools bermanfaat untuk memantau media sosial, blog, hingga forum online secara real-time. Biasanya, social monitoring tools memantau melalui mention, komentar, atau tagar di berbagai platform sekaligus. Sehingga, penggunanya dapat mengidentifikasi potensi krisis secara cepat.

  • Pendeteksi Krisis Digital Lebih Awal

Social monitoring tools berperan sebagai pendeteksi krisis atau sentimen negatif secara dini melalui pindaian media sosial berdasarkan kata kunci atau frasa tertentu. Beberapa social monitoring tools bahkan memiliki fitur early alert notification yang memungkinkan penggunanya mendapatkan notifikasi peringatan adanya krisis.

  • Analisis Tren

Menganalisis tren dan pola percakapan digital dapat membantu bisnis memahami cakupan dan potensi dampak menyebarkan krisis. Dengan dukungan social monitoring tools, pengguna juga dapat terus menyesuaikan arah operasional bisnis sesuai dengan permintaan masyarakat.

  • Analisis Sentimen

Fungsi utama social monitoring tools adalah menganalisis sentimen masyarakat. Sentimen ini dapat berupa sentimen positif, negatif, atau netral. Dengan mengevaluasi sentimen dan mention, bisnis dapat mengukur persepsi publik dan membantu untuk membuat respons yang tepat.

  • Manajemen Krisis

Social monitoring tools berperan penting dalam manajemen krisis digital. Selama terjadinya krisis, pengguna dapat memanfaatkan fitur analisis sentimen dan menjadikan data tersebut sebagai wawasan untuk menyusun respons krisis yang paling akurat. 

  • Keterlibatan Stakeholders, KOL, dan Influencer

Salah satu fitur paling umum pada social monitoring tools adalah fitur pendeteksi efektivitas buzzer atau KOL. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat memanfaatkan bantuan stakeholders, KOL, dan influencer untuk membantu mengatasi krisis digital. Pengguna dapat menargetkan upaya komunikasi dan membangun hubungan dengan pihak-pihak tersebut.

  • Manajemen Reputasi

Pemantauan percakapan dan reaksi publik dapat membantu bisnis mengelola reputasi di kancah digital. Pengguna dapat mengetahui analisis sentimen, mengukur efektivitas kampanye pemasaran, dan membantu pengguna membuat respons paling efektif untuk mengendalikan krisis.

  • Metrik Kinerja

Pada umumnya, social monitoring tools memiliki data terkait efektivitas respons media monitoring, perubahan sentimen, tingkat engagement pelanggan, dan jangkauan bisnis di kancah digital. Dengan fitur itu, bisnis dapat mengetahui kinerja mereka dan mengetahui aspek mana yang perlu disempurnakan untuk penyusunan strategi bisnis.

  • Analisis Pesaing

Penggunaan social monitoring tools juga bermanfaat dalam memantau persaingan brand dengan kompetitor. Pengguna dapat mengetahui kinerja dan performa kompetitor dengan baik, sehingga dapat mengetahui aspek yang perlu diadopsi atau dihindari dari suatu bisnis.

Baca Juga: Optimalkan Kinerja Kampanye Pemasaran dengan Social Monitoring Tools

Ripple10 dari Ivosights: Social Monitoring Tools yang Ampuh Tangani Krisis Digital!

Dapatkan manfaat dan keunggulan manajemen krisis dengan social monitoring tools, Ripple10 dari Ivosights! Social monitoring tools ini merupakan perangkat yang sangat cocok untuk dipakai pelaku bisnis yang ingin mengedepankan strategi media monitoring. Perangkat ini memiliki berbagai macam fitur yang saling melengkapi satu sama lain sehingga efektif untuk digunakan dalam memahami konsumen, mengetahui kompetisi dan tren pasar, juga mengawasi persepsi dan mengetahui respon masyarakat terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Ripple10 juga menawarkan fasilitas integrasi dengan software CRM (Customer Relationship Management), Sociomile. Dengan kedua perangkat ini, perusahaan dapat memaksimalkan managemen krisis dengan baik. Tertarik? Segera hubungi Ivosights dan rasakan manfaatnya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami