Kini, era telah berkembang dan banyak pebisnis atau perusahaan mulai memanfaatkan seluruh platform digital sebagai alat bertukar informasi atau komunikasi antar pelanggan dan perusahaan. Namun tak jarang juga ditemukan bahwa para pebisnis berbondong-bondong untuk menjadi yang terbaik di pasar. Di sinilah social monitoring tools bekerja untuk membantu meningkatkan atau mengoptimalkan strategi pemasaran perusahaan, salah satunya mulai dari mempertahankan loyalitas pelanggan. Untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, social monitoring tools bekerja sama dengan teknologi CRM atau Customer Relationship Management. Integrasi kedua alat atau teknologi ini tentunya mampu memperdalam atau mempercepat seluruh proses pemasaran perusahaan. Lalu, seperti apa bentuk integrasi tersebut? Artikel ini cocok untuk Anda baca hingga akhir!

Pengertian Social Monitoring Tools

Mulai dari social monitoring tools. Social monitoring tools tidak semena-mena sekedar untuk meningkatkan atau mengoptimalkan strategi pemasaran saja, melainkan sebuah software atau perangkat lunak yang didesain atau bekerja untuk memantau atau melacak seluruh kegiatan di media sosial. Salah satunya ialah dalam memahami sentimen audiens. Dengan memahami sentimen audiens atau publik, social monitoring tools ini tentunya berperan aktif dalam meningkatkan interaksi atau komunikasi perusahaan dengan pelanggan lebih optimal. Dikarenakan, social monitoring tools berintegrasi dengan CRM (Customer Relationship Management). CRM ini menjadi salah satu solusi paling efektif dalam meningkatkan, merawat, membangun hubungan pelanggan dengan perusahaan secara efektif. Dengan pengintegrasian social monitoring tools dengan CRM, Anda atau perusahaan mampu mengumpulkan semua data atau informasi pelanggan di satu dashboard CRM saja. Dengan CRM ini juga pelanggan akan merasakan interaksi atau komunikasi yang mendalam dan lebih personal.  

Integrasi Social Monitoring Tools dengan CRM

Pengintegrasian social monitoring tools dengan CRM (Customer Relationship Management) tidak hanya semena-mena menjaga loyalitas atau menghindari churn customer tetapi juga meningkatkan kenyaman pelanggan. Dengan komunikasi atau sistem bertukar informasi yang baik, akan membuat pelanggan memberikan feedback positif bekerja untuk meningkatkan citra brand atau perusahaan. Seperti apakah bentuk integrasi kedua alat ini, social monitoring tools dengan CRM? Simak di bawah ini:

Social monitoring tools membantu perusahaan dalam melacak percakapan, ulasan, dan opini pelanggan yang berada di seluruh platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Tiktok, dan masih banyak lagi. Ulasan dan opini ini bisa berupa komentar positif, keluhan, atau saran yang relevan. Jadi, jika diintegrasikan dengan customer relationship management (CRM), semua data informasi ini langsung disimpan dalam profil pelanggan, memberikan pandangan yang lebih lengkap tentang apa yang mereka sukai, keluhkan, atau inginkan.

Social monitoring tools dan CRM jika digabungkan tentunya mampu meningkatkan atau mempercepat perusahaan dalam merespon pelanggan atau audiens jauh lebih cepat. Dikarenakan, ketika keluhan atau ulasan yang masuk, CRM akan langsung menerima untuk segera ditindak lanjuti oleh tim atau agen yang menyesuaikan dari jenis ulasan yang dikirimkan pelanggan.

Dengan menggabungkan social monitoring tools dengan CRM perusahaan akan lebih mudah memadukan data sehingga, perusahaan dapat memahami preferensi dan perilaku pelanggan lebih mendalam. Yang nantinya kedua alat ini mampu membantu dalam menciptakan interaksi yang lebih personal atau relevan berdasarkan riwayat interaksi dan sentimen pelanggan di media sosial.

Kemudian, jika Anda atau perusahaan Anda menggabungkan kedua alat ini dan mengintegrasikan dengan baik, Anda atau perusahaan mampu menganalisis seluruh sentimen dari para pelanggan atau audiens. Social monitoring tools dengan CRM ini mampu mengetahui seluruh jenis sifat dari ulasan dan komentar pelanggan berupa positif, negatif, dan netral.

Pengintegrasian social monitoring tools dengan CRM, Anda dan perusahaan dapat mempertahankan persentase pelanggan yang berlangganan dengan produk atau layanan yang dipasarkan perusahaan Anda. Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa tak sedikit perusahaan menghadapi customer churn atau penurunan pelanggan yang mempengaruhi citra brand. Dengan kedua alat ini, perusahaan Anda bisa mendapatkan jawaban dari tantangan customer churn ini.

Integrasi kedua alat ini, social monitoring tools dan CRM juga memungkinkan perusahaan untuk menghasilkan laporan yang lebih komprehensif, menggabungkan data dari interaksi di media sosial dengan data yang ada di CRM. Hal ini memberikan gambaran yang lebih luas tentang kinerja bisnis, sentimen pelanggan, dan efektivitas strategi pemasaran. 

Baca Juga: Tentang Social Monitoring Tools: Definisi, Fungsi, dan Implementasinya

3 Jenis Integrasi Social Monitoring Tools dengan CRM

Dengan menggabungkan social monitoring tools dengan CRM, perusahaan Anda akan mendapatkan ketiga jenis CRM seperti di bawah ini:

Yang pertama ini, perusahaan akan dipermudah dengan CRM operasional karena, memudahkan bisnis dalam mengumpulkan seluruh database pelanggan yang telah terkumpul. Ditambah, integrasi social monitoring tools dengan CRM ini memberikan fitur otomatis seperti sales, pemasaran dan service automation.

Integrasi social monitoring tools dengan jenis CRM analitik ini, perusahaan akan dipermudah dalam menganalisis insights terkini dan status perusahaan Anda. Sehingga, Anda dan perusahaan akan terbantu dalam mengambil keputusan yang lebih strategis untuk keperluan perusahaan jangka panjang.

Terakhir, pengintegrasian social monitoring tools dengan CRM jenis kolaboratif. CRM kolaboratif ini memungkinkan perusahaan untuk berbagi informasi pelanggan di antara berbagai divisi dalam perusahaan. Dengan demikian, komunikasi dan hubungan dengan klien dapat dikelola dengan lebih mudah dan efisien.

Ripple10 by Ivosights: Integrasi Social Monitoring Tools dan CRM Lebih Baik

Tentunya tidak sepenuhnya pengintegrasian kedua alat ini berjalan dengan lancar dan berhasil sesuai strategi awal perusahaan. Tenang! Dengan Ripple10 by Ivosights Anda bisa mendapatkan hasil dari penggabungan social monitoring tools dan CRM jauh lebih baik. Ripple10 dari Ivosights adalah social monitoring tools berdasarkan keyword atau kata kunci yang sudah perusahaan tentukan untuk membantu bisnis dalam mendapatkan data percakapan digital, baik percakapan yang bersumber dari sosial media, portal berita, blog, dan forum secara real-time. Dengan Ripple10 dari Ivosights, Anda bisa mendapatkan unlimited keyword, unlimited stream, stream correction, multiple project set, multiple login access, crawling data, dan masih banyak lagi. Tunggu apa lagi, mulai bergabung dengan Ivosights sekarang!