Dalam era digital yang semakin terhubung ini, keberadaan dan reputasi sebuah merek dapat sangat dipengaruhi oleh interaksi online. Social monitoring tools menjadi kunci untuk memahami percakapan yang terjadi di berbagai platform media sosial. Memilih alat yang tepat untuk memantau dan menganalisis data ini menjadi krusial bagi kesuksesan strategi pemasaran dan manajemen merek. Artikel ini akan membahas sebelas fitur penting yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih social monitoring tools, membantu Anda mengambil keputusan yang tepat untuk mendukung tujuan bisnis dan membangun kehadiran online yang kuat dan responsif.

Apa itu Social Monitoring Tools? 

Social monitoring tools merupakan alat yang digunakan perusahaan, brand, atau institusi untuk memantau persepsi dan opini masyarakat di kancah digital. Seperti media sosial, forum online, blog, atau berita yang tersebar di media digital. Pemantauan ini bertujuan supaya pengguna dapat terus terinformasi mengenai isu dan tren terkini yang nantinya dapat diimplementasikan pada aspek operasional bisnisnya. Seperti untuk keperluan membuat kampanye digital, mengatasi krisis digital, mengukur performa brand, hingga untuk unggul di antara para brand kompetitor.

Baca Juga: Optimalkan Kinerja Kampanye Pemasaran dengan Social Monitoring Tools 

Fitur pada Social Monitoring Tools

Terdapat berbagai macam fitur yang mendukung pelaksanaan social monitoring tools. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Fitur sentiment analysis berguna untuk melacak sentimen positif, negatif, dan netral tentang suatu brand. Pada umumnya, social monitoring tools dapat mengkategorikan seluruh perbincangan masyarakat secara otomatis. Akan tetapi, Anda dapat mencari social monitoring tools yang menyediakan hasil koreksi manual oleh admin untuk data yang lebih akurat.

Fitur pada social monitoring tools ini memungkinkan pengguna untuk membandingkan aktivitas dan sentimen masyarakat terhadap kompetitor dengan sentimen brand-nya sendiri. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan strategi atau memenangan kompetisi.

Audience analysis merupakan fitur penting yang ada pada social monitoring tools. Fitur ini bermanfaat untuk menemukan akun atau seseorang yang sering membicarakan brand Anda. Melalui fitur ini, Anda dapat mempelajari awal mula penyebaran percakapan digital.

Fitur ini menunjukkan perhitungan skor keseluruhan sentimen masyarakat terhadap brand. Semakin banyaknya sentimen positif, brand Anda akan memiliki angka digital health index yang tinggi.

Social monitoring tools dapat bermanfaat untuk melakukan pemantauan performa buzzer dan KOL dalam sebuah kampanye pemasaran. Melalui fitur buzzer tracking & monitoring, pelanggan dapat menggunakan berbagai metriks untuk menilai apakah buzzer dan KOL sudah sesuai dengan target yang diinginkan.

Early alert notification merupakan fitur social monitoring tools yang bermanfaat untuk mendeteksi potensi terjadinya krisis digital, seperti ujaran kebencian berlebih hingga konten kontroversial. Dengan fitur ini, pengguna bisa mendapatkan notifikasi peringatan melalui E-Mail atau SMS.

Daily mention & buzz geo merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui kapan dan dimana brand sering dibicarakan. Pengguna dapat memanfaatkan fitur ini jika ingin memperluas jangkauan pasar dan menentukan prime time untuk mengunggah konten pemasaran.

Sociograph keyword berfungsi untuk mengetahui kata kunci atau keyword paling relevan yang berhubungan dengan brand Anda. Dengan fitur ini, Anda dapat mengurutkan kata kunci yang sering digunakan netizen untuk merepresentasikan brand Anda di kancah digital.

Fitur ini mengacu pada hasil visualisasi data berbentuk infografis yang mudah dipahami oleh penggunanya. Infografis ini dapat diunduh dengan mudah melalui social monitoring tools.

Sociograph author merupakan fitur yang dapat membantu pengguna mengetahui akun apa saja yang selama ini membicarakan brand di dunia digital. Sehingga, pengguna dapat mempelajari penyebaran isu dengan mudah dan mengenal siapa yang membantu persebaran isu tersebut.

Beberapa social monitoring tools memiliki fasilitas integrasi dengan software lain, salah satunya CRM. Integrasi kedua software ini dapat memudahkan pengguna untuk langsung menanggapi keluhan yang terdeteksi pada social monitoring tools. Sehingga, pengguna dapat mengoptimalkan usaha penjagaan reputasi brand.

Baca Juga: Tentang Social Monitoring Tools: Definisi, Fungsi, dan Implementasinya

Ripple10 dari Ivosights: Social Monitoring Tools Terbaik di Indonesia!

Ripple10 dari Ivosights merupakan social monitoring tools yang cocok digunakan pelaku bisnis, perusahaan, atau institusi yang ingin terus mengawasi persepsi dan respon masyarakat terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan pengawasan yang dilakukan secara berkala melalui social monitoring tools, perusahaan dapat melakukan perkembangan dalam segi strategi pemasaran, produk, kampanye di sosial media, dll. Perkembangan tersebut pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan dan profit. Tertarik untuk menggunakan produk Ivosights? Segera mendaftar dan jangan lewatkan kesempatan ini!