Partner Resmi WhatsApp: Tech dan Solution Partner, Apa Bedanya?

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Rabu, 08 Mei 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Partner Resmi WhatsApp. Shutterstrock
Ket. Foto: Ilustrasi - Partner Resmi WhatsApp. Shutterstrock

"Terdapat beberapa jenis partner resmi WhatsApp berbeda yang dapat membantu Anda mengelola akun WhatsApp Business API. Simak ulasannya melalui artikel ini."

WhatsApp tak hanya menyediakan platform pesan instan personal untuk berkomunikasi. Akan tetapi juga akun yang dapat digunakan pebisnis untuk mengatur operasional bisnisnya. Terdapat dua jenis akun WhatsApp Business, yaitu akun WhatsApp Business standar untuk bisnis skala kecil, serta akun WhatsApp Business API untuk bisnis dengan skala menengah dan besar. WhatsApp Business API menyediakan banyak sekali fitur yang dapat membantu bisnis mengoptimalisasi komunikasi dan interaksi dengan pelanggan. Untuk dapat mendaftar di WhatsApp Business API, Anda dapat menghubungi partner resmi WhatsApp.

Apa yang Dimaksud Dengan WhatsApp Business API dan Partner Resmi WhatsApp?

API (Application Programming Interface) pada WhatsApp Business API mengacu pada suatu platform untuk dapat terintegrasi dengan platform lainnya untuk memaksimalkan interaksi bersama pelanggan dalam cakupan yang lebih luas. Selain itu, WhatsApp Business API menyediakan berbagai macam fitur yang tidak ada pada WhatsApp Business standar. Contohnya seperti WhatsApp Blast tanpa batasan kontak, verifikasi centang hijau, jumlah akses admin tak terbatas, hingga hasil laporan dan analisa yang bisa dilihat. Sehingga, WhatsApp Business API diperuntukkan untuk bisnis yang sudah berskala menengah atau besar dan memiliki legalitas bisnis. 

Dengan kerumitan dan kecanggihan WhatsApp Business API. Pelaku bisnis perlu meminta bantuan partner resmi WhatsApp. Partner resmi WhatsApp merupakan mitra resmi Meta yang dapat membantu Anda merencanakan, membangun, serta mengimplementasikan seluruh fitur pada WhatsApp Business API demi kesuksesan bisnis. Terdapat 3 jenis partner resmi WhatsApp, yaitu Tech Partners, Solution Partners, dan Tech Provider.

Variasi Partner Resmi WhatsApp: Tech Partners, Solution Partners, dan Tech Provider

Tech Partners merupakan pihak ketiga yang membantu perusahaan dalam aspek teknis WhatsApp Business API. Sementara Solution Partners menawarkan solusi yang lebih menyeluruh untuk bisnis, seperti penyedia layanan integrasi dan dukungan bisnis lainnya. Sementara Tech Provider merupakan langkah awal suatu pihak ketiga sebelum naik tingkat menjadi Tech Partner.

Di antara Tech Partners, Solution Partners, dan Tech Provider, terdapat persamaan dan perbedaan yang cukup signifikan, yaitu sebagai berikut:

  • Akses Menghubungi Platform WhatsApp Business

Ketiga partner resmi WhatsApp dapat memiliki akses untuk menghubungi akun WhatsApp Business API milih kliennya.

  • Izin Mengelola Akun Bisnis

Partner resmi WhatsApp Tech Partners, Solution Partners, dan Tech Provider memiliki akses dan izin penuh untuk mengelola akun bisnis atas nama kliennya. Seperti mengirim pesan atau membuat template pesan.

  • Pengelolaan Akun Melalui Embedded Signup

Ketiga jenis partner resmi WhatsApp dapat melakukan Embedded Signup pada WhatsApp Business API. Embedded Signup mengacu pada kemungkinan klien untuk mengakses WhatsApp Business API langsung dari situs web yang partner resmi WhatsApp miliki. Hal ini bermanfaat supaya klien dapat diarahkan langsung ke WhatsApp Business Platform Cloud API atau WhatsApp Business Platform On-Premises API.

  • Kelayakan untuk Insentif

Pada aspek ini, hanya Tech Partner dan Solution Partner yang layak mendapatkan insentif program mitra. Sementara partner resmi WhatsApp Tech Provider tidak dapat mendapatkanya.

  • Mengelola Penagihan atas Nama Bisnis

Partner resmi WhatsApp Solution Partner dapat mengelola penagihan atas nama bisnis kliennya. Sementara Tech Partner dan Tech Provider tidak dapat melakukannya. Hal ini dikarenakan WhatsApp Solution Partner tidak hanya mengelola persoalan teknis, tetapi juga aspek bisnis dari kliennya.

Baca Juga: Tingkatkan Bisnis Anda dengan Ivosights, Partner Resmi WhatsApp 

Syarat dan Ketentuan Terdaftar di WhatsApp Business API

Terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang perlu dipenuhi untuk pelaku bisnis yang hendak mendaftar di WhatsApp Business API melalui bantuan partner resmi WhatsApp. Beberapa persyaratan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Legalitas Bisnis

Pelaku bisnis yang hendak mendaftar pada WhatsApp Business API perlu memiliki legalitas CV atau PT. CV di sini mengacu pada Commanditaire Vennootschap atau persekutuan komanditer, sementara PT mengacu pada perseroan terbatas.

  • Kepemilikan Situs Web dan E-Mail

Ketika mendaftar pada WhatsApp Business API, perusahaan wajib memiliki situs web dan E-Mail dengan domain yang sama. Contohnya seperti [email protected].

  • ID Facebook Business Manager

Selanjutnya, bisnis perlu memiliki ID Facebook Business Manager. ID ini merupakan nomor unik yang sesuai dengan portofolio bisnis. 

  • Menyesuaikan dengan WhatsApp Commerce Policy

Persyaratan selanjutnya, Anda perlu memastikan bisnis yang dimiliki sudah sesuai dengan ketentuan Facebook atau WhatsApp Commerce Policy. 

  • Menghubungi WhatsApp Business Solution Provider

Setelah memastikan seluruh syarat dan ketentuan sudah terpenuhi, Anda dapat menghubungi partner resmi WhatsApp Business Solution. Solution provider merupakan pihak ketiga yang sudah menjadi partner resmi WhatsApp yang dapat membantu Anda mendaftar pada WhatsApp Business API. Dengan bantuan solution provider, Anda akan mendapatkan asistensi lengkap, baik itu mengenai teknis, maupun operasional bisnis. 

Baca Juga: Mengenal Partner Resmi WhatsApp di Indonesia untuk Kemudahan Bisnis

Ivosights: Partner Resmi WhatsApp Terbaik dan Siap Melayani Kebutuhan Bisnis Anda!

WhatsApp Business API menyediakan beragam jenis fitur yang dapat menunjang operasional bisnis. Anda dapat mendaftarkan bisnis Anda dengan Ivosights selaku partner resmi WhatsApp terbaik di Indonesia. Ivosights menyediakan perhitungan yang lebih jelas dan menguntungkan bagi bisnis Anda. Platform ini juga dilengkapi dengan dashboard WhatsApp Business yang lengkap untuk pengiriman pesan, integrasi dashboard CRM Omnichannel, juga laporan yang lengkap. Segera hubungi Ivosights untuk langkah awal menuju komunikasi bisnis yang unggul!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami