Social Media Listening Tools: Definisi, Manfaat, dan Cara Memilih

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 04 April 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Media Listening Tools. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Media Listening Tools. Shutterstock.

"Temukan definisi, manfaat, dan panduan memilih Social Media Listening Tools yang tepat untuk bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut di sini."

Dalam era di mana media sosial memegang peran penting dalam memengaruhi persepsi dan perilaku konsumen, penggunaan social media listening tools menjadi semakin penting bagi bisnis yang ingin tetap relevan dan bersaing. Dengan kemampuan untuk memantau dan menganalisis percakapan online secara real-time, alat-alat ini memberikan wawasan berharga tentang pandangan, sentimen, dan tren yang berkembang di antara audiens mereka. Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi definisi, manfaat, dan panduan memilih social media listening tools yang tepat untuk bisnis Anda. Dengan memahami lebih dalam tentang alat ini, Anda dapat meningkatkan strategi pemasaran, memperkuat hubungan dengan pelanggan, dan mencapai kesuksesan yang lebih besar dalam lingkungan digital yang dinamis.

Apa itu Social Media Listening Tools? 

Social media listening tools merupakan sarana yang dapat digunakan oleh lembaga, perusahaan, atau pelaku bisnis untuk mengawasi, menganalisis, dan mengerti percakapan digital di platform media sosial, blog, atau forum online. Tujuan utamanya adalah agar pelaku bisnis dapat tetap terinformasi dan memperoleh pemahaman tentang topik yang sedang diperbincangkan oleh masyarakat. Umumnya, perusahaan berupaya untuk meraih wawasan terkait industri tempat mereka beroperasi atau informasi spesifik mengenai perusahaan dan produk yang mereka tawarkan. Dengan menggunakan alat pemantau media sosial, perusahaan dapat menjaga reputasi mereka dari potensi dampak negatif. Sebagai contoh, di Indonesia terdapat Ripple10, salah satu social media listening tools yang dapat digunakan oleh perusahaan.

Baca Juga: 7 Manfaat Social Media Listening Tools dalam Pembuatan Konten Digital Marketing 

Manfaat Social Media Listening Tools pada Bisnis

Social media listening tools memiliki berbagai macam manfaat yang akan membantu perusahaan meningkatkan profitnya, yaitu sebagai berikut:

  • Menjaga Reputasi Brand

Fitur-fitur pada social media listening tools berguna untuk menyelamatkan brand dari isu negatif di dunia digital. Sehingga, perusahaan dapat melakukan mitigasi atau tindakan preventif untuk mengatur isu tersebut.

  • Mengetahui Analisis Sentimen

Social media listening tools memiliki fitur yang memungkinkan perusahaan untuk mengetahui sentimen masyarakat, baik sentimen positif, negatif, maupun netral. Analisis sentimen ini dapat diatur untuk mengidentifikasi kata kunci yang berkaitan dengan brand, kompetitor, atau target pasar.

  • Mengetahui Aktivitas Kompetitor

Perusahaan dapat mengetahui aktivitas dan sentimen netizen terhadap kompetitor. Tak hanya itu, perusahaan dapat mencari peluang untuk dapat meningkatkan strategi untuk memenangkan kompetisi. Social media listening tools ini juga dapat membantu mencegah ancaman persaingan yang masuk ke dalam bisnis.

  • Mengukur Efektivitas Buzzer dan KOL

Buzzer dan KOL pada umumnya digunakan perusahaan untuk melakukan strategi pemasaran di dunia digital. Dengan social media listening tools, perusahaan dapat memantau performa jasa buzzer dan KOL yang digunakan dalam sebuah kampanye. Terdapat metriks untuk menilai apakah buzzer dan KOL sesuai dengan target.

  • Integrasi Sistem CRM

Social media listening tools kini dapat diintegrasikan dengan sistem Customer Relationship Management (CRM). Social media listening tools ini berfungsi untuk menangkap percakapan netizen dan mengkonversikannya menjadi sebuah tiket pada sistem CRM. Sehingga, agen dapat langsung menanggapi permintaan tersebut.

Cara Memilih Social Media Listening Tools yang Tepat Untuk Bisnis

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan perusahaan ketika hendak memilih social media listening tools, yaitu sebagai berikut:

  • Mengetahui Tujuan Bisnis

Perusahaan perlu mengetahui tujuan penggunaan social media listening tools untuk operasional bisnis. Seperti apa yang ingin dicapai, apakah berkaitan dengan memantau mentions di media sosial, identifikasi tren industri, mengetahui sentimen, atau identifikasi buzzer dan KOL. Ketika mengetahui tujuannya, perusahaan dapat mencari social media listening tools yang paling sesuai.

  • Melakukan Riset Mengenai Social Media Listening Tools

Social media listening tools memiliki berbagai macam fitur sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sebelum memilih, perusahaan perlu mencari tahu mengenai fitur-fitur tersebut, kelebihan dan kekurangan, serta cara penggunaan fitur tersebut.

  • Mencari Rekomendasi dan Membaca Testimoni

Perusahaan penyedia business solution pada umumnya mencantumkan testimoni pelanggan tentang social media listening tools pada situs webnya. Sebelum meyakinkan diri, perusahaan dapat membaca dan menyesuaikan testimoni pelanggan-pelanggan sebelumnya.

  • Menganalisis Pelaporan Social Media Listening Tools

Laporan dan analisis kinerja social media listening tools pada umumnya dapat diakses oleh pengguna. Hal ini bertujuan untuk melakukan evaluasi dan mengetahui kinerja social media listening tools tersebut. Oleh karena itu, perusahaan dapat meninjau apakah social media listening tools tersebut memiliki kemampuan untuk menganalisis dan mengakses laporan. Penting bagi suatu perusahaan untuk menggunakan dasbor yang memiliki data laporan yang jelas dan dapat diinterpretasikan secara efektif.

  • Mempertimbangkan Skalabilitas dan Harga

Penting bagi suatu perusahaan untuk menyesuaikan social media listening tools dengan skala besar atau kecilnya suatu bisnis. Selain itu, perusahaan dapat mempertimbangkan dalam segi harga produk supaya mengurangi kemungkinan membeli produk dengan harga dan fasilitas yang kurang setara.

  • Melakukan Test Produk atau Demo

Perusahaan penyedia social media listening tools menyediakan free trial untuk calon pelanggan. Sebelum memastikan ingin menggunakan social media listening tools tersebut, perusahaan dapat memanfaatkan fasilitas tersebut untuk menggunakan tools dan berdiskusi mengenai cara penggunaannya bersama dengan perusahaan penyedia social media listening tools.

Baca Juga: 7 Cara Menjaga Reputasi Brand Menggunakan Social Media Listening Tools

Tertarik Gunakan Social Media Listening Tools? Segera Hubungi Ivosights!

Ripple10 dari Ivosight merupakan social media listening tools yang cocok untuk pelaku bisnis, perusahaan, atau institusi yang ingin terus mengawasi persepsi dan respon masyarakat terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan pengawasan yang dilakukan secara berkala melalui tools tersebut, perusahaan dapat melakukan perkembangan dalam segi strategi pemasaran, produk, kampanye di sosial media, dll. Perkembangan tersebut pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan dan profit. Tertarik untuk menggunakan social media listening tools dari Ivosights? Segera mendaftar dan jangan lewatkan kesempatan ini!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami