Memahami Pentingnya Social Listening Pada Brand

Ripple10 | Senin, 15 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Social listening. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Social listening. Shutterstock.

Apakah Anda pernah mendengar istilah Social Media Listening? Jika iya, maka Anda termasuk kedalam 1 dari 10 orang. Sebab, ternyata banyak orang yang belum mengetahui istilah ini. Sehingga mereka tidak memaksimalkan keberadaan social media listening pada produknya sendiri. Lalu, apa sebenarnya social media listening itu sendiri? Social media listening atau social listening secara singkat bisa diartikan sebagai bagaimana, siapa dan kapan masyarakat membicarakan produk mu.

Pernah menonton iklan pepsi pada tahun 2017 silam? Yap, iklan tersebut menuai banyak kritikan sebab adanya miscommunication pada pesan yang ingin disampaikan. Iklan tersebut membawa latar permasalahan budaya dan sosial yang justru berbalik menyerang perusahaan soft drink Amerika Serikat tersebut.

Alhasil mereka terpaksa untuk menurunkan iklan tersebut dari tayangan dan meminta maaf kepada masyarakat. Dari kejadian tersebut, kita dapat mengambil pengertian bahwa social listening adalah bagaimana masyarakat menanggapi pesan dari produk yang disampaikan.

Apa itu Social Listening?

Social listening adalah proses menggunakan social media platform untuk memantau penyebutan merek, produk dan atau pesaing Anda. Hal ini memberikan kemampuan untuk menganalisis, melacak dan memberikan tanggapan tentang brand Anda di social media. Jika dipermudah, Social listening layaknya ‘omongan panas tetangga’. Omongan panas tetangga ini membantu kita untuk memberikan arah, mengevaluasi konten dari produk yang sedang kita bangun.

Selain daripada mengamati sudut pandang atau apa yang mereka bicarakan tentang brand kita, social listening juga membantu untuk mengarahkan menganalisis produk kompetitor dan mengidentifikasi peluang untuk menaikan brand lebih unggul dari pada kompetitor. Lalu, apa bedanya dengan social media monitoring

Perbedaan Social Listening dengan Social Monitoring

Sekilas memang keberadaan social listening dengan social monitoring saling bertindihan. Namun, jika kita tarik garis lebih jauh social listening lebih membahas secara terperinci tentang produk kita.

Hal-hal yang dibahas pada social monitoring:

  1. Seberapa sering brand Anda menjadi topik pembicaraan masyarakat?
  2. Siapa yang membicarakannya?

Sedangkan pada aspek social listening adalah untuk menganalisis dan memahami data yang dikumpulkan untuk meningkatkan performa brand Anda. Hal ini mencakup:

  1. Siapa yang membicarakan produk mu?
  2. Bagaimana mereka membicarakan produkmu? (positif atau negatif)
  3. Apa tren yang harus Anda khawatirkan terhadap produk mu?
  4. Hal apa yang dapat Anda maksimalkan untuk membuat pelanggar senang?
  5. Bagaimana brand Anda dibandingkan dengan kompetitor?
  6. Hal apa yang Anda lewatkan dalam memaksimalkan promosi pada brand Anda?

Jadi, dapat disimpulkan bahwa social monitoring hanya mencakup memantau perkembangan brand Anda. Sedangkan social listening mencakup cara dalam memanfaatkan data untuk menaikan performa brand lebih unggul dari kompetitor. Itulah sebab nya social listening juga tidak kalah penting.

3 hal pentingnya social listening pada brand

Kita telah mengetahui pengertian dan perbedaan makna dari istilah social listening. Lalu, apa sebenarnya manfaat dari social listening itu sendiri?

#1 Memahami pelanggan lebih baik

Dengan mengetahui bagaimana masyarakat menanggapi brand kita dan siapa yang membahas brand kita, hal ini akan membantu kita dalam mengklasifikasikan karaktersitik dan selera pelanggan lebih baik. Sehingga keberadaan brand kita merupakan jawaban dari permasalahan yang selama ini mereka tunggu.

#2 Menghindari pengeluaran yang berlebih

Biaya yang dikeluarkan untuk keperluan marketing promosi tentulah tidak sedikit. Namun, setelah kita memahami pasaran brand kita sendiri, kita akan lebih mudah memaksimalkan target yang ingin dituju. Sehingga dapat membantu dalam meminimalisir pengeluaran yang berlebih.

#3 Membantu memilih dengan mudah Influencer

Strategi promosi dengan bantuan influencer merupakan salah satu strategi yang paling banyak digunakan oleh brand. Namun, dalam melakukan kerjasama Anda juga harus memilih influencer yang sesuai dengan brand imageyang dibangun pada brand Anda sendiri. Agar pesan dari brand mu sendiri dapat tersampaikan dengan baik.

Platform unggul untuk Social Listening

Pentingnya social listening saat ini bisa menjadi salah satu strategi jitu untuk perusahaan Anda kelola. Hal tersebut agar Anda dapat mengetahui trend serta mempersiapkan strategi marketing yang lebih strategis dibandingkan dengan yang lainnya. Ripple 10 dari Ivosights adalah salah satu tools yang dapat Anda gunakan lebih berguna lagi. Karena dengan hal tersebut pastinya Anda bisa mengetahui lebih lanjut untuk strategi kedepannya. Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai social listening?

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.