Dengarkan Percakapan Netizen yang Viral dengan Social Listening Tools

Ripple10


Penulis : Administrator - Jumat, 22 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Social listening. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Social listening. Shutterstock.

"Kenali hal-hal yang sedang hangat diperbincangkan dan tentukan langkah strategis pemasaran Anda segera!"

Berkembangnya internet menjadi semakin cepat dan mudah membuat aktivitas online netizen juga meningkat. Aktivitas online menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari bagi banyak orang. Terlebih lagi, media sosial seperti X, Instagram, dan TikTok telah menjadi platform utama di mana orang berbagi pandangan, opini, dan pengalaman mereka tentang berbagai topik lewat konten dan kolom komentar yang tersedia. Bagi bisnis, memahami apa yang sedang dibicarakan oleh netizen dapat menjadi keuntungan besar. Inilah mengapa social listening tools semakin penting dalam strategi pemasaran dan manajemen merek.

Baca Juga: Bingung Cara Hadapi Buzzer? Ripple10 Solusinya! 

Apa itu Social Listening Tools?

Social Listening adalah praktik pemantauan saluran media sosial untuk perawatan merek Anda, merek kompetitor, dan keywords terkait. Social listening tools merujuk pada perangkat lunak atau sistem yang menggunakan teknologi Natural Language Processing (NLP) dan machine learning untuk menganalisis sentimen dari teks di media sosial. Tujuannya adalah mengidentifikasi apakah suatu teks mencerminkan sentimen positif, negatif, atau netral. Alat ini dapat memproses ulasan pelanggan, komentar di media sosial, artikel berita, dan data teks lainnya. Melalui social listening tools, Anda dapat melacak setiap penyebutan merek Anda di media sosial secara real-time. Hal ini memberikan wawasan berharga tentang bagaimana perasaan pelanggan terhadap produk atau layanan Anda, poin-poin penting yang mereka rasakan, dan apa yang ingin mereka lihat dari Anda di masa depan.

Mengapa Social Listening Penting?

       1. Pemahaman Sentimen Pengguna

Dengan social listening tools, bisnis dapat memahami bagaimana pengguna merespons produk atau layanan mereka. Ini memungkinkan mereka untuk menanggapi umpan balik positif atau negatif dengan cepat dan secara efektif.

       2. Pencarian Peluang

Dengan memantau percakapan online, bisnis dapat menemukan peluang baru, tren, atau kebutuhan pasar yang muncul. Hal ini memungkinkan mereka untuk menyesuaikan strategi pemasaran dan pengembangan produk mereka sesuai dengan permintaan dan keinginan pelanggan.

       3. Identifikasi Masalah dengan Cepat

Social listening tools memungkinkan bisnis untuk mendeteksi masalah atau keluhan pengguna dengan cepat. Dengan demikian, mereka dapat mengambil tindakan perbaikan atau memberikan dukungan pelanggan yang diperlukan untuk mempertahankan kepuasan pelanggan.

       4. Memantau Persaingan

Selain memantau percakapan tentang merek mereka sendiri, social listening tools juga memungkinkan bisnis untuk melacak apa yang dikatakan tentang pesaing mereka. Informasi ini dapat memberikan wawasan berharga tentang kekuatan dan kelemahan pesaing, serta memungkinkan perbandingan kinerja merek.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat dengan Social Listening Tools di LinkedIn

Macam-Macam Social Listening Tools

Ada berbagai social listening tools yang tersedia, masing-masing dengan fitur dan fungsionalitas unik mereka sendiri. Berikut beberapa di antaranya:

       1. Ripple10

Ripple10 adalah social listening tools dengan pemantauan percakapan digital berdasarkan kata kunci yang akan membantu Anda menangkap dan menganalisis percakapan di saluran digital digital, secara real time!. Ripple10 mampu menganalisis bahasa lokal bahkan kata-kata slang & memproses konteks dengan benar untuk membuat Anda dapat memahami respon yang tepat untuk diberikan. Hal inilah yang membuat ripple10 berdiri sebagai alat pendengar yang paling kuat di pasar lokal.

       2. Hootsuite

Hootsuite adalah platform manajemen media sosial yang mencakup alat social listening untuk memantau percakapan online tentang merek dan industri tertentu.

       3. Brandwatch

Brandwatch menyediakan analisis mendalam tentang sentimen dan tren percakapan online, serta memungkinkan untuk mengidentifikasi pengaruh dan peluang baru.

       4. Sprout Social

Sprout Social adalah platform manajemen media sosial yang juga menawarkan alat social listening untuk memantau percakapan, mengelola merek, dan menganalisis kinerja konten.

       5. Talkwalker

Talkwalker adalah alat social listening yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk menganalisis percakapan online dan memberikan wawasan mendalam tentang audiens dan tren.

       6. Mention

Mention adalah alat social listening yang memungkinkan untuk memantau merek, kata kunci, dan pesaing di berbagai platform online, termasuk media sosial, blog, dan situs berita.

Menggunakan Social Listening Tools secara Efektif

Agar mendapatkan manfaat maksimal dari alat social listening, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

       1. Tetapkan Tujuan yang Jelas

Tentukan apa yang ingin Anda capai dengan social listening, apakah itu memantau sentimen merek, menemukan peluang pasar baru, atau mengidentifikasi masalah pelanggan.

       2. Pilih Platform yang Tepat

Pilih social listening tools yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran bisnis Anda. Lakukan penelitian menyeluruh tentang fitur dan harga yang ditawarkan oleh berbagai platform sebelum membuat keputusan.

       3. Monitor secara Konsisten

Lakukan pemantauan secara teratur untuk memastikan Anda tidak melewatkan percakapan penting atau perubahan tren.

       4. Berinteraksi dengan Pengguna

Gunakan informasi yang Anda peroleh dari social listening tools untuk berinteraksi dengan pengguna secara proaktif, baik itu untuk menanggapi pertanyaan atau keluhan, maupun untuk berbagi konten yang relevan.

       5. Analisis dan Tindakan

Buatlah analisis mendalam dari data yang Anda kumpulkan melalui social listening, dan gunakan wawasan tersebut untuk menginformasikan keputusan bisnis Anda. Selanjutnya, ambil tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja merek dan memenuhi kebutuhan pelanggan.

Baca Juga: Tumbuhkan Customer-Centric Dalam Contact Center Anda

Gunakan Social Listening Tools dari Ivosights Sekarang!

Dengan teknologi kami, Anda dapat memantau percakapan online tentang merek Anda, memahami sentimen pelanggan, dan mendeteksi tren pasar yang sedang berkembang di berbagai platform. Dapatkan wawasan mendalam tentang kebutuhan dan preferensi pelanggan Anda, dan responsif terhadap perubahan dalam perilaku konsumen. Jadikan Ripple10 dari Ivosights sebagai mitra strategis Anda dalam mengembangkan bisnis dan memenangkan persaingan pasar. Segera bergabung dengan kami dan raih kesempatan untuk menjadi yang terdepan dalam industri Anda!.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami