Cara Tepat Memilih Social Listening Tools untuk Bisnis Anda

Ripple10


Penulis : Administrator - Rabu, 12 April 2023
Ket. foto: Ilustrasi - social listening tools. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - social listening tools. Shutterstock.

"Menggunakan social listening tools adalah salah satu metode dan strategi yang digunakan oleh banyak pemilik bisnis untuk memperlancar bisnis"

Social listening tools adalah salah satu bagian dari social listening yang bisa digunakan untuk memperkuat sentimen dan hubungan antara pemilik bisnis dengan para pelanggan. Penggunaan strategi ini bisa dilakukan dengan baik dan benar asal dipikirkan dengan cara yang tepat dan memilihnya dengan tidak terlalu asal-asalan. Yuk, simak penjelasan lebih lanjut mengenai cara tepat memilih social listening tools untuk bisnis Anda.

Apa yang Dilakukan Social Listening Tools?

Social listening tools merayapi internet untuk menyebutkan merek, produk, nama, atau kata kunci lainnya, tetapi kedalaman dan keragaman cakupan tergantung pada social listening tools yang digunakan. Social listening tools mencakup semuanya: jaringan media sosial, blog, forum, situs berita, bagian komentar, dan situs web. Beberapa bahkan mencetak sampul, TV, dan radio, tetapi ini menghabiskan banyak uang dan berlebihan untuk sebagian besar bisnis.

Social listening tools menemukan penyebutan secara real time dan mengumpulkannya di umpan penyebutan. Di sana, pemilik bisnis dapat menelusuri penyebutan, membalasnya, memfilternya dengan atribut yang berbeda. Kemudian, setelah mengumpulkan banyak penyebutan, penyebutan ini dianalisis untuk menunjukkan kepada Anda hasil data yang besar. Social listening tools memiliki tingkat analitik yang berbeda, tetapi semuanya berfungsi untuk menunjukkan keberadaan online Anda secara objektif dan sekilas. Alih-alih berfokus pada penyebutan tunggal, analitik menunjukkan keseluruhan pertumbuhan, sikap, demografi, dan lain-lain.

Baca Juga: Jenis-Jenis Social Listening Tools, Ampuh Tingkatnya Engagement!

Manfaat Penggunaan Social Listening Tools

  • Identifikasi Influencer dan Brand Advocates

Mencari tahu siapa yang membagikan informasi Anda tentang produk Anda, dan secara organik menyebarkan berita positif yang berkaitan dengan merek Anda, adalah cara yang bagus untuk mengidentifikasi peluang hubungan dengan influencer. Setelah Anda mengetahuinya, Anda dapat memberikan penghargaan kepada mereka atas bantuan mereka dalam menyebarkan kecintaan terhadap merek Anda. Pelanggan yang senang membicarakan Anda tanpa diminta, adalah pemasaran emas.

  • Meningkatkan Layanan Pelanggan

Saat Anda fokus mendengarkan, Anda akan mendengar umpan balik positif dan negatif. Ada beberapa argumen yang menyatakan bahwa umpan balik negatif lebih bermanfaat, karena sering kali memberikan arahan yang jelas tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan diri. 

Cara Memilih Social Listening Tools

  • Cakupan

Seperti disebutkan dalam pendahuluan, social listening tools memiliki tingkat cakupan yang berbeda. Ini pasti sesuatu untuk dilihat ketika memilih alat. Jika Anda berencana untuk menggunakan alat ini secara maksimal, pilih salah satu yang mencakup platform media sosial utama, berita, blog, dan forum. 

  • Analisis sentimen

Analisis sentimen adalah salah satu fitur paling berguna yang dapat dimiliki oleh social listening tools. Analisis sentimen memecah semua penyebutan Anda menjadi positif, negatif, dan netral untuk menunjukkan kepada Anda keseluruhan reputasi merek (atau pribadi), dan bagaimana hal itu berubah dari waktu ke waktu. Dengan analisis sentimen, Anda dapat melihat apa yang Anda lakukan benar dan salah dalam hal peluncuran produk, kampanye pemasaran, dan fitur. 

  • Wawasan

Fitur wawasan (bisa disebut berbeda) adalah bagian dari analitik. Ini bertanggung jawab untuk menunjukkan kepada Anda aktivitas yang tidak biasa dalam penyebutan Anda. Ini memungkinkan Anda melihat sekilas jika ada sesuatu yang membutuhkan perhatian Anda: jika ada lonjakan jumlah penyebutan, dalam jangkauannya, atau perubahan sentimen yang tiba-tiba.

Baca Juga: Mengenal Cara Kerja Social Listening Tools

  • Demografi

Demografi penting saat mencari tahu siapa target audiens Anda yang sebenarnya. Seringkali, kita membuat kesalahan dengan membayangkan persona pembeli yang sempurna yang tidak memiliki kesamaan sama sekali atau sangat sedikit dengan orang yang benar-benar berbicara dan membeli produk kita. 

Yuk, Andalkan Ivosights untuk Social Listening Tools yang Baik untuk Bisnis Anda!

Didirikan pada tahun 2016, Ivosights kini menjadi perusahaan layanan pelanggan solusi satu atap yang beroperasi di Indonesia dan melayani beberapa klien dari Asia Tenggara. Saat ini Ivosights adalah satu-satunya perusahaan lokal yang memiliki berbagai platform dan layanan komprehensif dalam membantu perusahaan meningkatkan manajemen keterlibatan pelanggan mereka di berbagai titik sentuh pelanggan. Dengan begitu, perusahaan dan bisnis yang Anda jalani bisa dengan mudah mengandalkan Ivosights untuk solusi customer engagement.

Di Ivosights, Anda akan dengan mudah mendapatkan layanan terbaik untuk social media listening, lho! Kami menyediakan platform digital listening untuk memonitor perkembangan bisnis Anda di berbagai macam sosial media, termasuk YouTube, forum, hingga news portal. Ripple10 dari Ivosights merupakan a-real time platform untuk mendengarkan percakapan, sentimen, engagement terhadap audiens untuk perkembangan bisnis yang lebih maju dan memadai. Tunggu apalagi? Hubungi call center Ivosights sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami