Tips Menggunakan Social Listening untuk Competitive Analysis

Ripple10


Penulis : Administrator - Rabu, 12 April 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Social listening. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Social listening. Shutterstock.

"Social listening memang berguna untuk banyak hal, salah satunya adalah untuk competitive analysis"

Sebagai pemilik bisnis, kita tentu harus belajar beberapa hal mengenai kompetitor kita dalam usaha. Hal ini bisa jadi merupakan hal-hal yang mereka ungguli lebih banyak dibandingkan dengan bisnis yang kita miliki. Pembelajaran yang satu ini sangat penting untuk memperkuat bisnis kita untuk bisa bersaing dengan para pemilik bisnis yang hampir serupa. Untuk itu, dibutuhkan social listening untuk melakukannya serta untuk melakukan competitive analysis. Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya disini.

Apa Itu Competitive Analysis?

Pada tingkat paling dasar, analisis persaingan hanyalah proses mempelajari pesaing Anda. Semakin memahami tentang bisnis lain di bidang Anda, semakin mudah untuk memandu merek Anda sendiri ke arah yang benar. Misalnya, pelanggan menempatkan penelusuran Google yang relevan dengan merek atau bisnis yang Anda jalani, tetapi sebagian besar dari mereka akhirnya mengarah ke situs pesaing, bukan situs Anda. Dalam hal ini, competitive analysis akan membantu Anda mengetahui apa yang mereka lakukan dengan benar dan bagaimana Anda dapat mulai menarik beberapa prospek tersebut. Competitive analysis dapat mencakup banyak elemen berbeda seperti mengunjungi situs web pesaing, melacak peringkat mesin telusur mereka, atau melihat konten yang mereka posting di blog atau halaman media sosial mereka.

Baca Juga: Tips Memilih Social Listening Tools yang Tepat Untuk Perusahaan Anda

Manfaat Melakukan Competitive Analysis

  • Strategi Penetapan Harga yang Kompetitif

Menetapkan harga produk atau layanan Anda bukanlah keputusan yang paling menarik, tetapi ini adalah salah satu pilihan penjualan terpenting yang dapat Anda buat. Tidak mungkin membuat keputusan penetapan harga yang terinformasi tanpa mengetahui bagaimana harga Anda dibandingkan dengan pesaing. 

  • Pembuatan Konten Sesuai Keinginan Pelanggan

Dari blog hingga pengumuman peluncuran produk dan postingan media sosial, konten yang Anda kembangkan memiliki dampak penting pada citra merek yang dimiliki. Jika bisnis lain mengungguli Anda dalam pembuatan konten, Anda mungkin kesulitan menutup celah itu di area lain. Selain itu, social listening untuk competitive analysis dapat membantu Anda mengidentifikasi titik lemah pesaing. 

  • Memahami Proposisi Nilai Bisnis

Orang biasanya membayar produk dan layanan saat mereka merasa mendapatkan nilai yang unik. Sebagai pemasar, tujuan Anda adalah mengembangkan proposisi nilai yang kuat yang memotivasi konsumen untuk membeli dari Anda, bukan dari orang lain. Saat Anda melihat pesaing, Anda jelas harus melihat kekuatan mereka untuk menemukan cara untuk meningkatkan. Pada saat yang sama, Anda harus mempertimbangkan kekuatan merek Anda sendiri.

Tips Menggunakan Social Listening untuk Competitive Analysis

  • Identifikasi Pesaing Anda

Sebelum Anda dapat belajar dari ide pesaing Anda, Anda harus terlebih dahulu mengetahui dengan pasti siapa pesaing tersebut. Tentu saja, Anda mungkin sudah tahu tentang beberapa perusahaan lain yang beroperasi di ceruk pasar Anda. Mendengarkan sosial dapat membantu Anda mengidentifikasi mereka yang tidak ada dalam radar Anda.

  • Ikuti Aktivitas Mereka

Setelah Anda memiliki gagasan yang jelas tentang siapa pesaing Anda, Anda dapat mulai menggali wawasan dari aktivitas media sosial mereka. Lihat berbagai perusahaan dan lihat jenis konten apa yang cenderung menghasilkan keterlibatan paling banyak. Untuk membangun minat melalui media sosial, Anda harus menjadi pusat percakapan sosial yang berhubungan dengan merek atau bidang Anda.

Baca Juga: Tips Melakukan Social listening Untuk Kemajuan Perusahaan

  • Pertimbangkan Keterlibatan Audiens

Keterlibatan media sosial adalah tentang komunikasi dua arah. Selain apa yang diposkan pesaing, Anda juga perlu mempertimbangkan apa yang dikatakan pemirsa tentang mereka. Menganalisis sentimen di sekitar merek yang berbeda akan membantu Anda memahami bagaimana citra Anda berbeda dari pesaing utama Anda.

Yuk, Andalkan Ivosights untuk Social Listening yang Baik untuk Bisnis!

Didirikan pada tahun 2016, Ivosights kini menjadi perusahaan layanan pelanggan solusi satu atap yang beroperasi di Indonesia dan melayani beberapa klien dari Asia Tenggara. Saat ini Ivosights adalah satu-satunya perusahaan lokal yang memiliki berbagai platform dan layanan komprehensif dalam membantu perusahaan meningkatkan manajemen keterlibatan pelanggan mereka di berbagai titik sentuh pelanggan. Dengan begitu, perusahaan dan bisnis yang Anda jalani bisa dengan mudah mengandalkan Ivosights untuk solusi customer engagement.

Di Ivosights, Anda akan dengan mudah mendapatkan layanan terbaik untuk social media listening, lho! Kami menyediakan platform digital listening untuk memonitor perkembangan bisnis Anda di berbagai macam sosial media, termasuk YouTube, forum, hingga news portal. Ripple10 dari Ivosights merupakan a-real time platform untuk mendengarkan percakapan, sentimen, engagement terhadap audiens untuk perkembangan bisnis yang lebih maju dan memadai. Tunggu apalagi? Hubungi call center Ivosights sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami