Cara Menggunakan Social Listening Platforms dengan Mudah

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 24 Juni 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Listening Platforms. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Listening Platforms. Shutterstock.

"Dengan menggunakan social listening platforms secara efektif, bisnis dapat mengambil benefit yang paling maksimal dari alat ini. Ketahui lebih dalam di sini!"

Dalam era digital ini, social listening platforms merupakan salah satu alat penting dalam dunia bisnis. Platform ini memiliki banyak manfaat bagi bisnis dan dapat membantu bisnis untuk mengubah percakapan digital menjadi insight untuk menciptakan strategi bisnis yang optimal. Namun, untuk mencapai hal ini, penting bagi bisnis untuk bisa memanfaatkan platform ini dengan paling efektif. Simak artikel ini untuk mengetahui cara menggunakan social listening platforms dengan mudah!

Apa Itu Social Listening Platforms?

Social listening platform adalah perangkat lunak yang memungkinkan bisnis untuk melacak, memantau, dan menganalisis percakapan yang terjadi di dunia daring terkait suatu kata kunci atau merek. 

Manfaat Penggunaan Social Listening Platforms bagi Bisnis

Berikut beberapa manfaat penggunaan social listening platforms bagi bisnis:

  • Memahami Keinginan dan Kebutuhan Pelanggan

Dengan menggunakan social listening platforms, perusahaan dapat memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan dengan mudah dan mendalam. Social listening platforms mengumpulkan data dari percakapan online sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan. Perusahaan dapat memasukkan kata kunci yang relevan dengan bisnis mereka untuk mengetahui pembicaraan online terkait bisnis mereka. Dengan begitu, perusahaan dapat mengidentifikasi percakapan seputar keinginan dan kebutuhan pelanggan. Informasi ini dapat menjadi hal penting yang patut untuk dipertimbangkan ketika ingin mengembangkan produk atau jasa serta membentuk kampanye promosi yang baik.

  • Mengidentifikasi Sentimen Pelanggan

Selain kebutuhan dan keinginan pelanggan, social listening platforms juga dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi sentimen pelanggan. Dengan memasukkan kata kunci yang relevan, perusahaan dapat mengetahui opini pelanggan terhadap produk atau jasa mereka yang disampaikan di internet. Dengan fitur analisis sentimen yang ada pada social listening platforms, data ini dapat diolah dan disimpulkan untuk mengetahui tingkat sentimen pelanggan terhadap produk atau jasa tersebut. Dengan social listening platforms, perusahaan dapat mengetahui bagaimana persepsi publik terhadap bisnis mereka dan melakukan tindakan dalam mencegah atau menangani masalah yang mungkin timbul.

  • Memonitor Aktivitas Kompetitor

Selain memantau merek mereka sendiri, social listening platforms juga dapat membantu perusahaan untuk memonitor aktivitas pesaing. Social listening platforms memiliki fitur competitor analysis yang memungkinkan perusahaan untuk mengetahui aktivitas seperti strategi atau kampanye yang digunakan oleh pesaing bisnis mereka. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk menyesuaikan strategi yang tepat agar dapat bersaing dengan baik di pasar.

  • Mengetahui Tren Industri

Social listening platforms juga memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi dan memantau perubahan tren pada industri mereka. Dengan memantau percakapan online tentang topik-topik terkait industri, perusahaan dapat mengetahui perkembangan tren yang terbaru dan mengantisipasi perubahan pasar.

  • Melakukan Riset Pasar dengan Mudah

Social listening platforms dapat membantu perusahaan untuk melakukan riset pasar dengan mudah. Dengan fitur canggih dan dashboard yang tersentralisasi, social listening platforms memungkinkan perusahaan untuk melakukan riset pasar dengan lebih efisien kapanpun dan dimanapun. Data yang dikumpulkan merupakan data real time sehingga perusahaan dapat mendapatkan wawasan yang lebih akurat dan komprehensif tentang market bisnis.

  • Membantu Proses Manajemen Krisis

Social listening platforms juga dapat membantu proses manajemen krisis suatu perusahaan. Dengan fitur-fitur seperti alert system, sentiment analysis, dan lain-lain, perusahaan dapat mengidentifikasi krisis secara real time dan mempercepat proses penanganannya. Perusahaan dapat memberikan respon dengan efisien dan efektif terhadap masalah-masalah yang dibahas oleh pelanggan secara online. Setelah menangani masalah, perusahaan juga dapat memanfaatkan social listening platforms untuk memantau respon pelanggan dan publik untuk mengukur sejauh mana mereka telah berhasil menghadapi krisis yang dihadapi.

  • Membantu Meningkatkan Customer Satisfaction

Benefit lain dari penggunaan social listening platforms adalah peningkatan customer satisfaction atau kepuasan pelanggan. Dengan social listening platforms, perusahaan dapat memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan mereka. Perusahaan dapat menggunakan data ini membentuk produk atau jasa yang sesuai serta memberikan layanan dan pengalaman yang terbaik pelanggan. Selain itu, perusahaan juga dapat menggunakan social listening platforms untuk menetapkan strategi komunikasi yang cocok untuk pelanggan mereka, membangun hubungan pelanggan yang kuat. Dengan melakukan hal ini, perusahaan dapat memberikan layanan dan pengalaman yang memuaskan dan meningkatkan tingkat customer satisfaction mereka.

  • Membantu Mengembangkan Reputasi Merek Dagang yang Baik

Social listening platforms dapat membantu perusahaan mengembangkan reputasi merek dagang mereka. Dengan memonitor dan mengelola sentimen terkait merek secara aktif, membentuk produk dan jasa yang sesuai, serta menangani krisis secara efisien, perusahaan dapat menciptakan brand reputation yang positif. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk tetap bersaing dan menarik keuntungan bisnis jangka panjang.

Baca Juga: Kenali Peluang dan Tantangan Penggunaan Social Listening Platforms

Langkah-Langkah Menggunakan Social Listening Platforms dengan Mudah

Berikut langkah-langkah menggunakan social listening platforms dengan mudah:

  • Tentukan Tujuan

Langkah pertama adalah menentukan tujuan atau sasaran yang ingin dicapai dalam melakukan social listening platforms. Pastikan Anda mengidentifikasi tujuan yang jelas agar bisa memanfaatkan social listening platforms dengan optimal.

  • Pilih Social Listening Platforms yang Tepat

Setelah menentukan tujuan, pilihlah social listening platforms yang tepat dengan mempertimbangkan sasaran yang sudah ditentukan. Ketika memilih alat social listening, pertimbangkan juga fitur dan benefit yang didapatkan untuk bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.

  • Lakukan Sosialisasi dan Pelatihan untuk Tim

Setelah memilih dan mengintegrasikan social listening platforms, jangan lupa untuk melakukan sosialisasi dan pelatihan untuk tim Anda. Pastikan tim Anda memahami bagaimana cara mengoperasikan social listening platforms dengan benar.

  • Masukkan Kata Kunci dan Topik yang Sesuai

Ketika menggunakan social listening platforms, pastikan Anda memasukkan kata kunci dan topik yang sesuai. Anda dapat memasukkan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda, seperti nama brand, nama produk, jenis produk, dan industri.

  • Analisis Data dan Laporan

Setelah memasukkan kata kunci ke social listening platforms, Anda dapat menganalisis data yang didapat dari platform itu. Melalui social listening platforms, Anda dapat menganalisis data tentang sentimen pelanggan, hasil pemantauan kompetitor, dan lain sebagainya.

  • Optimalkan Strategi Berdasarkan Data

Setelah menggunakan social listening platforms, Anda dapat mulai membentuk strategi bisnis berdasarkan data yang didapatkan. Hal ini dapat membantu Anda untuk membentuk strategi bisnis yang paling optimal.

  • Evaluasi Strategi yang Dibuat dengan Social Listening Platforms

Terakhir, Anda juga dapat mengevaluasi strategi yang dibuat dengan social listening platforms. Dengan alat ini, Anda dapat mengetahui bagaimana pandangan publik terhadap kampanye yang dibuat dan sejauh mana tujuan yang ditetapkan telah berhasil tercapai.

Baca Juga: Social Listening Platforms: Kunci Kompetisi Bisnis di Era Digital

Dapatkan Social Listening Platforms Terbaik, Ripple10!

Social listening platforms memiliki banyak benefit bagi bisnis. Dengan mengetahui cara yang tepat untuk memanfaatkannya, bisnis dapat mengubah percakapan di media digital menjadi insight untuk membuat strategi dan kampanye bisnis yang optimal. Jika Anda mencari social listening platform yang tepat untuk bisnis Anda, Ripple10 adalah jawabannya! Ripple10 adalah social listening platform yang terpercaya dan salah satu yang terbaik di Indonesia, dilengkapi dengan berbagai fitur inovatif yang akan membantu Anda mengubah percakapan online menjadi strategi pengembangan bisnis. Hubungi Ivosights dan dapatkan Ripple10 sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami