Social Listening Platforms: Kunci Kompetisi Bisnis di Era Digital

Ripple10


Penulis : Administrator - Rabu, 03 April 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Listening Platforms. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Listening Platforms. Shutterstock.

"Manfaatkan social listening platforms sebagai strategi unggul dalam menghadapi persaingan bisnis digital saat ini"

Salah satu hal terpenting dalam menciptakan kesuksesan bisnis adalah memahami pelanggan. Dengan berkembangnya teknologi, perusahaan dapat memahami pelanggan mereka hanya dengan memantau percakapan yang ada di internet. Untuk mempermudah proses ini, perusahaan dapat menggunakan social listening platforms. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih dalam apa itu social listening platforms, fitur-fiturnya, dan manfaatnya bagi bisnis Anda!

Apa Itu Social Listening Platforms?

Social listening platform adalah perangkat lunak yang memungkinkan bisnis untuk melacak, memantau, dan menganalisis percakapan yang terjadi di dunia daring terkait suatu kata kunci atau merek. 

Manfaat Penggunaan Social Listening Platforms bagi Bisnis

  • Memahami Keinginan dan Kebutuhan Pelanggan

Dengan menggunakan social listening platforms, perusahaan dapat memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan dengan mudah dan mendalam. Social listening platforms mengumpulkan data dari percakapan online sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan. Perusahaan dapat memasukkan kata kunci yang relevan dengan bisnis mereka untuk mengetahui pembicaraan online terkait bisnis mereka. Dengan begitu, perusahaan dapat mengidentifikasi percakapan seputar keinginan dan kebutuhan pelanggan. Informasi ini dapat menjadi hal penting yang patut untuk dipertimbangkan ketika ingin mengembangkan produk atau jasa serta membentuk kampanye promosi yang baik.

  • Mengidentifikasi Sentimen Pelanggan

Selain kebutuhan dan keinginan pelanggan, social listening platforms juga dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi sentimen pelanggan. Dengan memasukkan kata kunci yang relevan, perusahaan dapat mengetahui opini pelanggan terhadap produk atau jasa mereka yang disampaikan di internet. Dengan fitur analisis sentimen yang ada pada social listening platforms, data ini dapat diolah dan disimpulkan untuk mengetahui tingkat sentimen pelanggan terhadap produk atau jasa tersebut. Dengan social listening platforms, perusahaan dapat mengetahui bagaimana persepsi publik terhadap bisnis mereka dan melakukan tindakan dalam mencegah atau menangani masalah yang mungkin timbul.

  • Memonitor Aktivitas Kompetitor

Selain memantau merek mereka sendiri, social listening platforms juga dapat membantu perusahaan untuk memonitor aktivitas pesaing. Social listening platforms memiliki fitur competitor analysis yang memungkinkan perusahaan untuk mengetahui aktivitas seperti strategi atau kampanye yang digunakan oleh pesaing bisnis mereka. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk menyesuaikan strategi yang tepat agar dapat bersaing dengan baik di pasar.

  • Mengetahui Tren Industri

Social listening platforms juga memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi dan memantau perubahan tren pada industri mereka. Dengan memantau percakapan online tentang topik-topik terkait industri, perusahaan dapat mengetahui perkembangan tren yang terbaru dan mengantisipasi perubahan pasar.

  • Melakukan Riset Pasar dengan Mudah

Social listening platforms dapat membantu perusahaan untuk melakukan riset pasar dengan mudah. Dengan fitur canggih dan dashboard yang tersentralisasi, social listening platforms memungkinkan perusahaan untuk melakukan riset pasar dengan lebih efisien kapanpun dan dimanapun. Data yang dikumpulkan merupakan data real time sehingga perusahaan dapat mendapatkan wawasan yang lebih akurat dan komprehensif tentang market bisnis.

  • Membantu Proses Manajemen Krisis

Social listening platforms juga dapat membantu proses manajemen krisis suatu perusahaan. Dengan fitur-fitur seperti alert system, sentiment analysis, dan lain-lain, perusahaan dapat mengidentifikasi krisis secara real time dan mempercepat proses penanganannya. Perusahaan dapat memberikan respon dengan efisien dan efektif terhadap masalah-masalah yang dibahas oleh pelanggan secara online. Setelah menangani masalah, perusahaan juga dapat memanfaatkan social listening platforms untuk memantau respon pelanggan dan publik untuk mengukur sejauh mana mereka telah berhasil menghadapi krisis yang dihadapi.

  • Membantu Meningkatkan Customer Satisfaction

Benefit lain dari penggunaan social listening platforms adalah peningkatan customer satisfaction atau kepuasan pelanggan. Dengan social listening platforms, perusahaan dapat memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan mereka. Perusahaan dapat menggunakan data ini membentuk produk atau jasa yang sesuai serta memberikan layanan dan pengalaman yang terbaik pelanggan. Selain itu, perusahaan juga dapat menggunakan social listening platforms untuk menetapkan strategi komunikasi yang cocok untuk pelanggan mereka, membangun hubungan pelanggan yang kuat. Dengan melakukan hal ini, perusahaan dapat memberikan layanan dan pengalaman yang memuaskan dan meningkatkan tingkat customer satisfaction mereka.

  • Membantu Mengembangkan Reputasi Merek Dagang yang Baik

Social listening platforms dapat membantu perusahaan mengembangkan reputasi merek dagang mereka. Dengan memonitor dan mengelola sentimen terkait merek secara aktif, membentuk produk dan jasa yang sesuai, serta menangani krisis secara efisien, perusahaan dapat menciptakan brand reputation yang positif. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk tetap bersaing dan menarik keuntungan bisnis jangka panjang.

Baca Juga: Tingkatkan Strategi Anda: Menggali Potensi Social Listening Platforms

Fitur-Fitur Penting dalam Social Listening Platforms

  • Audience Analysis

Fitur audience analysis memungkinkan pengguna untuk memahami siapa saja yang membicarakan merek mereka di kanal dan situs web. Fitur ini membantu perusahaan mendapatkan data seputar demografi, preferensi, dan minat pelanggan.

  • Sentiment Analysis

Fitur sentiment analysis membantu perusahaan untuk mengetahui opini atau pandangan publik terkait merek mereka lewat percakapan online.

  • Competitor Analysis

Fitur competitor analysis membantu perusahaan untuk memantau aktivitas pesaing mereka.

  • Alert Notification

Fitur alert notification memberikan pemberitahuan kepada perusahaan ketika terjadi suatu krisis yang dapat membantu efisiensi penanganan masalah.

  • Analytics and Report

Fitur analytics and report menyediakan analisis dan laporan yang mendalam tentang data yang dikumpulkan dari percakapan online berdasarkan kata kunci yang dimasukkan.

  • Integrasi dengan CRM

Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk melakukan integrasi antara social listening platform dengan CRM. Integrasi ini dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan produktivitas workflow mereka.

Baca Juga: Menyusun Strategi Konten Relevan dengan Social Listening Platforms

Ungguli Kompetisi Bisnis Era Digital dengan Social Listening Platforms Terbaik dengan Ripple10!

Dalam kompetisi bisnis era digital yang semakin ketat, social listening platforms memberikan kesempatan bagi bisnis untuk memahami pelanggan mereka dan memperkuat posisi mereka di pasar dengan mudah. Dengan berbagai fitur-fitur yang unggul, social listening platforms menjadi kunci untuk dapat terus melakukan persaingan bisnis dengan memanfaatkan percakapan yang ada di internet. Jika Anda mencari social listening platforms yang dapat membantu Anda mengungguli kompetisi bisnis era digital, Ripple10 adalah jawabannya! Ripple10 adalah tool monitoring pembicaraan netizen dengan berbagai fitur inovatif yang dapat membantu Anda mengolah data percakapan online menjadi insight untuk membentuk strategi bisnis. Hubungi Ivosights sekarang juga dan dapatkan Ripple10, kunci utama menghadapi persaingan bisnis di era digital!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami