Di zaman modern ini, media sosial merupakan hal yang tidak lagi bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari kita. Melalui media sosial dan media digital lainnya, kita dapat mendapatkan banyak sekali insights atau wawasan yang sangat berguna dalam berbagai aspek, termasuk juga dalam hal bisnis. Pemantauan media digital merupakan salah satu strategi yang banyak dilakukan oleh perusahaan untuk mengumpulkan data yang dapat membantu mereka membentuk kampanye dan mengambil keputusan yang akan mendatangkan keuntungan. Salah satu alat yang dapat membantu bisnis melakukan hal ini adalah social listening platforms. Simak artikel ini untuk mengetahui benefit dan fitur-fitur penting social listening platforms untuk bisnis!

Apa Itu Social Listening Platforms?

Social listening platforms adalah perangkat lunak yang memungkinkan perusahaan untuk memantau dan menganalisis percakapan yang terjadi di media sosial dan web secara keseluruhan. Tujuan utamanya adalah untuk memahami sentimen, tren, dan perilaku pengguna terkait merek, produk, atau topik tertentu. Dengan menggunakan data dari social listening platforms, perusahaan dapat meningkatkan interaksi dengan pelanggan, merespons lebih cepat terhadap masalah atau tren yang berkembang, serta membangun hubungan yang lebih kuat dan responsif dengan audiens mereka secara keseluruhan.

Benefit Social Listening Platforms untuk Bisnis

Social listening platforms mengumpulkan data dari percakapan online sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan. Perusahaan dapat memasukkan kata kunci yang relevan dengan bisnis mereka untuk mengetahui pembicaraan online terkait bisnis mereka.

Dengan fitur analisis sentimen yang ada pada social listening platforms, perusahaan dapat mengetahui tingkat sentimen pelanggan terhadap produk atau jasa tersebut. Hal ini membantu perusahaan untuk mengetahui bagaimana persepsi publik terhadap bisnis mereka dan melakukan tindakan dalam mencegah atau menangani masalah yang mungkin timbul.

Selain memantau merek mereka sendiri, social listening platforms juga dapat membantu perusahaan untuk memonitor aktivitas pesaing. Social listening platforms memiliki fitur competitor analysis yang memungkinkan perusahaan untuk mengetahui aktivitas seperti strategi atau kampanye yang digunakan oleh pesaing bisnis mereka.

Social listening platforms juga memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi dan memantau perubahan tren pada industri mereka. Dengan memantau percakapan online tentang topik-topik terkait industri, perusahaan dapat mengetahui perkembangan tren yang terbaru dan mengantisipasi perubahan pasar.

Social listening platforms dapat membantu perusahaan untuk melakukan riset pasar dengan mudah. Dengan fitur canggih dan dashboard yang tersentralisasi, social listening platforms memungkinkan perusahaan untuk melakukan riset pasar dengan lebih efisien kapanpun dan dimanapun.

Social listening platforms juga dapat membantu proses manajemen krisis suatu perusahaan. Dengan fitur-fitur seperti alert system, sentiment analysis, dan lain-lain, perusahaan dapat mengidentifikasi krisis secara real time dan mempercepat proses penanganannya. Perusahaan dapat memberikan respon dengan efisien dan efektif terhadap masalah-masalah yang dibahas oleh pelanggan secara online.

Dengan social listening platforms, perusahaan dapat memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan mereka. Perusahaan dapat menggunakan data ini membentuk produk atau jasa yang sesuai serta memberikan layanan dan pengalaman yang terbaik pelanggan. Selain itu, perusahaan juga dapat menggunakan social listening platforms untuk menetapkan strategi komunikasi yang cocok untuk pelanggan mereka, membangun hubungan pelanggan yang kuat.

Social listening platforms dapat membantu perusahaan mengembangkan reputasi merek dagang mereka. Dengan memonitor dan mengelola sentimen terkait merek secara aktif, membentuk produk dan jasa yang sesuai, serta menangani krisis secara efisien, perusahaan dapat menciptakan brand reputation yang positif.

Baca Juga: 3 Cara Deteksi Tren dengan Social Listening Platforms

Fitur-Fitur Penting yang Ada pada Social Listening Platforms

Fitur keyword analysis pada social listening platforms memungkinkan bisnis untuk mengidentifikasi kata kunci yang paling relevan dengan merek dagang atau industri mereka. Perusahaan juga dapat melakukan riset mendalam dengan memasukan kata kunci yang sesuai.

Fitur sentiment analysis pada social listening platforms memungkinkan bisnis untuk menganalisis sentimen pelanggan. Hal ini berarti perusahaan dapat memahami persepsi, perasaan, dan opini pelanggan terhadap produk atau jasa serta layanan yang ditawarkan.

Dengan fitur competitor analysis, perusahaan dapat menggunakan social listening platforms untuk memantau dan menganalisis aktivitas serta kampanye pesaing. Perusahaan dapat memanfaatkan data ini untuk mengidentifikasi peluang dan tantangan yang mungkin terjadi di pasar untuk memastikan bisnis tetap relevan dalam situasi kompetitif.

Fitur audience analysis dalam social listening platforms dapat membantu bisnis Anda dalam memahami demografi, pemetaan, dan preferensi pelanggan. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat produk, jasa, atau konten yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Fitur lain yang sangat penting dalam social listening platforms adalah fitur alert notification. Fitur ini dapat memberi tahu bisnis jika terjadi krisis atau masalah yang mendadak. Fitur ini sangat penting karena dapat membantu bisnis untuk bertindak cepat dalam menangani masalah dan mengelola krisis dengan lebih efisien.

Fitur trend monitor pada social listening platforms memungkinkan bisnis untuk memantau perubahan tren di pasar. Dengan fitur ini, perusahaan dapat mengetahui hal-hal yang sedang relevan dan mengidentifikasi peluang mereka. Data ini sangat penting bagi perusahaan yang ingin tetap relevan di pasar dan terus mengembangkan pangsa pasar mereka.

Fitur report and analytics pada social listening platforms memberikan laporan dan hasil analisis yang detail dan mendalam mengenai percakapan online di media sosial yang relevan dengan bisnis Anda. Dengan fitur ini, Anda juga dapat mengetahui sejauh mana kampanye promosi telah berhasil dan juga mengetahui bagaimana reputasi merek dagang di mata publik. 

Sekarang, banyak sekali social listening platforms yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan integrasi dengan CRM (customer relationship management). Fitur ini dapat mengembangkan operasi kerja perusahaan Anda dan meningkatkan efisiensi serta produktivitas kerja.

Baca Juga: Kenali Peluang dan Tantangan Penggunaan Social Listening Platforms

Dapatkan Social Listening Platforms Terbaik, Ripple10!

Social listening platforms adalah salah satu alat yang dapat membantu bisnis mengubah percakapan digital menjadi wawasan. Wawasan atau insights yang didapat dari social listening platforms dapat digunakan untuk mengambil keputusan dan membentuk strategi bisnis yang efektif untuk mencapai keuntungan. Jika Anda mencari social listening platforms yang tepat untuk bisnis Anda, Ripple10 adalah jawabannya! Ripple10 adalah social listening platform terlengkap, no. 1 di Indonesia yang memiliki berbagai fitur canggih yang dapat membantu Anda mengubah percakapan di dunia digital menjadi strategi bisnis yang optimal. Hubungi Ivosights dan dapatkan social listening platforms terbaik, Ripple10, sekarang juga!