Social Listening dan Social Listening Platform: Pedoman Lengkap

Ripple10


Penulis : Administrator - Jumat, 22 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Social listening tools. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Social listening tools. Shutterstock.

"Aktivitas memantau percakapan daring dapat dilakukan dengan cepat dan mudah dengan social listening platform"

Dunia digital merupakan hal yang tidak bisa lagi terlepas dari kehidupan kita sehari-hari. Interaksi antara sebuah bisnis dengan pelanggan mereka pun seringkali terjadi di dunia digital. Namun, interaksi ini tidak hanya terjadi secara langsung dan satu arah saja, melainkan dapat terjadi secara tidak langsung. Sekarang, semakin banyak pelanggan yang berbagi pengalaman dan opini mereka mengenai suatu merek atau topik tertentu lewat media sosial dan situs web. Dengan menggunakan social listening platform, perusahaan dapat memantau hal-hal ini dengan cepat dan mudah. Simak artikel ini mengetahui lebih dalam mengenai social listening dan juga social listening platform!

Apa Itu Social Listening?

Social listening adalah proses memantau dan menganalisis percakapan online yang terjadi di dunia digital. Hal ini termasuk mengidentifikasi sentimen, tren, dan preferensi pelanggan terhadap merek, produk, atau topik tertentu berdasarkan percakapan yang dilakukan di dunia daring.

Pentingnya Social Listening Bagi Bisnis

  • Memahami Pelanggan dengan Lebih Baik

Dengan melakukan social listening, perusahaan dapat memahami pelanggan mereka dengan lebih baik. Social listening memungkinkan perusahaan untuk mengetahui data demografis pelanggan, kebutuhan, dan keinginan mereka. Hal ini dapat membantu perusahaan dalam mengembangkan produk atau layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan pasar, memastikan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan dapat memenuhi kepuasan pelanggan.

  • Evaluasi Produk dan Pengembangan Bisnis

Social listening juga dapat membantu perusahaan untuk mengevaluasi produk dan pengembangan bisnis mereka. Dengan memantau percakapan digital, perusahaan dapat mengidentifikasi pendapat publik mengenai produk atau jasa yang mereka tawarkan. Perusahaan juga dapat mengetahui citra bisnis mereka dan sejauh apa bisnis mereka dikenal oleh publik. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan produk serta mengukur sejauh mana bisnis mereka telah berkembang.

  • Mengetahui Tren Industri

Dengan melakukan social listening, perusahaan dapat mengetahui perubahan tren dalam industri mereka. Perusahaan dapat mengetahui apa yang sedang disukai dan apa yang kurang diminati dalam industri mereka. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk tetap kompetitif dan mempertahankan relevansi mereka di pasar yang terus berubah.

  • Mengidentifikasi Krisis

Social listening juga dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi krisis atau potensi krisis yang dihadapi bisnis mereka. Lewat pemantauan percakapan digital, perusahaan dapat mengetahui apabila ada sentimen buruk terhadap bisnis mereka atau jika ada ancaman dari kompetitor atau tren industri yang berubah. Dengan mengetahui hal ini, perusahaan dapat melakukan penanganan krisis yang tepat dan cepat, memungkinkan mereka untuk mengelola reputasi dengan lebih efektif.

  • Pengukuran Kesuksesan Kampanye

Perusahaan juga dapat melakukan social listening untuk mengukur kesuksesan kampanye (campaign) mereka. Perusahaan dapat memantau bagaimana tanggapan publik terhadap kampanye mereka lewat kanal media sosial. Dengan begitu, perusahaan dapat melihat apakah kampanye yang dilakukan sukses atau tidak dan dapat melakukan pengembangan dan perbaikan untuk kampanye di masa depan.

  • Membantu Bisnis Bersaing di Pasar

Secara general, aktivitas social listening dapat membantu perusahaan bersaing di pasar. Dengan social listening, perusahaan dapat memahami kebutuhan pelanggan mereka, memantau perubahan tren, mengukur kesuksesan, serta mengidentifikasi krisis. Hal-hal ini dapat membantu perusahaan untuk mengambil strategi bisnis yang tepat agar mereka dapat terus mempertahankan posisi teratas dalam persaingan pasar yang begitu ketat.

Apa Itu Social Listening Platform?

Social listening platform adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membantu sebuah perusahaan atau organisasi untuk melakukan social listening dan mendapatkan data yang tersentralisasi mengenai pandangan publik terhadap brand mereka.

Manfaat Penggunaan Social Listening Platform Bagi Bisnis

  • Analisis Kebutuhan dan Sentimen Pelanggan yang Mendalam

Dengan fitur analisis kata kunci dan analisis sentimen, social listening platform memungkinkan perusahaan untuk melakukan analisis yang mendalam mengenai kebutuhan dan sentimen pelanggan mereka. Perusahaan dapat menggunakan social listening platform untuk mengetahui kebutuhan pelanggan mereka dengan mudah. Selain itu, social listening platform juga dapat membantu perusahaan untuk mengetahui sentimen atau pendapat publik mengenai produk atau jasa yang ditawarkan serta citra merek dagang mereka. Dengan dashboard yang tersentralisasi, social listening platform membuat aktivitas analisis kebutuhan dan sentimen pelanggan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun oleh perusahaan.

  • Mempermudah Pembangunan Produk dan Layanan yang Tepat Sasaran

Dengan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan lewat social listening, perusahaan dapat mengembangkan produk dan layanan yang tepat. Penggunaan social listening platform dapat mempercepat proses ini. Social listening platform menyediakan data pelanggan dalam satu dashboard yang tersentralisasi, ditambah dengan analisis dan laporan yang mendalam. Maka dari itu, perusahaan dapat dengan cepat mengumpulkan dan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan agar mereka dapat membangun produk dan layanan yang sesuai dan dapat memenuhi kepuasan mereka.

  • Identifikasi dan Manajemen Krisis yang Efisien

Social listening platform memungkinkan perusahaan untuk melakukan pemantauan percakapan digital secara real time. Dengan begitu, identifikasi krisis yang menjadi salah satu kegunaan aktivitas social listening dapat dilakukan dengan cepat. Hal ini dapat membantu efisiensi manajemen dan penyelesaian krisis yang dihadapi oleh perusahaan.

  • Melakukan Riset Tren dan Pasar dengan Mudah

Salah satu manfaat social listening adalah mengetahui tren industri dan pasar. Perusahaan dapat mempercepat proses ini dengan menggunakan social listening platform. Social listening platform hadir dengan analisis pasar dan analisis tren yang memungkinkan perusahaan untuk melakukan kedua aktivitas tersebut hanya dalam satu platform, mempercepat proses riset mereka. Data yang didapat dari riset ini juga muncul dalam bentuk laporan yang telah dianalisis, mempermudah bisnis untuk memahami data tren dan pasar, serta membantu mereka mengambil langkah yang tepat dalam strategi pengembangan bisnis.

  • Melacak dan Memonitor Kompetitor

Social listening platform tidak hanya membantu perusahaan memahami pasar dengan mudah, tetapi juga memantau aktivitas pesaing mereka secara lebih spesifik. Dengan fitur analisis kompetitor, perusahaan dapat melacak dan memonitor kompetitor mereka lewat percakapan digital. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk mempertahankan sifat kompetitif mereka dalam persaingan bisnis, serta mengidentifikasi peluang dan ancaman mereka.

  • Sebagai Investasi untuk Meningkatkan Profitabilitas

Social listening platform merupakan bentuk investasi perusahaan dalam upaya meningkatkan profitabilitas bisnis. Dengan social listening platform, perusahaan dapat memantau percakapan digital dengan sangat mudah dan mendapatkan data yang terstruktur. Perusahaan kemudian dapat melakukan berbagai langkah pengembangan dan perbaikan yang akan meningkatkan kualitas produk atau jasa mereka, membawa sentimen dan citra positif, menguatkan hubungan pelanggan, dan mempertahankan relevansi perusahaan. Hal ini dapat membawa keuntungan tersendiri bagi perusahaan yang meningkatkan profitabilitas mereka.

Implementasi Social Listening Platform dalam Bisnis

  • Pilih Social Listening Platform yang Sesuai

Pertama-tama, pastikan Anda memilih social listening platform yang sesuai. Pertimbangkan berbagai fitur, harga, hingga kelebihan dan kekurangan yang ada pada berbagai social listening platform yang beredar di pasaran.

  • Identifikasi kata Kunci (Keyword) yang Relevan

Untuk melakukan aktivitas social listening, identifikasi kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Social listening platform adalah platform yang membantu Anda melacak percakapan digital berdasarkan keyword. Jadi, penting bagi Anda untuk memasukkan kata kunci yang tepat agar bisa mendapatkan data yang relevan.

  • Kumpulkan Data

Gunakan social listening platform untuk mengumpulkan data dari percakapan digital. Kumpulkan data mengenai pelanggan Anda, kebutuhan mereka, keinginan mereka, dan lain sebagainya. Anda juga dapat menggunakan social listening platform untuk mengetahui data seputar kompetitor bisnis, tren yang sedang naik, peluang di market, dan lain-lain.

  • Lakukan Pengukuran dan Analisis Data

Setelah mendapatkan data, lakukan pengukuran dan analisis dengan social listening platform. Pahami dengan baik analisis data yang didapat dari social listening platform. Umumnya, social listening platform sudah memiliki fitur analitik dan laporan yang akan membantu Anda mempercepat proses ini.

  • Ambil Langkah Strategis Sesuai Data yang Didapatkan

Data dan hasil analisis dari social listening platform dapat Anda gunakan untuk mengambil langkah strategis. Misalnya, Anda dapat menggunakan data tren industri, keinginan pelanggan, dan aktivitas kompetitor untuk membentuk kampanye promosi produk baru yang tepat dan sukses. Anda juga dapat menggunakan data sentimen pelanggan untuk mengidentifikasi keluhan pelanggan dan memperbaiki pelayanan yang diberikan.

  • Evaluasi Secara Berkelanjutan

Terakhir, gunakan social listening platform untuk melakukan evaluasi secara berkelanjutan. Misalnya, setelah meluncurkan kampanye, Anda dapat menggunakan social listening platform untuk memantau tanggapan publik mengenai kampanye tersebut dan mengukur tingkat kesuksesannya. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan social listening platform untuk terus melakukan peningkatan strategi bisnis dan mencapai kesuksesan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Social Listening Tools yang Perlu Anda Coba!

Miliki Social Listening Platform Terdepan, Ripple10!

Social listening platform memberikan kemudahan dan kenyaman untuk melakukan social listening. Proses implementasi yang tepat dapat membantu perusahaan untuk memanfaatkan social listening platform secara optimal, memungkinkan mereka untuk mempertahankan posisi teratas dalam persaingan bisnis di zaman digital.

Jika Anda mencari social listening platform yang dapat membantu Anda memantau percakapan digital secara optimal, Ripple10 adalah jawabannya! Ripple10 adalah platform monitoring terdepan dengan berbagai fitur inovatif yang dapat membantu Anda melakukan aktivitas social listening terhadap media sosial, portal berita, forum dan sebagainya secara real time. Hubungi Ivosights sekarang juga dan lakukan social listening yang optimal dengan Ripple10, social listening platform terdepan!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami