Tertarik Menggunakan SIP Trunk? Simak Cara Konfigurasinya Disini!

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 21 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - SIP Trunk. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - SIP Trunk. Shutterstock.

"SIP Trunk adalah teknologi yang memiliki urgensi besar untuk dimiliki seluruh perusahaan berbasis teknologi"

Pernahkah kamu menggunakan jasa atau layanan suatu perusahaan telekomunikasi kemudian merasa disulitkan dengan akses teleponnya yang masih memerlukan pulsa? Hal ini tentunya adalah suatu kelemahan yang harus diperhatikan banyak perusahaan. Mengingat kemajuan teknologi sudah melebar hingga ke ranah bisnis di mana pelanggan jadi menuntut kepraktisan dan kemudahan dalam sentuhan jari.

Kini SIP Trunk bisa menjadi jawaban dan solusi dari segala permasalahan tersebut, lho! Segala kelebihan yang ditawarkan dari teknologi ini memberikan keuntungan bagi perusahaan dan pelanggan. Berdasarkan pengalaman pelanggan, perusahaan yang tidak menggunakan SIP Trunk lebih banyak menyulitkan pelanggan.

Tanpa SIP Trunk, perusahaan akan kesulitan mengintegrasikan sistem teleponnya dengan aplikasi komunikasi lain seperti email dan pesan instan. Selain itu, perusahaan juga akan kesulitan dalam menghemat biaya panggilan telepon dengan menggunakan jaringan internet untuk mengirimkan dan menerima panggilan telepon. Tanpa SIP Trunk, perusahaan hanya dapat berkomunikasi melalui jaringan telepon publik yang lebih mahal dan kurang fleksibel dibandingkan dengan menggunakan jaringan internet. Dengan demikian, tanpa adanya SIP Trunk, maka perusahaan akan kehilangan efisiensi komunikasi dengan pelanggan.

 Itu adalah beberapa kerugian yang didapat dari segi perusahaan yang tidak memiliki SIP Trunk. Sebenarnya dari sedikit penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa SIP Trunk adalah teknologi yang memiliki urgensi besar untuk dimiliki seluruh perusahaan berbasis teknologi. Akan tetapi, belum semua perusahaan memiliki teknologi ini. Hal ini dikarenakan tidak semua orang memahami cara kerja SIP Trunk dan bingung akan cara mengkonfigurasikannya.

Nah, pada artikel ini kamu akan mempelajari hal-hal mengenai SIP Trunk untuk memudahkanmu mempertimbangkan penggunaan teknologi SIP Trunk pada perusahaanmu, terutama pada cara mengkonfigurasikannya. Untuk kamu yang penasaran, jangan lewatkan artikel ini dan simak terus artikelnya sampai selesai, ya!

Cara Mengkonfigurasi SIP Trunk

SIP Trunk adalah sebuah jalur komunikasi yang menghubungkan sistem telepon dengan internet, sehingga memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon dan berkomunikasi melalui internet. Meskipun SIP Trunk memberikan kemudahan dan keuntungan yang besar, tentunya kamu tidak mendapatkannya jika kamu tidak mengerti cara memasang atau mengkonfigurasinya.

Namun, jangan khawatir, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengkonfigurasi SIP Trunk dengan mudah:

  • Miliki Akun SIP Trunk

Pastikan kamu sudah memiliki akun SIP Trunk yang akan digunakan. Jika belum, kamu perlu mendaftar terlebih dahulu ke penyedia layanan SIP Trunk yang dipilih. Untuk mendaftarkan akunSIP Trunk, kamu bisa mengikuti cara berikut:

  1. Untuk mendaftarkan SIP Trunk, pertama-tama kamu perlu menentukan penyedia layanan SIP Trunk yang akan digunakan. Setelah itu, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:
  2. Kunjungi situs penyedia layanan SIP Trunk yang dipilih dan cari tautan untuk mendaftar atau membeli layanan SIP Trunk.
  3. Isi formulir pendaftaran yang tersedia dengan informasi yang diminta, seperti nama, alamat, dan nomor telepon. Pastikan informasi yang dimasukkan benar dan valid.
  4. Pilih paket layanan SIP Trunk yang diinginkan, lalu lanjutkan ke tahap pembayaran. Penyedia layanan SIP Trunk biasanya menyediakan berbagai metode pembayaran, seperti kartu kredit, transfer bank, atau pembayaran melalui aplikasi e-wallet.
  5. Setelah pembayaran selesai, kamu akan menerima konfirmasi pendaftaran dan informasi akun SIP Trunk melalui email atau melalui dashboard akun yang telah dibuat. Informasi tersebut biasanya berisi alamat server, nomor akun, dan password akun SIP Trunk yang akan digunakan untuk mengkonfigurasi perangkat telepon.
  6. Simpan informasi akun SIP Trunk tersebut dengan baik, karena akan dibutuhkan saat mengkonfigurasi perangkat telepon untuk menggunakan layanan SIP Trunk.
  7. Jika ada pertanyaan atau masalah selama proses pendaftaran, kamu dapat menghubungi penyedia layanan SIP Trunk melalui telepon atau email untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.
  • Terkoneksi Internet

Jika kamu sudah terdaftar dan dipastikan memiliki akun SIP Trunk, selanjutnya kamu perlu menghubungkan perangkat telepon ke jaringan internet. Pastikan perangkat tersebut sudah terkoneksi dengan internet dengan baik.

  • Setting Perangkat Telepon

Buka pengaturan perangkat telepon dan cari bagian yang berkaitan dengan SIP Trunk. Pada beberapa perangkat, bagian ini biasanya terletak di menu "Network Settings" atau "VoIP Settings".

  • Informasi Akun SIP Trunk

Masukkan informasi akun SIP Trunk yang telah didapatkan ke dalam pengaturan perangkat telepon. Informasi yang perlu diisi meliputi alamat server, nomor akun, dan password akun SIP Trunk.

  • Koneksi SIP Trunk

Setelah informasi akun SIP Trunk telah dimasukkan, cek koneksi SIP Trunk dengan mencoba melakukan panggilan ke nomor lain. Jika panggilan berhasil dilakukan, berarti konfigurasi SIP Trunk telah berhasil.

Jika terdapat masalah dalam proses konfigurasi, cobalah mengecek koneksi internet, mengubah pengaturan firewall, atau menghubungi penyedia layanan SIP Trunk untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Dimana Bisa Mendapatkan SIP Trunk?

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa kamu ketahui tentang cara mengkonfigurasi SIP Trunk. Kini bisnis digitalmu bisa menggunakan SIP Trunk dengan mudah. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu bekerjasama dengan perusahaan teknologi terdepan untuk membantumu memiliki sistem SIP Trunk pada platform bisnismu. Bersama Ivosights kamu akan mendapatkan teknologi yang dapat membantu memajukan bisnismu! Segera hubungi Ivosights untuk informasi mengenai SIP Trunk lebih lanjut!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami