Inilah 7 Ciri-Ciri Perusahaan Anda Perlu Beralih ke Teknologi SIP Trunk

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 08 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - SIP Trunk. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - SIP Trunk. Shutterstock

"Perusahaan dengan ciri-ciri di bawah ini disarankan untuk beralih ke penggunaan SIP Trunk. Hal ini tentu mendatangkan banyak manfaat jika dibandingkan jalur telepon konvensional"

Dalam era digital yang terus berkembang, teknologi berperan penting dalam mendukung kelancaran bisnis. Salah satu teknologi yang semakin diminati oleh perusahaan adalah SIP Trunk. Dengan menggunakan SIP Trunk, perusahaan dapat menggantikan jalur  telepon konvensional yang menggunakan infrastruktur fisik dengan jalur komunikasi berbasis internet. Selain banyaknya keunggulan yang diberikan oleh SIP Trunk, ada beberapa ciri-ciri yang menunjukan bahwa perusahaan Anda berlu menggunakan teknologi SIP Trunk dibandingkan jalur telepon konvensional. Apa saja ciri-ciri yang dimaksud? Sebelum itu, alangkah baiknya Anda ketahui terlebih dahulu pengertian dari SIP Trunk itu sendiri.

Apa itu Teknologi SIP Trunk?

Teknologi SIP Trunk adalah sebuah teknologi komunikasi yang memungkinkan perusahaan untuk melakukan panggilan suara melalui jaringan IP. Dengan menggunakan SIP Trunk, perusahaan dapat menggabungkan berbagai saluran komunikasi seperti panggilan telepon, video, dan pengiriman pesan melalui internet.

Baca juga: Rekomendasi Jenis SIP Trunk untuk Telecollection

Ciri-Ciri Perusahaan yang Memerlukan Beralih ke Teknologi SIP Trunk

Inilah beberapa ciri perusahaan yang perlu beralih ke teknologi SIP Trunk:

  • Memiliki Panggilan Jarak Jauh yang Tinggi

Perusahaan yang  sering melakukan panggilan jarak jauh dapat beralih ke SIP Trunk. Dengan begini, biaya panggilan internasional dan nasional dapat dikurangi.

  • Kebutuhan Skalabilitas

SIP Trunk memungkinkan perusahaan untuk dengan mudah menambah atau mengurangi kapasitas panggilan sesuai dengan kebutuhan, berbeda dengan jalur telepon konvensional yang tidak mendukung perusahaan dengan jumlah panggilan yang tinggi.

  • Infrastruktur Komunikasi yang Tidak Terintegrasi

Jika perusahaan Anda memiliki banyak sistem komunikasi terpisah, SIP Trunk memudahkan Anda mengintegrasikan semua sistem tersebut menjadi satu platform yang efisien.

  • Biaya Komunikasi Tinggi

Beralih ke SIP Trunk dapat mengurangi biaya komunikasi perusahaan. Hal ini diakibatkan karena panggilan suara dilakukan melalui internet yang cenderung lebih terjangkau daripada jalur telepon konvensional.

  • Membutuhkan Komunikasi Real-time

SIP Trunk menyediakan layanan komunikasi real-time yang dapat membantu perusahaan Anda untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

  • Perluasan Cabang atau Lokasi

Jika perusahaan Anda memiliki banyak cabang atau lokasi, SIP Trunk memudahkan untuk menghubungkan semua lokasi tersebut dalam satu jaringan komunikasi.

  • Menggunakan Teknologi Cloud

SIP Trunk akan memudahkan meningkatkan performa komunikasi bagi perusahaan yang menggunakan teknologi cloud.

Langkah-langkah untuk Beralih ke Teknologi SIP Trunk

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda terapkan saat ingin beralih ke teknologi SIP Trunk:

  • Evaluasi Kebutuhan Bisnis

Pertama, identifikasi kebutuhan komunikasi perusahaan Anda, termasuk panggilan jarak jauh, jumlah pengguna, dan perkiraan panggilan harian.

  • Pilih Provider Layanan

Pilihlah provider layanan SIP Trunk yang terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

  • Perencanaan dan Implementasi

Rencanakan proses migrasi ke teknologi SIP Trunk serta implementasikan perubahan ini dengan bertahap untuk menghindari gangguan.

  • Tes dan Evaluasi

Lakukan pengecekan dan evaluasi setelah beralih ke SIP Trunk untuk memastikan semua sistem berfungsi dengan baik.

  • Pelatihan Pengguna

Berikan pelatihan kepada para pengguna tentang penggunaan teknologi SIP Trunk yang baru.

  • Monitoring dan Perawatan

Terakhir, jangan lupa untuk pantau kinerja sistem secara teratur dan lakukan perawatan berkala untuk menjaga kualitas komunikasi.

Baca juga: Inilah 7 Kerugian yang Didapat Apabila Tidak Menggunakan SIP Trunk

Gunakan Teknologi SIP Trunk untuk Optimalkan Komunikasi Bisnis Anda!

Dengan beralih ke teknologi SIP Trunk, perusahaan Anda dapat mengoptimalkan komunikasi bisnis. SIP Trunk juga menyediakan fitur-fitur unggulan dan banyaknya manfaat sehingga Anda dapat menghemat biaya, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan produktivitas.

Anda bisa mendapatkan layanan SIP Trunk ini melalui kami, Ivosights. Kami menyediakan layanan berupa teknologi-teknologi yang memudahkan komunikasi perusahaan menggunakan panggilan telepon, termasuk melakukan dan menerima panggilan. Penggunaan SIP Trunk juga memberikan fitur-fitur lebih dibandingkan jaringan telepon biasa dengan biaya yang jauh lebih murah. 

Layanan SIP Trunk kami juga sudah didukung dengan IP PBX Telephony sehingga Anda bisa melakukan panggilan dari perangkat apapun yang terkoneksi internet dimana saja Anda berada, bahkan ketika tidak berada di area kantor perusahaan Anda. Tambah lagi, perusahaan kami juga sudah mendapatkan lisensi resmi dari Kementrian Komunikasi dan Informatika, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas keamanan layanan kami. Jika Anda tertarik, segera hubungi tim Ivosights untuk mendapatkan solusi untuk mendukung sistem telephony perusahaan Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami