Apa Saja Komponen-Komponen Utama dalam SIP Trunk?

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 02 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - SIP Trunk. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - SIP Trunk. Shutterstock

"Sebagai salah satu penyedia komunikasi berbasis IP, SIP Trunk menggunakan beberapa komponen berikut untuk dapat bekerja."

Dalam dunia komunikasi bisnis yang semakin maju, teknologi SIP Trunk menjadi salah satu solusi terkini untuk menyampaikan layanan suara dan data melalui jaringan IP. Selain memberikan banyak manfaat, penggunaan SIP Trunk menghemat biaya yang harus dikeluarkan perusahaan jika dibandingkan dengan jalur telepon konvensional. Selain mengetahui lebih lanjut tentang pengertian SIP Trunk, Anda juga akan dikenalkan ke beberapa komponen utama pendukung teknologi SIP Trunk pada artikel berikut ini.

Kenali Apa Itu Teknologi SIP Trunk

SIP Trunk adalah sebuah teknologi yang memungkinkan pengiriman sinyal suara, video, dan data melalui Internet menggunakan protokol VoIP (Voice over Internet Protocol). Dalam implementasinya, SIP Trunk menggantikan jalur telepon konvensional berbasis fisik dengan jalur komunikasi digital melalui koneksi internet. Dengan teknologi ini, Anda dapat melakukan panggilan telepon melalui internet yang lebih praktis dan memberi banyak keuntungan.

Perbedaan SIP Trunk dengan Jalur Telepon Konvensional

Perbedaan SIP Trunk dengan jalur telepon konvensional terletak pada infrastruktur pendukungnya. Sebelum adanya teknologi SIP Trunk, jalur telepon konvensional menggunakan jalur fisik berbasis kabel tembaga untuk menghubungkan telepon antar perangkat. Di sisi lainnya, SIP Trunk menggunakan jaringan IP sehingga tidak perlu adanya perangkat keras. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menghemat biaya dan meningkatkan fleksibilitas dalam sistem komunikasi mereka.

Baca juga: Kelemahan Jalur Telepon Konvensional Dibandingkan dengan SIP Trunk

Apa Saja Komponen-Komponen Utama SIP Trunk?

Berikut ini adalah komponen-komponen utama yang ada dalam SIP Trunk:

  • IP-PBX (Private Branch Exchange)

IP-PBX merupakan sebuah perangkat lunak atau perangkat keras yang berfungsi sebagai pusat sistem telepon dalam perusahaan. IP-PBX bertugas untuk mengatur serta mengelola panggilan telepon antar pengguna dalam jaringan IP, baik dalam internal perusahaan maupun antara kantor cabang.

  • Gateway SIP

Selanjutnya adalah gateway SIP yang berperan sebagai penghubung antara jaringan telepon IP dengan jaringan telepon konvensional. Gateway ini bisa mengubah sinyal analog dari telepon konvensional menjadi sinyal digital yang dapat diproses oleh jaringan IP dan begitu juga sebaliknya.

  • SIP Trunk Provider

SIP Trunk provider adalah pihak penyedia layanan SIP Trunk. Mereka bertugas menyediakan saluran komunikasi digital yang berfungsi untuk menghubungkan perusahaan ke jaringan telepon publik atau penyedia layanan telepon lainnya. SIP Trunk provider juga menyediakan nomor telepon virtual dan kapasitas panggilan sesuai kebutuhan perusahaan.

  • Codec

Codec adalah alat atau software yang mengkodekan dan mendekodekan sinyal suara atau video menjadi format digital tertentu. Dalam teknologi SIP Trunk, codec digunakan untuk mengompresi data suara agar dapat ditransmisikan melalui jaringan IP dengan cepat dan efisien.

  • Router dan Switch

Terakhir, router dan switch yang disebut sebagai suatu perangkat jaringan. Fungsi keduanya adalah mengatur aliran data dan mengarahkan panggilan telepon ke tujuan yang tepat. Router menghubungkan jaringan IP perusahaan ke Internet, sementara switch mengatur lalu lintas data dalam jaringan lokal.

Perbedaan Komponen SIP Trunk dengan Jalur Telepon Konvensional

Inilah beberapa perbedaan komponen SIP Trunk dengan jalur telepon konvensional:

  • Penggunaan Jaringan IP

Dalam SIP Trunk, panggilan telepon dilakukan melalui jaringan IP menggunakan Internet. Sedangkan pada jalur telepon konvensional, panggilan menggunakan jalur fisik berbasis kabel tembaga.

  • Penghematan Biaya

Teknologi SIP Trunk bisa memotong biaya panggilan antar wilayah atau negara karena menggunakan jaringan IP. Sementara itu, jalur telepon konvensional membutuhkan biaya yang cukup tinggi ketika melakukan panggilan jarak jauh.

  • Skalabilitas

SIP Trunk memungkinkan perusahaan untuk dengan mudah menambah atau mengurangi kapasitas panggilan sesuai kebutuhan. Hal ini sangat menguntungkan bagi perusahaan yang mengalami fluktuasi panggilan telepon. Berbeda dengan jalur telepon konvensional yang tidak cocok digunakan untuk mendukung perusahaan yang sedang berkembang.

  • Integrasi dengan Aplikasi Lain

Teknologi SIP Trunk dapat dengan mudah diintegrasikan dengan aplikasi bisnis lainnya, seperti CRM (Customer Relationship Management) atau sistem call center. Dengan begitu, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam pengelolaan panggilan telepon.

Baca juga: Inilah 5 Tanda-Tanda Perusahaan Anda Membutuhkan SIP Trunk

Percayakan Ivosights sebagai Provider Penyedia Teknologi SIP Trunk Terpercaya!

Itulah beberapa komponen-komponen utama pendukung SIP Trunk. Dari penjelasan di atas, pastinya Anda sudah menyimpulkan betapa menariknya penggunaan SIP Trunk untuk perusahaan Anda. Untuk mendapatkannya, Anda diharuskan untuk mempertimbangkan provider penyedia teknologi tersebut yang terpercaya oleh banyak klien.

Kebetulannya, Ivosights menyediakan beberapa teknologi pendukung komunikasi perusahaan, termasuk komunikasi internal maupun eksternal dari perusahaan. Dengan menggunakan SIP Trunk, Anda dapat mengurangi biaya operasional perusahaan terkait infrastruktur telepon tradisional, menyesuaikan kapasitas komunikasi sesuai kebutuhan, serta menggabungkan berbagai jenis komunikasi dalam satu platform tunggal, mulai dari suara, panggilan video, hingga pesan data.

Tak hanya itu, Ivosights juga termasuk salah satu provider SIP Trunk terpercaya. Hal ini karena kami sudah mendapatkan lisensi resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika sehingga Anda tidak perlu meragukan lagi jasa kami. Tunggu apalagi? Segera lakukan konsultasi dengan kami terkait pemasangan sistem SIP Trunk ini.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami