Kelemahan Jalur Telepon Konvensional Dibandingkan dengan SIP Trunk

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 27 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - SIP Trunk. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - SIP Trunk. Shutterstock

"Inilah beberapa kelemahan jalur telepon konvensional yang membuat Anda seharusnya menggunakan layanan SIP Trunk"

Layanan call center perusahaan menggunakan saluran telepon untuk dapat terhubung dengan para pelanggannya. Namun, layanan yang beroperasi hampir setiap saat dapat menimbulkan keborosan dalam biaya operasionalnya. Salah satu solusi yang terbaik adalah menggunakan SIP Trunk. Selain lebih mahal, penggunaan jalur telepon konvensional memiliki beberapa kekurangan jika dibandingkan dengan SIP Trunk. Apa saja kelemahan jalur telepon konvensional yang dimaksud? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian SIP Trunk

SIP Trunk adalah sebuah protokol komunikasi yang mendukung perusahaan untuk melakukan panggilan telepon melalui internet. Lebih singkatnya, SIP Trunk dapat menggantikan jalur telepon konvensional dengan koneksi internet sehingga perusahaan dapat berkomunikasi secara lebih efisien dan hemat biaya.

Apa Saja Perbedaan SIP Trunk dengan Jalur Telepon Konvensional?

Inilah sejumlah perbedaan SIP Trunk dengan jalur telepon konvensional:

  • Infrastruktur Fisik

Perbedaan utama antara SIP Trunk dan jalur telepon konvensional dilihat dari infrastruktur yang digunakan. Jalur telepon konvensional menggunakan kabel fisik untuk menghubungkan telepon dan perangkat komunikasi, sementara SIP Trunk menggunakan internet sebagai media komunikasi. Dengan ini, SIP Trunk jadi lebih fleksibel dan mudah diatur.

  • Biaya Komunikasi

Kemudian, jalur telepon konvensional seringnya membutuhkan biaya komunikasi yang tinggi, terutama saat melakukan panggilan jarak jauh atau internasional. SIP Trunk menjadi pilihan yang lebih ekonomis karena menggunakan internet untuk melakukan panggilan.

  • Skalabilitas

SIP Trunk dapat menambah atau mengurangi kapasitas panggilan sesuai kebutuhan perusahaan tanpa harus memasang atau memindahkan banyak kabel fisik. Di sisi lain, jalur telepon konvensional memerlukan hardware tambahan untuk meningkatkan kapasitas sehingga memakan waktu dan biaya.

  • Fitur Lengkap

SIP Trunk juga menawarkan berbagai fitur komunikasi yang canggih, seperti panggilan konferensi, voice over IP (VoIP), dan pesan suara. Fitur-fitur ini dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam berkomunikasi dengan klien dan rekan kerja.

Baca juga: 5 Bisnis yang Membutuhkan SIP Trunk

Apa Saja Fungsi SIP Trunk dalam Melakukan Panggilan?

Berikut adalah beberapa fungsi penting SIP Trunk dalam melakukan panggilan:

  • Penggabungan Panggilan (Call Aggregation)

SIP Trunk dapat menggabungkan banyak panggilan dalam satu saluran telepon sehingga meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya.

  • Integrasi dengan Sistem PABX dan PBX

SIP Trunk dapat terintegrasi dengan sistem PABX (Private Branch Exchange) atau PBX (Private Branch Exchange) yang telah ada. Dengan ini, perusahaan dapat menggunakan perangkat keras yang ada tanpa melakukan investasi tambahan.

  • Kualitas Panggilan yang Lebih Baik

Dengan menggunakan jaringan data IP, SIP Trunk dapat menyediakan kualitas panggilan suara yang lebih baik dan jernih, bahkan ketika panggilan dilakukan dalam skala internasional.

  • Pengalihan Panggilan yang Cepat

SIP Trunk memudahkan perusahaan untuk mengalihkan panggilan ke nomor telepon atau ke kantor cabang lainnya di lokasi yang berbeda.

  • Penerapan Nomor Telepon Virtual

Dengan SIP Trunk, perusahaan dapat menggunakan nomor telepon virtual mendukung perusahaan untuk membuat nomor telepon lokal di berbagai wilayah tanpa harus memiliki infrastruktur fisik.

  • Mendukung Komunikasi Real-Time

SIP Trunk juga mendukung komunikasi real-time secara efektif, termasuk dalam bentuk panggilan suara, video, dan pesan teks.

  • Keamanan yang Ditingkatkan

SIP Trunk menyediakan protokol keamanan untuk melindungi panggilan dari ancaman keamanan, seperti peretasan dan serangan DDoS.

  • Mengelola Lalu Lintas Panggilan

Terakhir, SIP Trunk memberikan akses ke alat analisis lalu lintas panggilan sehingga pemantauan dan pengelolaan penggunaan panggilan dapat berjalan secara efisien.

Cara Beralih dari Jalur Telepon Konvensional ke SIP Trunk

Inilah beberapa cara beralih dari jalur telepon konvensional ke SIP Trunk:

  • Evaluasi Kebutuhan Bisnis

Pertama, lakukan identifikasi apa saja kebutuhan komunikasi perusahaan. Tentukan juga apakah penggunaan SIP Trunk sesuai untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

  • Pilih Penyedia Layanan

Pilihlah penyedia SIP Trunk yang handal dan berpengalaman yang dapat memberikan layanan panggilan telepon yang berkualitas.

  • Konfigurasi Sistem

Lakukan konfigurasi sistem dan infrastruktur untuk mengintegrasikan SIP Trunk dengan sistem telepon perusahaan.

  • Uji Coba dan Pelatihan

Kemudian, lakukan uji coba untuk memastikan bahwa sistem SIP Trunk berfungsi dengan baik. Berikan juga pelatihan kepada tim call center untuk menggunakan fitur-fitur baru yang disediakan oleh SIP Trunk.

  • Beralih Secara Bertahap

Terakhir, lakukan migrasi secara bertahap dari jalur telepon konvensional ke SIP Trunk untuk menghindari gangguan layanan.

Baca juga: Mana Jenis SIP Trunk yang Cocok untuk Bisnis Anda? Ini jawabannya!

Ivosights, Salah Satu Provider Penyedia SIP Trunk Terpercaya

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, SIP Trunk dapat membantu perusahaan menghemat biaya, meningkatkan efisiensi, dan memberikan layanan pelanggan yang lebih baik. Hal ini tentu lebih baik dibandingkan jalur telepon konvensional yang kurang bisa mendukung operasional perusahaan saat ini. Untuk mendapatkan layanan SIP Trunk, Anda bisa menjatuhkan pilihan Anda ke Ivosights.

Sebagai penyedia end-to-end contact center solutions sekaligus bergerak di layanan customer engagement, Ivosights menghadirkan juga layanan SIP Trunk. Dengan menggunakan SIP Trunk milik Ivosights, Anda dapat mengurangi biaya komunikasi dan mengakses panggilan dari berbagai lokasi. Selain itu, SIP Trunk juga dapat mengenkripsi panggilan sehingga terjamin keamanannya. Segera dapatkan SIP Trunk dari tim kami untuk meningkatkan efisiensi panggilan telepon perusahaan Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami