Sales Call, Strategi Marketing yang Efektif

Sociomile,BPO Contact Center | Senin, 01 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Call center. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Call center. Shutterstock.

Sales call adalah salah satu strategi marketing yang tidak boleh dilewatkan. Dengan menerapkan strategi yang satu ini Anda dapat mempermudah penjualan dan meningkatkan sales secara langsung. Ingin mengetahui lebih lanjuat mengenai sales call? yuk intip pada artikel yang satu ini!

Apa Itu Sales Call?

Sales call adalah pertemuan tatap muka yang telah diatur sebelumnya antara tenaga penjualan dan prospek dengan tujuan melakukan penjualan. Pertemuan ini sangat penting, karena merupakan satu-satunya kesempatan untuk meninggalkan kesan yang baik pada calon pelanggan dan berbagi informasi tentang produk atau layanan yang dijual.

Meskipun lewat percakapan telepon awal antara sales dan calon pelanggan adalah jenis yang strategi untuk mengikat pelanggan itu sendiri, Hal tersebut memiliki tujuan untuk menjual produk atau layanan. Oleh karena itu disebut sales call.

Moto dari sales call adalah untuk menentukan kebutuhan prospek dan seberapa cepat dia membutuhkan solusi dari kesulitannya yang dihadapi prospek tersebut. Tetapi untuk memahami metrik tersebut, sales call harus direncanakan dan satu demi satu langkah harus diikuti.

Jenis Sales Call

Metode yang berbeda diadopsi untuk menangani berbagai jenis sales call. Untuk melakukannya, sales harus memiliki pengetahuan mendalam tentang berbagai jenis sales call. Berikut adalah jenis sales call yang harus Anda ketahui!

#1 Cold Call

Ini adalah proses permintaan pelanggan potensial yang tidak memiliki indikasi sebelumnya untuk menerima panggilan dari sales call. Dengan kata lain, ini adalah panggilan tak terduga. Tujuan dari panggilan ini adalah untuk menemukan kebutuhan dari lead. Ini adalah metode lama dan tradisional untuk menemukan pelanggan.

#2 Warm Call

Ketika panggilan dilakukan ke prospek dengan indikasi sebelumnya oleh beberapa jenis kontak seperti email, referal atau pertemuan dalam acara atau konferensi apa pun, itu disebut warm call. Dalam proses ini, ketika customer services memanggil prospek, kontak sebelumnya bertindak sebagai problem solved. Ini adalah cara yang efisien untuk menemukan petunjuk yang baru.

#3 Sales Appointment Call

Ini adalah panggilan terjadwal di mana perwakilan sales dan prospek telah sepakat untuk berdiskusi bisnis. Mungkin panggilan telepon atau diskusi tatap muka yang memungkinkan penjual untuk mempresentasikan produk atau layanan kepada prospek.

#4 Follow Up Call

Follow Up Call adalah kegiatan untuk memantau kemajuan perjalanan pelanggan terhadap produk atau layanan Anda. Ini adalah tahap yang sangat penting dari saluran penjualan yang dilewatkan oleh sebagian besar tenaga penjualan. Anda dapat mengukur posisi prospek melalui panggilan ini untuk produk dan layanan Anda. Juga, Anda akan memiliki kesempatan untuk memelihara prospek.

Manfaat Sales Call

Ada banyak manfaat menggunakan sales call dalam tim Marketing. Sales supervisor dapat menganalisis data dari laporan, menggunakannya untuk menyesuaikan strategi tim penjualan di masa mendatang dan membandingkannya dengan data kompetitor.

Laporan sales call dapat menguntungkan perusahaan atau brand Anda seperti berikut ini:

Mengidentifikasi Tren

Selama panggilan, prospek terkadang mendiskusikan tren yang terjadi di industri, yang dapat membantu sales supervisor mempelajari informasi industri baru dan tetap mengikuti perkembangan. Ini memberi mereka kesempatan untuk memahami apa yang dilakukan kompetitor, yang dapat membantu mereka memandu Anda dan tim Anda untuk mencapai lebih banyak penjualan. Mengidentifikasi tren juga dapat membantu tim penjualan Anda meningkatkan strategi penjualannya.

Memberikan Wawasan

Supervisor sering menggunakan informasi dalam laporan sales call untuk menganalisis elemen panggilan dan mempelajari bagaimana penjualan mereka berhasil dan di area mana mereka dapat menggunakan lebih banyak melakukan trial and error. Misalnya, supervisor Anda mungkin memeriksa bagian laporan sales call tim Anda dan mengetahui bahwa banyak CS yang menghabiskan waktu lama di awal panggilan penjualan.

Supervisor Anda kemudian dapat membuat materi pelatihan yang menjelaskan durasi yang benar dari berbagai bagian sales call, yang dapat membantu Anda meningkatkan tingkat keberhasilan sales calln dengan memindahkan lebih banyak klien melalui saluran penjualan perusahaan.

Meningkatkan Akuntabilitas Karyawan

Laporan sales call adalah alat akuntabilitas yang efektif. Ketika supervisor meninjau laporan sales call, itu dapat memotivasi Anda untuk memberikan setiap panggilan upaya terbaik Anda, yang dapat meningkatkan hasil penjualan Anda. Menutup banyak penjualan juga dapat memotivasi manajer untuk memberi Anda ulasan kinerja yang positif, yang dapat membantu Anda memajukan karir Anda di dalam perusahaan.

Memahami Area yang Harus Ditingkatkan

Laporan sales call dapat membantu Anda mendapatkan wawasan tentang area mana yang mungkin ingin Anda cari pelatihan tambahan. Sebagai inspirasi, pertimbangkan untuk meminta supervisor Anda memberikan beberapa saran dan memberikan materi pelatihan. Mereka mungkin memberikan pelatihan yang dipersonalisasi yang dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan tertentu. Misalnya, jika Anda memperhatikan bahwa Anda sering membuat bagian persiapan singkat dalam laporan panggilan penjualan dan Anda tertarik untuk meningkatkan jumlah penjualan yang berhasil Anda tutup, Anda dapat meminta saran supervisor Anda tentang cara mempersiapkan sebelum melakukan panggilan, yang dapat membantu Anda menutup lebih banyak penjualan.

Kesimpulan

Sales call adalah salah satu metode marketing yang tidak boleh dilewatkan oleh perushaan. Karena dengan hal tersebut pelanggan akan mendapatkan engagement-nya sendiri. Ini adalah cara terbaik untuk perusahaan Anda untuk menaikan penjualan! BPO Command Center adalah layanan sales call yang dapat Anda gunakan, dengan hal tersebut Anda tidak perlu untuk menginisiasi lebih lanjut lagi, segera gunakan BPO Command Center sekarang juga! Info lebih lanjut klik disini!

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.