Keuntungan Menjalankan Telemarketing bagi Perusahaan

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 15 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telemarketing
Ket. foto: Ilustrasi - Telemarketing

"Telemarketing adalah salah satu strategi yang ampuh dalam menjual produk dan layanan jasa bagi perusahaan"

Ada berbagai macam strategi marketing yang dilakukan perusahaan dalam menjalankan bisnis. Dalam era digital, melakukan penjualan jadi terasa lebih mudah saat menjalankannya. Telemarketing juga menjadi salah satu strategi andalan di era teknologi saat ini. Terlebih, mudahnya info yang bisa didapat oleh perusahaan membuat banyak kemungkinan menarik pelanggan lewat panggilan telepon. Selain itu, lebih mudahnya menarik pelanggan setia memunculkan banyak alasan mengapa masih banyak perusahaan menggunakan strategi ini.

Telemarketing tidak dapat dikatakan sebagai strategi kuno yang dijalankan oleh perusahaan. Hal itu karena ada banyak orang yang merasa tertarik dengan penjualan yang dilakukan lewat panggilan. Selain itu, telemarketing juga membuat perusahaan lebih untung dalam melakukan penjualan karena lebih menghemat waktu dan mengurangi beban biaya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan keuntungan-keuntungan apa saja yang akan didapatkan perusahaan dalam menjaalnkan telemarketing.

Baca Juga: Mengenal Telemarketing: Pengertian, Tujuan dan Peran

Telemarketing bagi Perusahaan

Perusahaan yang menawarkan barang atau layanan jasa memiliki segudang strategi untuk menjual produk-produk mereka. Telemarketing menjadi strategi ampuh untuk berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan. Melakukan panggilan telepon dalam menawarkan produk akan lebih muda mendapat respon penerimaan ataupun penolakan dari calon pembeli sehingga sukses atau tidaknya sebuah produk yang dijual dapat langsung terdeteksi.

Perusahaan biasanya tidak mau untuk menanggung banyak biaya dalam melakukan pemasaran produk-produk mereka. Hal ini dikarenakan sudah banyak biaya yang dikeluarkan dalam menggaji karyawan dan hal-hal lainnya. Untuk itu, telemarketing digunakan sebagai solusi untuk menekan biaya. Penjelasan informasi mengenai sebuah produk atau layanan jasa dalam satu panggilan telepon tentu lebih murah jika dibandingkan membayar jutaan rupiah untuk sebuah iklan di televisi.

Keuntungan dalam Menjalankan Telemarketing untuk Perusahaan

Berikut ini adalah beberapa keuntungan dalam menjalankan telemarketing bagi perusahaan. Simak penjelasan di bawah ini:

  • Meningkatkan Penjualan

Salah satu tujuan utama dalam melakukan telemarketing bagi sebuah perusahaan adalah untuk meningkatkan penjualan pada produk maupun layanan jasa. Dengan melakukan telemarketing, perusahaan dapat melakukan beberapa riset data dalam memasarkan produk. Peningkatan penjualan juga dilakukan sebagai hasil untuk membangun niat untuk membeli bagi pelanggan saat menerima panggilan telepon.

Biasanya, aktivitas telemarketing akan membuat target untuk beberapa pelanggan spesifik yang sekiranya mau atau memiliki potensi membeli. Selain itu, potensi untuk menutup penjualan dengan strategi ini juga sangat memungkinkan karena telemarketing juga diandalkan sebagai pemasaran jarak jauh bagi perusahaan untuk pelanggan. Hal ini dibuktikan karena beberapa pelanggan lebih nyaman melakukan transaksi dalam pembelian produk menggunakan panggilan jika dibandingkan dengan melakukan pemeblian secara langsung. 

  • Peluang untuk Melakukan Follow-up

Dibandingkan dengan melakukan follow-up setelah acara publik saat menawarkan produk atau layanan jasa, tentu akan jauh lebih mudah menindaklanjuti calon pelanggan dengan telemarketing. Telemarketing masih menjadi cara ampuh untuk melakukan follow-up kepada pelanggan karena perusahaan memiliki kontak dan detail calon pelanggan. 

Selain itu, perusahaan juga akan lebih mudah menjangkau kegiatan follow-up dan tidak lupa dengan rincian calon pelanggan. Kegiatan follow-up ini juga mempermudah pengetahuan perusahaan dalam mendapatkan informasi apakah pelanggan jadi membeli produk atau layanan jasa yang ditawarkan. Sebagai contoh, perusahaan dapat mendeteksi pelanggan yang enggan melanjutkan proses pembelian dengan cara mengetes apakah membalas pesan yang telah dikirimkan melalui email atau saat melakukan panggilan telepon.

  • Mendapat Informasi Pelanggan

Sudah bukan rahasia lagi jika melakukan telemarketing akan membuat perusahaan lebih mudah untuk mendapat informasi pelanggan. Melalui percakapan di telepon, perusahaan biasanya akan menilai cara berbicara seorang pelanggan dan mendeteksi apakah pelanggan tersebut memiliki potensi menjadi pelanggan setia. Selain itu, perusahaan juga biasanya akan menanyakan beberapa kontak yang dapat dihubungi seperti nomor telepon atau alamat email.

Dengan mendpaat informasi pelanggan, perusahaan jadi mampu melakukan penyortiran untuk nomor-nomor telepon yang sering digunakan atau bahkan tidak aktif agar tidak membuang-buang waktu untuk menghubungi. Selain itu, perusahaan juga akan mendapat data tingkat kepuasan dan ketidakpuasan pelanggan yang sangat berguna untuk tim pemasaran.

Baca Juga: 5 Perbedaan Telesales dan Telemarketing yang Perlu Anda Ketahui

  • Meningkatkan Kesan untuk Pelanggan

Strategi penjualan memang akan sangat berkesan jika calon pembeli dapat berkomunikasi secara langsung dengan perusahaan. Dengan melakukan komunikasi secara langsung, pembeli akan merasakan pengalaman yang berkesan saat ditawarkan secara langsung produk atau layanan jasa. Meningkatkan kesan untuk pelanggan dalam strategi telemarketing juga akan meningkatkan brand awareness suatu perusahaan.

Lebih lanjut, citra positif akan terbangun bagi perusahaan di mata pelanggan. Menjelaskan produk secara detal dan langsung tentunya akan lebih mudah jika dilakukan secara langsung dibandingkan dengan hanya menyuruh pelanggan membaca deskripsi sebuah produk. Selain itu, pelanggan juga akan lebih mudah untuk bertanya tentang penjelasan yang kurang dimengerti. Singkatnya, perusahaan dapat meningkatkan kesan yang baik bagi pelanggan dengan menggunakan telemarketing.

Ivosights Memiliki Solusi Telemarketing untuk Perushaanmu!

Melakukan telemarketing memang menyulitkan bagi beberapa perusahaan. Untuk itu, Ivosights memiliki solusi dalam hal ini. Dengan menggunakan Sociomile, kamu dapat melakukan layanan telemarketing dengan aman dan lancar. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, hubungi Ivosights untuk melakukan telemarketing segera!

Telemarketing merupakan strategi bisnis yang seringkali digunakan untuk memasarkan produk. Namun, tentu saja memiliki beberapa kendala dalam melakukannya. Perusahaan mengetahui seberapa banyak keuntungan yang akan mereka dapatkan saat melakukan strategi telemarketing. Itulah 5 keuntungan dalam menjalankan telemarketing bagi perusahaan. Semoga bermanfaat! 

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami