Ketahui On-Premise Contact Center Server serta Manfaatnya

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 05 Mei 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Contact center. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Contact center. Shutterstock

"On-premise contact center server adalah sistem contact center dengan kontak langsung yang diinstal oleh perusahaan di infrastruktur teknologi informasi (TI)"

Contact center merupakan suatu pusat panggilan yang berfungsi mengelola interaksi pelanggan dari suatu perusahaan. Interaksi ini dapat dilakukan melalui berbagai saluran, seperti panggilan telepon, pesan teks, atau email. Tujuan dari contact center ini yaitu untuk memberikan dukungan layanan yang efisien pada pelanggan sehingga mereka puas dengan pelayanan yang diberikan. Contact center memiliki berbagai macam jenis, salah satunya yaitu on-premise  contact center server. Untuk pemahaman lebih dalam mengenai on-premise contact center server, simak informasinya di bawah ini!

Apa itu On-Premise Contact Center Server?

On-premise contact center server adalah sistem contact center dengan kontak langsung yang diinstal oleh perusahaan di infrastruktur teknologi informasi (TI). Jenis contact center ini di hosting langsung perangkat lunaknya pada cloud dan dapat diakses melalui internet.

Pada on-premise contact center server, perusahaan memiliki server kontak langsungnya pada kantor atau ruang server perusahaan. Server kontak langsung ini dapat memberikan kontrol penuh terhadap sistem dan data pelanggan. Hal ini memungkinkan perusahaan menyesuaikan sistem sesuai dengan kebutuhan mereka sendiri.

Sistem on premise contact center juga membutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak yang harus perusahaan instal dan beli. Perusahaan juga bertanggung jawab dalam memelihara dan mengoperasikan sistem ini. Sehingga mereka harus mengelola sistem ini dengan efektif dan memastikan bahwa kinerja dan keamanan sistem terjaga secara baik.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan BPO Contact Center

Kelebihan dan Kekurangan On-Premise Contact Center Server

Dalam penerapannya, On-Premise Contact Center Server memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang dapat dijadikan pertimbangan dalam implementasi contact center server ini. Berikut kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan

  • Perusahaan dalam menggunakan on-premise contact center server ini memiliki kendali penuh atas sistem dan data pelanggan. Keamanan dan privasi data pelanggan juga menjadi salah satu hal yang perusahaan kendalikan. Sehingga keamannnya pun dapat dipastikan terjamin dengan maksimal.
  • Perusahaan dapat menyesuaikan sistem contact center server satu ini sesuai dengan kebutuhan mereka sendiri. Mereka dapat membuat perubahan dan meningkatkan server ini sesuai keperluan tanpa perlu koordinasi dan persetujuan dari pihak lain,
  • Sistem on-premise contact center server memiliki koneksi jaringan yang cepat. Server ini tidak bergantung pada jaringan internet atau infrastruktur cloud lain.
  • Biaya jangka panjang untuk implementasi on-premise contact center server terbilang cukup rendah. Meskipun biaya instalasi dan konfigurasi awal server ini cukup tinggi, biaya jangka panjangnya dapat menjadi lebih mudah karena tidak ada biaya bulanan untuk keamanan hosting ataupun sistem.

Kekurangan

  • Biaya awal dalam pemasangan on-premise contact center server ini cukup tinggi karena perusahaan membeli perangkat keras dan perangkat lunak secara mandiri. Mereka juga harus membayar biaya instalasi dan konfigurasi awal. Hal ini dapat menjadi pengeluaran besar bagi perusahaan yang baru merintis usahanya atau perusahaan yang memiliki anggaran ketat.
  • Biaya pemeliharaan dalam mengoperasikan sistem ini juga menjadi tanggung jawab perusahaan. Pemeliharaan dan pengoperasian on-premise contact center server ini dapat memakan waktu dan biaya yang signifikan dalam jangka waktu panjang.
  • Kapasitas sistem contact center server ini memiliki batasan sumber dayanya dan tidak dapat dengan mudah ditingkatkan ketika ada lonjakan panggilan atau permintaan layanan panggilan. Hal ini akan membuat kepuasan pelanggan dapat berkurang.
  • Dalam memilih on-premise contact center server, perusahaan harus memilihnya dengan hati-hati. Perusahaan harus mampu memilih sistem yang tepat sejak awal untuk menghindari pembengkakakn biaya dan waku yang signifikan.

Manfaat On-Premise Contact Center Server

Dalam implementasi on-premise contact center server selain memiliki kelebihan dan kekurangan juga mempunyai manfaat besar untuk perusahaan. Antara lain sebagai berikut:

  • Terjaminnya keamanan data perusahaan

Karena on-premise contact center server memiliki kendali penuh atas sistem dan data pelanggan, mereka dapat pula mengelola keamanan dan privasi data secara optimal. Sehingga kemanan terjaminan data dapat terwujud dengan baik. Mereka dapat menerapkan kebijakan keamanannya sendiri dan memastikan data pelanggan tersimpan tanpa adanya pihak lain yang dapat mengaksesnya.

  • Memudahkan integrasi

On premise contact center server mampu dengan mudah diintegrasi dengan aplikasi bisnis dan infrastrkutr TI lain yang berada di dalam perusahaan. Hal ini akan memudahkan mereka dalam mengoptimalkan sistem kontak langsung untuk kebutuhan bisnis yang lebih spesifik.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Contact Center Bagi Perusahaan

Fungsi On-Premise Contact Center Server

Beberapa fungsi utama dari on-premise contact center server adalah sebagai berikut: 

  • Manajemen panggilan

Memungkinkan perusahaan mengelola panggilan masuk dan keluar dari pelanggan mereka dengan efisien. Berbagai fitur yang dapat membantu manajemen panggilan ini antara lain pengalihan panggilan, antrian panggilan, rekaman panggilan, dan penanganan panggilan otomatis

  • Manajemen agen

On premise contact center server memungkinkan perusahaan mengelola agen kontak langsung dengan lebih baik. Fitur pemantauan kinerja agen, distribusi panggilan secara merata, pelatihan, dan pengaturan jawal kerja dapat meningkatkan efisiesni agen kontak langsung.

  • Integrasi dengan sistem perusahaan

On premise contact center dapat diintegrasi dengan berbagai sistem perusahaan, seperti sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM) atau sistem manajemen inventaris.

  • Manajemen Multi-Channel

Perusahaan dapat mengelola layanan pelanggan dari berbagai saluran, seperti email atau media sosial.

Dapatkan Contact Center Terbaik di Ivosights

Nah itulah penjelasan tentang on-premise contact center server. Tertarik untuk menerapkan contact center di perusahaan Anda? Segera hubungi Ivosights untuk mendapatkan layanan contact center terbaik di Indonesia.

Layanan ini memiliki agen yang telah terlatih sehingga kualitas pelayanan yang diberikan sudah tidak diragukan lagi. Selain itu,  Fitur-fitur dalam contact center juga berguna untuk membuat pelayanan semakin efektif. Tunggu apa lagi? Hubungi Ivosights sekarang dan rasakan perubahan pada perusahaan Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami