Pengaplikasian Natural Language Processing, Ada Apa Saja?

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 16 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Natural Language Processing. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Natural Language Processing. Shutterstock

"Teknologi natural language processing dapat diaplikasikan ke berbagai bentuk. Gunanya membantu perangkat Anda memproses bahasa dan merespon sesuai keinginan."

Dalam era informasi digital, kemampuan untuk memahami dan memproses bahasa manusia secara efektif sangat berharga. Namun, bahasa manusia memiliki kompleksitas tersendiri yang membuatnya sulit untuk diurai oleh komputer. Disinilah letak peran penting dari Natural Language Processing (NLP). NLP dapat membuat interaksi antara penggunanya dengan mesin jadi semakin mudah.

Pengertian Natural Language Processing

Natural language processing merupakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang berfokus pada pemahaman dan pengolahan bahasa manusia secara alami. Teknologi ini membuat perangkat komputer dapat memahami dan mengolah bahasa manusia dengan cara yang mirip dengan manusia. 

Natural language processing menggunakan algoritma dan teknik komputasional untuk memahami struktur bahasa, mengenali makna, dan menghasilkan respons yang relevan dalam teks atau ucapan.

Bagaimana Pengaplikasian Natural Language Processing dalam Kehidupan Sehari-hari?

Pengaplikasian natural language processing dalam kehidupan sehari-hari telah meluas dan memiliki dampak yang signifikan dalam berbagai aspek. Berikut adalah beberapa contoh pengaplikasian NLP dalam kehidupan sehari-hari:

  • Pencarian dan Penggalian Informasi

Teknologi natural language processing diaplikasikan dalam mesin pencari untuk memahami pertanyaan pengguna dan menghasilkan hasil pencarian yang relevan.

Baca juga: Mengenal Natural Language Processing pada Chat Bot

  • Asisten Virtual dan Chatbot

Beberapa virtual assistant dam chatbot menggunakan natural language processing untuk memahami perintah lisan maupun percakapan teks dengan pengguna untuk dapat memberikan respons yang sesuai.

  • Analisis Sentimen

Teknologi natural language processing digunakan untuk menganalisis apakah terdapat sentimen atau pendapat dalam teks, misalnya pada ulasan produk atau media sosial. 

  • Penerjemahan Mesin

Teknologi natural language processing digunakan dapat digunakan untuk menerjemahkan teks dari satu bahasa ke bahasa lain secara otomatis. Sistem penerjemahan mesin menggunakan teknik NLP untuk memahami struktur dan makna kalimat dalam bahasa asal dan menghasilkan terjemahan yang akurat dalam bahasa tujuan.

  • Sistem Pengenal Ucapan

Sistem pengenal ucapan atau voice recognition dibekali dengan teknologi NLP untuk bisa memahami perintah lisan pengguna. Sistem ini umumnya digunakan dalam aplikasi berbasis suara, sistem navigasi, atau pengenalan ucapan di layanan pelanggan.

  • Analisis Teks Medis

NLP dapat digunakan untuk menganalisis rekam medis elektronik dan membantu meneliti dan diagnosis penyakit.

  • Pemeriksa Tatabahasa dan Otomatisasi Penulisan

Dalam alat pemeriksa tata bahasa otomatis, natural language processingmembantu memperbaiki kesalahan tatabahasa dan ejaan dalam teks. Selain itu, NLP juga digunakan dalam sistem otomatisasi penulisan untuk menghasilkan teks yang sesuai dan bermutu tinggi.

Strategi Pengembangan Teknologi Natural Language Processing

Pelaksanaan strategi pengembangan teknologi natural language processing memiliki serangkaian langkah dan pendekatan untuk meningkatkan kemampuan sistem NLP, yaitu sebagai berikut:

  • Peningkatan Kualitas dan Jumlah Data

Pengembangan teknologi natural language processing membutuhkan akses ke dataset yang berkualitas dan beragam. Strategi satu ini melibatkan pengumpulan dan pengolahan data yang relevan untuk melatih model NLP. 

  • Preprocessing dan Normalisasi Teks

Untuk pengembangan NLP, perlu dilakukan tahapan preprocessing dan normalisasi teks. Untuk mempersiapkan teks untuk diolah lebih lanjut, strategi ini melibatkan pemilihan dan penerapan metode preprocessing yang tepat sesuai dengan tujuan dan sifat dataset yang digunakan.

  • Pemodelan Bahasa dan Deep Learning

Strategi pengembangan natural language processing melibatkan pemilihan dan implementasi metode modeling bahasa yang efektif. Pemilihan arsitektur model yang tepat dan pelatihan dengan data yang sesuai merupakan faktor utama pengaplikasian strategi ini.

  • Kombinasi Pendekatan Rule-based dengan Data-driven

Strategi pengembangan NLP dapat menggabungkan pendekatan rule-based dan pendekatan data-driven. Di mana, aturan gramatikal atau linguistik diprogram secara manual, serta menggunakan data untuk melatih model NLP. Kombinasi pendekatan ini dapat memaksimalkan teknologi natural language processing dalam memahami dan memproses bahasa manusia.

  • Pengenalan dan Penanganan Variasi Linguistik

Strategi satu ini berfokus pada pengenalan dan penanganan variasi linguistik dalam bahasa, misalnya dialek, slang, dan singkatan. Pengembangan teknologi natural language processing harus mempertimbangkan beberapa variasi bahasa seperti ini supaya NLP dapat memahami dan memberikan respons dalam berbagai konteks linguistik.

Baca juga: Chatbot dan Artificial Intelligence, Apa Perbedaan Keduanya?

  • Evaluasi dan Pemantauan Kinerja

Penerapan evaluasi dan pemantauan kinerja sistem natural language processing sangat penting dalam pengembangannya. Pengaplikasian strategi ini menggunakan metrik yang relevan. Pemantauan kinerja sistem NLP juga diperlukan untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah yang mungkin muncul.

  • Pengembangan Berkelanjutan dan Integrasi dengan Teknologi Lain

Pengembangan natural language processing melibatkan pembaruan dan perbaikan teknologi secara terus-menerus. Strategi ini mencakup integrasi NLP dengan teknologi lain seperti Artificial Intelligence (AI) dan Automatic Voice Recognition (ASR). Dengan melakukan integrasi, NLP dapat memperluas kemampuannya serta meningkatkan pengalaman pengguna.

Temukan Teknologi Natural Language Processing dari Fitur Chatbot Sociomile!

Anda sudah melihat betapa bermanfaatnya penggunaan NLP dalam ranah teknologi. Seperti yang telah disebut, NLP diterapkan untuk memahami dan memberi respons sesuai keinginan penggunanya. Tertarik? Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat teknologi natural language processing dari fitur Sociobot milik Ivosights.

Anda bisa menghemat biaya operasional dengan layanan satu ini. Sociobot memudahkan interaksi antara pelanggan dengan bisnis tanpa membutuhkan banyak agen manusia. Bahasa yang digunakan chatbot ini juga terkesan natural berkat dibekali dengan teknologi NLP. Temukan bermacam-macam keunggulan Sociobot dengan berlangganan layanan Sociomile sekarang!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami