Peran Digital Listening Tools dalam Penyusunan Middle Report

Ripple10

,

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Senin, 31 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Report. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Report. Shutterstock

"Siapa sangka, ternyata penyusunan middle report memerlukan bantuan digital listening tools untuk bisa mengumpulkan data-data yang dibutuhkan"

Setiap perusahaan dituntut untuk menghadirkan kampanye yang efektif dan tepat sasaran supaya dapat bersaing dengan perusahaan kompetitor yang sejenis. Hal ini juga memudahkan mereka untuk mendapatkan perhatian dan minat audiens selaku calon pelanggan. Untuk mencapai tujuan tersebut, perusahaan harus mengandalkan data dan informasi akurat dan komprehensif mengenai performa kampanye mereka. Untuk mengetahui lebih jauh terkait performa kampanye, perusahaan dapat memanfaatkan middle report sebagai alat pembantu. Sementara itu, dibutuhkan juga digital listening tools yang berguna untuk mengumpulkan data-data yang akan dianalisis serta ditampilkan dalam hasil middle report. Untuk mengetahui lebih jelas peran digital listening tools dalam penyusunan middle report, simaklah artikel di bawah ini.

Definisi Digital Listening Tools

Digital listening tools dikenal sebagai sebuah software atau platform yang digunakan untuk memonitor, menganalisis, dan memahami percakapan maupun interaksi para pelanggan perusahaan yang terjadi di media sosial dan internet. Digital listening tools menggunakan teknik analisis bahasa alami dan natural language processing untuk dapat mengidentifikasi dan menganalisis sentimen, tren, dan pola perilaku dari pengguna media sosial.

Fungsi-Fungsi Digital Listening Tools, Apa Saja?

Inilah fungsi-fungsi yang dimiliki oleh digital listening tools:

  • Monitoring Media Sosial

Fungsi utama dari digital listening tools adalah untuk memantau dan mengumpulkan data dari berbagai platform media sosial. Fungsi ini digunakan oleh banyak perusahaan untuk mengetahui apa saja yang dikatakan tentang brand mereka, produk maupun layanan, serta perasaan dan pendapat konsumen terhadap perusahaan mereka secara keseluruhan.

  • Analisis Sentimen

Dengan fitur NLP, tools ini dapat mengetahui sifat sentimen dari percakapan pelanggan di media sosial. Baik itu berupa sentimen positif, negatif, atau netral.

  • Pemantauan Tren dan Kata Kunci

Digital listening tools dilengkapi dengan fitur pemantauan tren dan kata kunci sehingga dapat mengidentifikasi topik-topik yang sedang tren serta mendapatkan kata kunci terkait dengan perusahaan Anda.

  • Analisis Pesan Konkuren

Selain memantau brand perusahaan sendiri, digital listening tools dapat digunakan untuk memantau pesan dan performa perusahaan kompetitor.

  • Mengidentifikasi Influencer

Digital listening tools dapat membantu perusahaan mengidentifikasi influencer dan pengguna media sosial dengan jumlah pengikut yang besar. Influencer ini dapat diajak untuk bekerjasama menjadi mitra yang terlibat dalam kampanye pemasaran mereka.

  • Mengukur Efektivitas Kampanye

Melakukan pemantauan dan analisis data dari digital listening tools membuat perusahaan dapat mengukur efektivitas kampanye mereka. Dengan ini, dapat dilakukan evaluasi apakah tujuan kampanye telah tercapai.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dimasukkan ke dalam Data Laporan Digital Monitoring

Pengertian Middle Report Performa Kampanye Bisnis

Middle report adalah laporan yang disusun untuk mengevaluasi hasil dan kinerja kampanye bisnis di tengah pelaksanaannya. Laporan ini biasanya disusun dalam jangka waktu tertentu dan berfungsi untuk memberikan gambaran tentang sejauh mana kampanye telah berjalan sesuai dengan target.

Peran Digital Listening Tools dalam Penyusunan Middle Report

Berikut ini adalah beberapa peran digital listening tools yang membantu menyusun middle report:

  • Mengumpulkan Data yang Akurat

Digital listening tools bisa mengumpulkan data dari berbagai platform media sosial dan internet secara otomatis sehingga laporan hasil middle report berisikan data-data akurat dan real-time.

  • Menganalisis Sentimen dan Respon Konsumen

Selanjutnya, digital listening tools dapat menentukan sifat sentimen dari percakapan konsumen tentang brand ataupun kampanye perusahaan. Dengan ini, laporan middle report dapat menyimpulkan apakah kampanye yang dilakukan mendapatkan respons positif atau perlu ditingkatkan.

  • Menyusun Laporan Performa

Dengan data-data yang diberikan oleh digital listening tools, perusahaan Anda dapat menyusun laporan middle report secara komprehensif. Laporan ini bisa mencakup evaluasi hasil kampanye, analisis sentimen, identifikasi tren, serta rekomendasi perbaikan dan strategi lanjutan.

  • Menyediakan Data Perbandingan

Digital listening tools dapat menyediakan data perbandingan performa kampanye dari periode sebelumnya. Dengan demikian, perusahaan dapat melihat perubahan dan perkembangan yang terjadi dari waktu ke waktu middle report.

  • Memberikan Insight untuk Pengambilan Keputusan

Terakhir, digital listening tools bisa memberikan insight penting yang digunakan untuk pengambilan keputusan bisnis dalam middle report. Dengan ini, perusahaan bisa menyesuaikan atau meningkatkan strategi kampanye supaya berhasil mencapai target.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Middle Report Memerlukan Digital Listening Tools

Dapatkan Layanan Comprehensive Analytics Hanya di Ripple10

Itulah sedikit pemaparan mengenai peran digital listening tools dalam penyusunan middle report. Dalam kesimpulannya, digital listening tools dapat memberikan informasi-informasi penting dan relevan yang akan ditampilkan dalam middle report. Hal ini disebabkan karena tools tersebut mampu memantau dan mengumpulkan data dari berbagai media sosial dan internet.

Untuk menganalisis data-data terkait kampanye perusahaan secara keseluruhan, Anda bisa menggunakan layanan comprehensive analytics dari Ivosights. Layanan kami bisa menghasilkan laporan hasil dari digital monitoring dalam bentuk berbagai grafik dan visual data sehingga memudahkan Anda untuk membaca dan memahaminya. Dengan comprehensive analytics, Anda akan mendapatkan data berupa performance growth, trending issues, engagement rate, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, kami juga menghadirkan Ripple10, sebuah digital listening tools yang memuat berbagai fitur. Dengan Ripple10, Anda bisa menganalisis brand perusahaan dengan kata kunci, menilai bagaimana sentimen pelanggan, serta memantau tren yang terjadi dalam media sosial saat ini. Jika Anda berminat untuk mempertimbangkan kedua layanan tersebut, Anda bisa menghubungi tim kami untuk mendapatkan penjelasan yang terkait!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami