Dengarkan Setiap Pendapat Netizen pada Bisnis Pakai Digital Monitoring

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 17 April 2023
Ket: Ilutrasi - Digital monitoring. Shutterstock
Ket: Ilutrasi - Digital monitoring. Shutterstock

"Opini netizen menjadi sangat penting untuk kemajuan sebuah bisnis. segera identifikasi opini customer dengan menggunakan digital monitoring pada bisnis anda"

Sebuah asumsi dapat berbentuk negatif dan positif, tergantung dilihat darimana perspektif masing-masing. Pendapat juga sering memiliki sifat yang membangun sampai menjatuhkan. Sebuah bisnis dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan adalah dengan pengetahuan mengenai pendapat para customer atau netizen mengenai bisnis atau perusahaan yang dimiliki. Maka dari itu pengusaha atau perusahaan membutuhkan digital monitoring untuk memantau dan menganalisis itu semua.

Digital monitoring adalah pengumpulan dan analisis data yang dilakukan secara otomatis dan kontinu untuk memantau kinerja dan perilaku sistem atau aplikasi secara real-time. Digital monitoring dapat melibatkan pengumpulan data seperti penggunaan aplikasi, performa sistem, ketersediaan layanan, dan interaksi pelanggan, kemudian menganalisis data untuk mendeteksi masalah atau peluang untuk meningkatkan kinerja sistem atau aplikasi.

Digital monitoring umumnya dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak khusus yang dapat mengumpulkan dan menganalisis data secara terus menerus. Data yang dikumpulkan kemudian dapat diolah dan disajikan dalam bentuk laporan dan dashboard yang memberikan informasi tentang kinerja sistem atau aplikasi, termasuk masalah yang terjadi dan tindakan yang perlu diambil untuk memperbaikinya.

Digital monitoring sangat penting untuk bisnis online dan layanan digital lainnya yang bergantung pada performa sistem yang baik untuk memberikan pengalaman pelanggan yang memuaskan. Dengan menggunakan digital monitoring, bisnis dapat dengan cepat mendeteksi masalah dan meresponsnya dengan cepat, memastikan bahwa layanan pelanggan tetap tersedia dan kinerja sistem tetap optimal.

Baca Juga: Bangkitkan Bisnismu. Yuk, Simak Ulasan Fitur-fitur Digital Monitoring

Mengapa Digital Monitoring dapat Menganalisis Pendapat Netizen?

Salah satu cara untuk memantau percakapan netizen adalah dengan menggunakan alat analisis media sosial. Alat ini dapat memantau konten yang diposting pada platform media sosial tertentu, termasuk tweet, posting Facebook, dan lain-lain. Data yang dihasilkan kemudian dapat dianalisis untuk menemukan tren dan pola, serta sentimen yang terkait dengan merek atau topik tertentu. dengan ini, digital monitoring dapat dimanfaatkan dengan baik.

Selain itu, perusahaan dapat menggunakan alat analisis reputasi online, yang memungkinkan mereka untuk memantau dan mengukur opini netizen tentang merek mereka. Dengan menggunakan alat ini, perusahaan dapat melacak bagaimana merek mereka dipersepsikan di media sosial dan platform online lainnya, dan dapat merespon masalah atau isu yang muncul dengan cepat dan efektif. Hal tersebut membuktikan bahwa digital monitoring dapat melakukan hal yang instant untuk sebuah bisnis atau perusahaan.

Digital monitoring juga dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak khusus yang memungkinkan perusahaan untuk memantau situs web, forum, dan platform online lainnya untuk menemukan informasi yang relevan dengan bisnis mereka. Informasi yang ditemukan kemudian dapat digunakan untuk meningkatkan pemasaran, mengembangkan produk, dan meningkatkan layanan pelanggan.

Namun, perlu diingat bahwa memantau percakapan netizen harus dilakukan dengan hati-hati dan menghormati privasi pengguna. Perusahaan harus mematuhi undang-undang dan aturan etika dalam memantau aktivitas online pengguna.

Kelebihan Platform Digital Monitoring

  • Kemampuan untuk memantau secara real-time

Platform digital monitoring dapat memantau percakapan netizen secara real-time, sehingga perusahaan dapat menanggapi isu yang muncul dengan cepat dan efektif. Sehingga tidak ada keterlambatan aksi pada sebuah perusahaan atau pengusaha untuk melakukan perbaikan atau evaluasi yang diperlukan.

  • Sentiment analysis

Platform digital monitoring dapat menganalisis sentimen yang terkait dengan merek atau topik tertentu, sehingga perusahaan dapat mengetahui apakah netizen memiliki pandangan positif, negatif, atau netral tentang merek atau topik tersebut. Dengan ini perusahaan atau pengusaha dapat melakukan filter mengenai pendapat dari netizen yang baik, negatif, atau netral saja.

  • Mendeteksi tren dan pola

Platform digital monitoring dapat menemukan tren dan pola dalam percakapan netizen, sehingga perusahaan dapat mengetahui apa yang sedang menjadi fokus perhatian netizen dan menanggapi dengan strategi yang tepat. Hal ini dapat memenuhi keinginan atau target pasar yang sedang naik pada para netizen atau customer.

  • Mengidentifikasi influencer

Platform digital monitoring dapat mengidentifikasi influencer di media sosial yang dapat membantu merek atau topik tertentu menjadi lebih dikenal di kalangan netizen. Dengan ini, perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan campaign dan bisa merasakan respon para netizen pada campaign tersebut, yang mana menjadi sebuah acuan apakah campaign tersebut berhasil atau tidak.

Baca Juga: Cara Memahami Audiens dengan Digital Monitoring Report

  • Integrasi dengan Platform Lain

Platform digital monitoring dapat diintegrasikan dengan platform lain seperti CRM (Customer Relationship Management) dan marketing automation, sehingga perusahaan dapat menggabungkan data dari berbagai sumber dan memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif tentang perilaku pelanggan.

Dapatkan Platform Digital Monitoring Segera!

Anda bisa mendapatkan dan merasa digital monitoring dengan platform terbaik yang dilahirkan oleh Ivosights. Telah memiliki cukup banyak klien, menjadikan Ivosights memiliki pengalaman dalam menangani kendala setiap perusahaan atau bisnis. Segera lakukan digital monitoring pada bisnis anda dengan platform kami!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami