5 Alasan Mengapa Middle Report Memerlukan Digital Listening Tools

Ripple10

,

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Kamis, 27 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Middle Report. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Middle Report. Shutterstock

"Berikut ini adalah alasan mengapa digital listening tools sangat dibutuhkan dalam penyusunan middle report"

Untuk meningkatkan performa kampanye perusahaan, Anda membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang feedback dan interaksi pelanggan di berbagai platform media sosial dan channel online. Untuk mendapatkan data-data relevan tersebut, Anda membutuhkan alat berupa digital listening tools. Data yang terkumpul dapat membantu penyusunan middle report untuk mengetahui seberapa efektif kampanye bisnis perusahaan Anda. Sebelum mengetahui alasan-alasan lainnya mengapa middle report membutuhkan digital listening tools, ada baiknya Anda ketahui terlebih dulu apa pengertian dari middle report itu sendiri.

Kenali Pengertian Middle Report

Middle report adalah sebuah laporan yang berisi analisis data dari berbagai sumber tentang tingkat kinerja kampanye bisnis. Laporan ini memberikan gambaran yang komprehensif tentang interaksi dan respon pelanggan terhadap kampanye yang dilakukan oleh perusahaan.

Apa Pentingnya Menyusun Middle Report?

Inilah beberapa alasan pentingnya penyusunan middle report:

  • Evaluasi Kinerja Kampanye

Middle report dapat membantu mengevaluasi kinerja kampanye bisnis dengan lebih akurat. Dengan menganalisis data dari berbagai sumber, Anda dapat mengetahui apakah kampanye yang dilakukan berhasil mencapai tujuan atau tidak.

  • Identifikasi Potensi Peningkatan

Informasi-informasi yang dihasilkan oleh middle report membantu Anda dalam mengidentifikasi potensi peningkatan dalam kampanye bisnis. Anda juga bisa mengetahui jenis konten yang paling diminati oleh pelanggan atau platform media sosial yang paling efektif dalam menjangkau target audiens.

  • Mendukung Pengambilan Keputusan

Dengan data yang jelas dan akurat dari middle report, perusahaan Anda bisa mengambil langkah-langkah yang lebih tepat guna meningkatkan efisiensi kampanye bisnis.

  • Optimalkan Pengalaman Pelanggan

Dengan mengetahui respon dan feedback pelanggan melalui middle report, Anda dapat melakukan perbaikan dan penyesuaian untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Dengan ini, loyalitas dan retensi pelanggan akan meningkat.

  • Monitor Persaingan

Middle report memungkinkan perusahaan untuk memantau aktivitas bisnis perusahaan kompetitor dan melihat bagaimana kampanye mereka berjalan.

Baca juga: 5 Cara Efektif Menyusun Middle Report, Kinerja Perusahaan Jadi Optimal

Pengertian Digital Listening Tools

Digital listening tools adalah sebuah software atau platform yang digunakan untuk memantau dan menganalisis percakapan atau interaksi pelanggan di media sosial, forum, dan website lainnya. Tools ini memungkinkan perusahaan Anda untuk memonitor apa saja yang dikatakan oleh pelanggan tentang brand, produk, atau kampanye yang diterapkan.

Fitur-Fitur Digital Listening Tools

Fitur-fitur yang terdapat dalam digital listening tools antara lain sebagai berikut:

  • Sentiment Analysis

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengetahui percakapan dan komentar pelanggan terhadap merek atau kampanye bisnis yang mengandung sentimen positif, negatif, atau netral.

  • Trending Topics

Tools ini dapat menampilkan topik-topik yang sedang tren sehingga Anda dapat menyesuaikan kampanye bisnis dengan topik yang relevan.

  • Identifikasi Influencer

Kemudian, digital listening tools dapat membantu mengidentifikasi influencer atau pengguna media sosial yang berpengaruh besar dalam pasar mereka.

  • Competitor Analysis

Fitur ini berfungsi memantau aktivitas dan kinerja perusahaan kompetitor dalam menjalankan kampanye mereka.

  • Customized Reporting

Tools ini menyediakan laporan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan sehingga memudahkan dalam menyusun middle report.

Alasan Mengapa Middle Report Memerlukan Digital Listening Tools

Inilah lima alasan mengapa penyusunan middle report memerlukan digital listening tools:

  • Mendapatkan Data yang Akurat dan Real-time

Digital listening tools dapat mengakses sekaligus mengumpulkan data-data yang akurat dan real-time tentang percakapan dan interaksi para pelanggan di berbagai platform digital. 

  • Menganalisis Sentimen Pelanggan

Dengan fitur ini, perusahaan dapat mengetahui bagaimana sentimen para pelanggan terhadap merek atau kampanye mereka. Informasi ini akan membantu perusahaan untuk mengukur efektivitas kampanye dan memberikan tanggapan pelanggan dengan lebih baik.

  • Menemukan Insight dan Peluang Baru

Dengan digital listening tools, perusahaan dapat menemukan insight dan peluang bisnis baru yang tidak terdeteksi melalui analisis manual.

  • Mengidentifikasi Masalah dengan Cepat

Dengan memonitor interaksi pelanggan melalui digital listening tools, perusahaan dapat mengidentifikasi masalah pelanggan hingga memberikan solusi relevan dengan cepat

  • Meningkatkan Responsifitas dan Relevansi Kampanye

Dengan mendapatkan data secara real-time, perusahaan Anda bisa meningkatkan responsifitas kampanye. Ketika pelanggan memberikan feedback atau bertanya melalui media sosial, Anda juga dapat memberikan respons yang cepat.

Baca juga: Cara Membuat Strategi Kampanye Menggunakan Data Middle Report

Dapatkan Layanan Penganalisis dan Pengelola Data Berskala Besar Hanya di Ivosights!

Menggunakan digital listening tools dapat mengumpulkan berbagai data yang akurat  secara real-time. Tools ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur analisis yang canggih sehingga memperbanyak data yang bisa dipaparkan dalam middle report.

Untuk menyusun middle report secara optimal, Anda bisa gunakan layanan kami comprehensive analytics yang berfungsi untuk menganalisis dan mengelola data dalam skala yang besar. Data yang kami tampilkan dalam hasil laporan juga mudah dipahami disertai dengan bagaimana strategi yang bisa Anda terapkan dalam perusahaan Anda. Data-data ini dapat dianalisis menggunakan berbagai metode, seperti OCEAN framework, emotion analysis, brand association, hingga trend forecasting

Sementara itu, untuk pengumpulan data dari berbagai sumber, kami juga menyediakan digital listening tools bernama Ripple10. Dengan tools ini, Anda dapat memonitoring percakapan pelanggan perusahaan Anda dari beberapa platform, termasuk media sosial, portal berita, blog, serta forum. Untuk mendapatkan salah satu atau bahkan kedua layanan tersebut, silahkan hubungi tim Ivosights untuk mendapatkan solusi terbaik pendukung perusahaan Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami