Mengulas Dashboard Beserta Fungsinya untuk Perusahaan

Sociomile | Jumat, 05 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Dashboard. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Dashboard. Shutterstock.

Dashboard adalah user interface yang memiliki kemiripan dengan panel kontrol, di mana informasi diatur dan disajikan dengan cara yang mudah dibaca. Panel kontrol ini lebih interaktif, kecuali jika lebih modern dan berbasis layar komputer.

Sampai batas tertentu, sebagian besar Guideline User Interface (GUI) menyerupai dashboard. Namun, beberapa product development secara sadar menggunakan metafora ini sehingga pengguna langsung mengenali kesamaannya.

Dashboard adalah representasi visual dari informasi terpenting yang diperlukan untuk mencapai satu atau lebih tujuan, dikonsolidasikan dan diatur dalam satu layar sehingga informasi dapat dikontrol secara sekilas.

Pengertian Dashboard

Dashboard adalah tampilan visual dari semua data Anda. Meskipun dapat digunakan dalam segala macam cara yang berbeda, tujuan utamanya adalah untuk memberikan informasi sekilas, seperti KPI. Dashboard biasanya berada di halamannya sendiri dan menerima informasi dari database yang ditautkan. Dalam banyak kasus, ini dapat dikonfigurasi, memungkinkan Anda memilih data mana yang ingin Anda lihat dan apakah Anda ingin menyertakan bagan atau grafik untuk memvisualisasikan angka.

Dashboard adalah alat manajemen informasi yang memantau, menganalisis, dan memberi Anda tampilan visual dari  Key Performances Indicators  (KPI), metrik, dan data penting untuk melacak status perusahaan, departemen, kampanye, atau proses tertentu Anda. Dashboard sebagai semacam ringkasan yang mengumpulkan data dari berbagai sumber di satu tempat dan menyajikannya dengan mudah dicerna. Ini adalah beberapa fitur yang dimilikinya:

#1 Custom

Dashboard hanya boleh berisi KPI yang relevan dengan departemen, kampanye, atau proses yang ada. Untuk memandunya, pertimbangkan pertanyaan utama yang ingin Anda jawab. Misalnya, apa sumber utama traffic  ke situs web, cara kerja saluran penjualan Anda, dan apa 5 produk yang menghasilkan pendapatan paling besar?

#2 Visual

Tujuan dari dashboard adalah untuk mendapatkan informasi yang Anda cari secara sekilas. Oleh karena itu, data ditampilkan dalam bentuk grafik dan Anda dapat memiliki indikator cepat melalui tombol berwarna, panah atas atau bawah, atau gambar yang disorot, misalnya.

#3 Praktis

Fungsi utama dashboard harus selalu membantu mengarahkan tindakan tim Anda. Karena itu, ia harus memberikan informasi yang diperlukan agar Anda tahu apa langkah selanjutnya yang harus diambil untuk meningkatkan hasil.

#4 Real-time

Saat ini, pemasaran digital berkembang sangat cepat sehingga memanfaatkan momen saat ini sangat penting. Karena itu, informasi harus diperbarui secara berkala dan ditampilkan di dashboard secara real-time.

Mengapa Dashboard Penting?

Dashboard memungkinkan semua jenis profesional kemampuan untuk memantau kinerja, membuat laporan, dan menetapkan perkiraan dan target untuk pekerjaan di masa mendatang. Manfaat lainnya termasuk:

  • Representasi visual dari kinerja, seperti dengan bagan dan grafik
  • Kemampuan untuk mengidentifikasi tren
  • Cara mudah untuk mengukur efisiensi
  • Sarana untuk menghasilkan laporan terperinci dengan satu klik
  • Kapasitas untuk membuat keputusan yang lebih tepat
  • Visibilitas total dari semua sistem, kampanye, dan tindakan
  • Identifikasi cepat data outlier dan korelasi

Kesimpulan

Mengintagrasikan dashboard pastinya diperlukan untuk perusahaan, mengontrol keseluruhan pastinya menjadi salah satu kesulitan bagi perusahaan dan pastinya membutuhkan tenaga dan waktu yang lama. Sociomile dari Ivosight dapat mengintegarisikan 13 channel marketing hanya dengan satu dashboard saja. Hal tersebut pastinya sangat mudah dan efisien untuk perusahaan Anda melakukan monitoring lebih lanjut.

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.