5 Alasan Mengapa Bisnis Membutuhkan Media Sosial

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 04 April 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Media sosial. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Media sosial. Shutterstock.

"Media sosial memang menjadi salah satu tempat utama dalam berbisnis. Yuk, simak beberapa alasan dibaliknya"

Perkembangan zaman saat ini memudahkan manusia dalam berkomunikasi dan bersosialisasi. Media sosial menjadi tempat paling banyak digunakan masyarakat dalam hal bersosialisasi dan melakukan banyak hal lainnya salah satunya adalah untuk hal entertaining. Beragamnya media sosial juga membuat masyarakat bebas menentukan platform apa yang menurut mereka cocok untuk dijadikan tempat bersosialisasi sehari-hari. Namun, bukan hanya untuk berkomunikasi dan bersosialisasi, media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk berbisnis, lho! Yuk, simak beberapa alasan mengapa bisnis membutuhkan media sosial. Simak baik-baik, ya!

Penjelasan Mengenai Media Sosial

Media sosial merupakan platform dimana orang-orang bisa dengan bebas mengekspresikan hal-hal yang mereka sukai dengan menunjukkan dan mengupload foto, video, atau tulisan. Media sosial juga merupakan hasil dari perkembangan teknologi yang memudahkan orang-orang dalam bersosialisasi dan berkomunikasi tanpa keterbatasan. Selain itu, media sosial juga dapat diandalkan untuk urusan pribadi maupun berbisnis.

Media sosial memiliki beragam jenisnya, termasuk TikTok, Twitter, Instagram, Facebook, dan lain-lain. Banyak orang yang menggunakan media sosial untuk berbelanja atau berjualan sehingga penggunaan media sosial di masyarakat sebenarnya tidak terbatas dan bisa dimanfaatkan sebagai jenis platform terbaru dalam berbagai macam hal. Untuk itu, media sosial memiliki banyak dampak positif untuk banyak hal.

Baca Juga: Mengenal Fungsi dan Manfaat Digital Monitoring Report untuk Perusahaan

5 Alasan Bisnis Membutuhkan Media Sosial

  • Memiliki Banyak Peluang Bisnis Lebih Laku

Media sosial adalah tempat yang tempat dimana ada banyak pelanggan dari segala penjuru bisa mengunjungi profil bisnis Anda. Hal ini sangat bermanfaat karena membuat banyak peluang bisnis yang dijalani menjadi jauh lebih laku dan memiliki keuntungan yang besar.

  • Memiliki Banyak Pengguna

Pengguna di media sosial sangat banyak dan beragam. Ini bisa Anda jadikan peluang besar untuk memperluas bisnis dan menggaet banyak pelanggan karena pengguna yang banyak ini merupakan target bisnis yang harus Anda manfaatkan.

  • Lebih Mudah dan Praktis

Jika dibandingkan dengan penggunaan toko offline, media sosial jauh lebih mudah dan praktis dalam hal berjualan dan berinteraksi dengan pelanggan. Berubahnya perkembangan zaman menjadikan masyarakat menjadi jauh lebih memilih untuk berbelanja secara online.

  • Mudah Membangun Interaksi dengan Pelanggan

Ada kalanya saat pelanggan ingin membeli barang atau produk yang kita miliki tetapi jarak yang jauh menghambat interaksi jual beli. Hal ini tidak usah dikhawatirkan lagi karena media sosial memudahkan para pemilik bisnis untuk membangun interaksi dengan para pelanggan tanpa batasan. 

  • Meningkatkan Brand Awareness

Meningkatkan brand awareness pada bisnis adalah hal yang mutlak agar bisnis mampu bersaing dan dikenal luas oleh masyarakat. Tanpa adanya brand awareness, bisnis tidak akan laku dan tidak mampu untuk bersaing dengan para kompetitor bisnis yang lain.

Tantangan Berbisnis di Media Sosial

  • Memiliki Banyak Pesaing

Jangkauannya yang luas membuat media sosial memiliki banyak pesaing yang memiliki bisnis serupa dengan apa yang kita miliki. Hal ini merupakan tantangan yang harus dihadapi jika ingin memanfaatkan platform digital ini.

  • Sulit Mengenai Target Pasar yang Tepat

Beragamnya pengguna media sosial menjadikan bisnis sedikit kesulitan dalam mengenai target pasar yang tepat karena penggunanya yang memiliki banyak preferensi berbeda-beda. Sebagai solusinya, Anda perlu melakukan digital monitoring untuk memantau dan menganalisis target pasar agar sesuai dengan bisnis yang dimiliki.

  • Loyalitas Pelanggan Berubah-ubah

Pemilik bisnis di media sosial pasti menghadapi tantangan dimana loyalitas pelanggan yang berubah-ubah. Hal ini bisa saja didasari karena banyaknya kompetitor bisnis lain yang memiliki produk serupa tetapi memiliki harga yang lebih rendah.

Baca Juga: Apa Saja Digital Monitoring Tools yang Berguna?

  • Harus Terus Menerus Melakukan Inovasi

Persaingan bisnis yang cukup ketat membuat para pemilik bisnis di media sosial harus terus-menerus melakukan inovasi agar bisnis yang mereka miliki tetap jalan dan tetap menarik banyak peminat agar tidak rugi

Gunakan Ripple10 untuk Memantau Bisnis Anda di Media Sosial!

Alih-alih melakukan digital monitoring atau memantau bisnis secara manual, Anda dapat dengan mudah melakukan digital monitoring menggunakan layanan aplikasi dari Ivosights, yakni Ripple10! Aplikasi kebanggan kami yang satu ini mampu melacak trending yang populer di kalangan masyarakat, memantau slang words yang digunakan di kalangan masyarakat, hingga mengetahui aktivitas kompetitor bisnis Anda! 

Ripple10 juga memiliki fitur yang akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang dibicarakan masyarakat tentang bisnis yang Anda miliki di media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Youtube, TikTok, Instagram, hingga Portal Berita. Selain itu, Anda juga bisa menganalisis tentang aktivitas digital kompetitor bisnis Anda melalui Ripple10. Mengagumkan sekali, bukan? Yuk, segera hubungi call center Ivosights sekarang juga untuk mendapatkannya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami