7 Institusi yang Perlu Menggunakan Media Monitoring untuk Kestabilan Operasional

Ripple10


Penulis : Administrator - Jumat, 01 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Media monitoring. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Media monitoring. Shutterstock.

"Media monitoring sangatlah esensial bagi 7 institusi yang berhubungan langsung depan persepsi publlik ini. Simak ulasan berikut!"

29 Februari 2024

Di era digital ini, semua orang memiliki hak untuk menyampaikan apa yang mereka pikirkan, terutama di sosial media. Opini ini tak hanya berkaitan dengan opini positif berbentuk apreasiasi atau afirmasi, tetapi juga opini negatif. Opini publik terhadap bisnis atau institusi yang sedang dijalani merupakan salah satu hal yang penting untuk didengarkan dan dipertimbangkan. Dikarenakan terkadang ada opini-opini bersifat konstruktif yang dapat membuat bisnis berkembang. Untuk dapat memantau persepsi publik tersebut, Anda dapat menggunakan media monitoring tools.

Mengenal Media Monitoring

Media monitoring merupakan proses memantau, melacak, hingga menganalis percakapan atau data digital dari berbagai macam sumber. Beberapa di antaranya dapat berupa media sosial, portal berita, blog, hingga forum online. Salah satu alat media monitoring di Indonesia adalah Ripple10 dari perusahaan yang bergerak di bidang business provider solution, Ivosights.

Ripple10 dapat dijadikan solusi bagi perusahaan atau institusi yang ingin mengetahui sentimen masyarakat terhadap mereka, baik itu sentimen positif, negatif, maupun netral. Alat ini juga dapat andil dalam usaha menstabilkan operasional bisnis. Dikarenakan alat ini memiliki berbagai macam fitur canggih yang memungkinkan penggunanya untuk mengetahui aktivitas digital kompetitor, mengetahui tren pasar, hingga mengantisipasi hal-hal negatif yang berpotensi membuat perusahaan viral di sosial media.

Baca Juga: 7 Manfaat Social Media Listening Tools dalam Pembuatan Konten Digital Marketing 

Bisnis dan Institusi yang Wajib Menggunakan Media Monitoring

Terdapat beberapa jenis bisnis yang bersinggungan langsung dengan masyarakat dalam pelaksanaannya. Keterlibatan masyarakat ini membuat kepuasan dan opini publik menjadi salah satu penentu kesuksesan bisnis. Berikut bisnis sangat wajib menggunakan media monitoring tools guna menjaga stabilitasnya:

  • Industri Perhotelan dan Pariwisata

Bisnis yang bergerak di bidang pariwisata seperti hotel, maskapai penerbangan, dan agen travel merupakan jenis bisnis yang akan selalu memprioritaskan layanan dan kepuasan pelanggan. Dengan menggunakan media monitoring tools, industri ini dapat mengakses fitur analisis sentimen dan analisis audiens untuk mengetahui hal apa yang sedang dibicarakan masyarakat mengenai brand mereka dan kecenderungan sentimen seperti apakah yang muncul. 

  • Institusi Pendidikan

Institusi pendidikan seperti sekolah tinggi atau universitas menjadi salah satu industri yang sangat disorot di Indonesia. Institusi pendidikan biasanya melibatkan berbagai macam kalangan, dari mulai anak-anak selaku murid, orang dewasa selaku guru, hingga seluruh staf pekerja yang juga ikut berperan andil. Penting bagi suatu institusi pendidikan untuk dapat selalu menjaga reputasi institusi. Dengan media monitoring tools, institusi pendidikan dapat juga mengetahui potensi krisis digital sejak dini dengan fitur early alert notification.

  • Public Relation Agency (Humas)

Agen humas bertugas untuk menjaga reputasi dan citra klien di mata publik. Hal ini sangat berkaitan dengan tujuan penggunaan media monitoring tools. Agen humas dapat mengetahui sentimen masyarakat, mendapat pemberitahuan potensi krisis secara cepat, mengetahui sebaran isu mengenai klein, hingga dapat mengukur apakah kampanye yang mereka lakukan berhasil.

  • Instansi Pemerintah

Instansi pemerintah perlu memantau sentimen masyarakat dengan baik. Dikarenakan instansi ini kerapkali membuat kebijakan yang memberikan berbagai macam efek berbeda terhadap masyarakat. Dengan kebijakan tersebut, terdapat sentimen positif, negatif, maupun netral yang tercipta. Menggunakan media monitoring tools dapat membantu instansi pemerintah untuk terus mengikuti tren terkini, menjaga citra instansi, dan mengetahui topik perbincangan masyarakat mengenai instansi tersebut.

  • Organisasi Kesehatan

Organisasi atau bisnis yang bergerak di bidang kesehatan seperti rumah sakit, bisnis layanan kesehatan, hingga perusahaan farmasi perlu menjaga kepercayaan masyarakat terhadap produk dan layanan yang ditawarkan. Media monitoring tools dari Ivosights menawarkan berbagai macam fasilitas yang cocok, seperti cara mengatur citra brand di dunia digital, mendapat insights mengenai kompetitor, dan mengetahui tren pasar.

  • Lembaga Jasa Keuangan

Lembaga jasa keuangan seperti bank atau perusahaan investasi perlu secara up-to-date memantau perkembangan ekonomi guna menjaga operasional perusahaan. Dengan menggunakan media monitoring tools, lembaga jasa keuangan dapat mengelola risiko yang nantinya dapat berpengaruh pada proses operasi dan investasi perusahaan.

  • Organisasi Nirlaba

Organisasi nirlaba atau biasa dikenal sebagai nonprofit organization biasanya menggunakan kampanye sebagai proses mendapat awareness masyarakat. Selain itu, penting bagi organisasi itu untuk mengetahui perkembangan isu dan hal-hal yang sedang naik daun. Sehingga, media monitoring tools merupakan alat yang tepat untuk organisasi nirlaba ini. Dengan alat tersebut, Anda bisa mengakses efektifitas kampanye di sosial media, mengetahui tren pasar, dan mengantisipasi krisis digital secara cepat dan akurat.

Ripple10 dari Ivosights Untuk Solusi Media Monitoring Efektif!

Ivosights menghadirkan Ripple10, solusi bagi perusahaan untuk mendapatkan data percakapan digital yang bersumber dari sosial media, portal berita, situs web, blog, hingga forum online. Dengan fitur yang lengkap dan unggul, perusahaan dapat mengandalkan Ripple10 untuk menjaga reputasi brand, menjaga kestabilan operasional, dan menjaga sentimen masyarakat terhadap brand. Tunggu apalagi? Ayo hubungi Ivosights dan rasakan manfaat layanannya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami