Kurangi Biaya Telepon Call Center dengan SIP Trunk!

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 27 April 2023
Ket. foto: Ilustrasi - SIP Trunk. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - SIP Trunk. Shutterstock.

"Biaya panggilan call center bisa menjadi jauh lebih murah dengan menggunakan SIP Trunk"

Call center memang terkadang membuat banyak sekali biaya yang harus dikeluarkan untuk setiap harinya. Hal ini dikarenakan masih banyaknya perusahaan yang mengandalkan telepon konvensional dalam pengoperasian layanan ini. Namun, zaman sudah berubah dan masih ada banyak cara untuk menghemat biaya pengeluaran untuk call center. Salah satunya adalah dengan menggunakan SIP Trunk untuk alternatif biaya yang lebih murah untuk call center. Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya disini!

Penjelasan Call Center

Call center adalah sebuah sistem komunikasi yang digunakan oleh sebuah organisasi untuk menerima dan menangani panggilan telepon dari pelanggan atau klien yang membutuhkan bantuan atau informasi mengenai produk atau layanan yang disediakan. Call center juga dapat digunakan untuk melakukan penjualan, pemasaran, atau penyelesaian masalah. Dalam sebuah call center, terdapat sejumlah agen atau operator yang bertugas menjawab panggilan telepon dari pelanggan dengan memberikan bantuan, informasi atau penyelesaian masalah yang diinginkan. 

Agen tersebut dilengkapi dengan sistem komunikasi yang modern, seperti telepon, komputer, dan aplikasi software yang berguna untuk mempermudah proses komunikasi dan mempercepat respon terhadap pelanggan. Lebih lanjut, ada dua jenis call center, yaitu inbound dan outbound. Inbound call center bertujuan untuk menerima panggilan masuk dari pelanggan, sedangkan outbound call center bertujuan untuk melakukan panggilan keluar kepada pelanggan untuk tujuan penjualan atau pemasaran.

Baca Juga: 6 Solusi Troubleshooting pada SIP Trunk

Penjelasan SIP Trunk

SIP Trunk adalah teknologi komunikasi yang memungkinkan suara, video, dan data dapat dikirimkan melalui jaringan internet menggunakan protokol SIP (Session Initiation Protocol). Dalam konteks telekomunikasi, SIP Trunk mengacu pada jalur komunikasi yang digunakan untuk menghubungkan PBX (Private Branch Exchange) suatu perusahaan dengan jaringan telekomunikasi publik. Dalam sistem tradisional, untuk menghubungkan PBX ke jaringan telekomunikasi publik, dibutuhkan jalur telepon fisik (analog atau digital) yang disebut trunk line

Dalam hal ini, jumlah jalur yang dibutuhkan tergantung pada jumlah panggilan telepon yang terjadi secara simultan. Namun, dengan SIP Trunk, jalur telepon fisik tidak lagi dibutuhkan. Sebagai gantinya, jalur tersebut dapat disediakan melalui jaringan internet dengan bandwidth yang memadai. Dengan menggunakan SIP Trunk, perusahaan dapat menghemat biaya karena tidak perlu lagi membayar biaya sewa trunk line telepon fisik. Selain itu, penggunaan SIP Trunk juga memungkinkan perusahaan untuk mengintegrasikan layanan komunikasi seperti suara, video, dan data dalam satu platform. Hal ini akan memberikan kemudahan dalam manajemen dan pengaturan layanan komunikasi di perusahaan.

SIP Trunk untuk Mengurangi Biaya Telepon Call Center

SIP Trunk dapat menjadi solusi yang efektif untuk mengurangi biaya telepon dalam operasional call center. Dalam sebuah call center, panggilan telepon adalah salah satu jalur komunikasi yang sangat penting dan sering digunakan. Oleh karena itu, biaya telepon sering menjadi biaya yang cukup besar dalam operasional call center. Dengan menggunakan SIP Trunk, biaya telepon dapat dikurangi secara signifikan karena panggilan telepon tidak lagi menggunakan jalur telepon fisik tradisional, melainkan melalui jaringan internet. Hal ini dapat mengurangi biaya sewa jalur telepon, biaya interkoneksi dengan jaringan telekomunikasi publik, serta biaya panggilan antar kota atau negara. Lebih lanjut, berikut ini ada beberapa manfaat lainnya untuk call center dengan menggunakan SIP Trunk:

  • Biaya Lebih Efisien 

Dengan SIP trunk, call center dapat menghemat biaya panggilan jarak jauh dan internasional karena menggunakan jaringan internet. Selain itu, biaya instalasi dan pemeliharaan infrastruktur telepon tradisional dapat diminimalkan.

  • Skalabilitas

SIP trunk memungkinkan call center untuk menambah atau mengurangi kapasitas panggilan secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan, sehingga dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Produktivitas Bisnis dengan SIP Trunk

  • Penanganan Panggilan yang Lebih Baik

Dengan SIP trunk, panggilan masuk dapat diteruskan ke agen yang tersedia dan terlatih secara lebih efektif dan efisien. Selain itu, beberapa fitur seperti transfer panggilan, panggilan konferensi, dan perekaman panggilan dapat diakses dengan lebih mudah.

  • Keandalan 

Dalam hal keandalan, SIP trunk memiliki tingkat keandalan yang lebih tinggi dibandingkan dengan sistem telepon tradisional karena tidak tergantung pada kabel fisik dan infrastruktur telepon kuno yang mudah rusak.

  • Integrasi dengan Teknologi Lain

SIP trunk dapat terintegrasi dengan teknologi lain seperti aplikasi CRM dan sistem manajemen panggilan untuk meningkatkan efisiensi operasi call center.

Andalkan Ivosights untuk Urusan SIP Trunk!

Didirikan pada tahun 2016, Ivosights kini menjadi perusahaan layanan pelanggan solusi satu atap yang beroperasi di Indonesia dan melayani beberapa klien dari Asia Tenggara. Saat ini Ivosights adalah satu-satunya perusahaan lokal yang memiliki berbagai platform dan layanan komprehensif dalam membantu perusahaan meningkatkan manajemen keterlibatan pelanggan mereka di berbagai titik sentuh pelanggan. Dengan begitu, perusahaan dan bisnis yang Anda jalani bisa dengan mudah mengandalkan Ivosights untuk solusi customer engagement.

Lebih lanjut, Ivosights juga memiliki layanan SIP Trunk untuk urusan kelancaran bisnis Anda, lho! Kami menyediakan layanan ini yang bisa Anda manfaatkan untuk menghemat biaya call center dan beralih menggunakan internet untuk melakukan panggilan telepon alih-alih masih mengandalkan telepon konvensional. Yuk, gunakan SIP Trunk dari Ivosights untuk bisnis yang lebih maju, lancar, dan praktis!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami