Pengertian & Fungsi dari Key Opinion Leader Manajemen bagi Perusahaan

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 11 Mei 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Key opinion leader. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Key opinion leader. Shutterstock

"Key opinion leader Management adalah cara suatu perusahaan mengatur inisiatif pemasaran mereka dengan key opinion leaders dan audiens yang mereka miliki."

KOL atau Key Opinion Leader adalah seseorang yang dapat memberikan pengaruh kepada banyak orang dalam suatu komunitas atau industri. Dalam pemasaran produk perusahaan, key opinion leader digunakan sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan brand awareness dan reputasi perusahaan. key opinion leader Manajemen merupakan proses mengelola hubungan antara perusahaan dengan key opinion leader yang relevan dengan produk dan layanan perusahaan. Tujuannya untuk mencapai target perusahaan dan mempromosikan produk dan layanan perusahaan secara efektif. Key opinion leader Manajemen juga berperan dalam strategi pemasaran digital perusahaan. Dengan memanfaatkan pengaruh key opinion leader di media sosial, perusahaan nantinya dapat mencapai target pasar secara efektif. Berikut pengertian dan fungsi key opinion leader manajemen bagi perusahaan: 

Pengertian Key Opinion Leader Manajemen

Key opinion leader management adalah cara suatu perusahaan mengatur inisiatif pemasaran mereka dengan key opinion leaders dan audiens yang mereka miliki. Manajemen key opinion leader harus mampu melakukan koneksi yang nyata antara perusahaan dan key opinion leader yang mempromosikan brand mereka. Manajemen key opinion leader harus mampu mengidentifikasi, memetakan, merencanakan, dan melibatkan key opinion leader dalam keperluan pemasaran. Dengan identifikasi maka dapat membantu perusahan dalam menentukan seseorang yang ahli dalam bidang yang sesuai dengan produk perusahaan. Key opinion leader Manajemen juga harus membuat kebijakan mengenai key opinion leader dan menciptakan pola pikir yang baik untuk key opinion leader dan brand.

Baca Juga: Jangan Keliru Pilih Brand Ambassador dengan Memantau Performa KOL!

Fungsi Key Opinion Leader Manajemen bagi Perusahaan

  • Mengetahui Audiens KOL

Fungsi pertama dari key opinion leader manajemen adalah untuk mengetahui dan mengenali siapa yang menjadi audiens dari key opinion leader yang perusahaan pilih. Perusahaan nantinya dapat mengetahui apakah audiens key opinion leader tersebut sesuai dengan brand dan target pasar yang perusahaan canangkan. Apabila perusahaan dan key opinion leader memiliki target audiens yang sesuai, maka perusahaan dapat melakukan kerjasama untuk meningkatkan brand awareness terhadap produk mereka. Perusahaan pun nantinya dapat melakukan perencanaan bisnis, branding, dan perencanaan konten terbaik bagi key opinion leader agar mereka dapat mempromosikan brand dengan optimal.

  • Mengetahui Jumlah Followers KOL

Jumlah followers pada hakikatnya tidak memilih pengaruh besar terhadap tingkat engagement rate. Tetapi, jumlah pengikut calon key opinion leader akan berpengaruh terhadap pengetahuan pelanggan terhadap produk dan branding perusahaan. Sehingga semakin banyak followers dari seorang key opinion leader, maka peluang untuk meningkatkan brand awareness terhadap suatu produk akan terus meningkat. Perusahaan juga dapat mengestimasi seberapa banyak konsumen yang melihat konten yang telah dibuat oleh key opinion leader tersebut. 

  • Mengetahui tingkat engagement KOL

Fungsi manajemen key opinion leader selanjutnya adalah untuk mengetahui dan meningkatkan tingkat engagement dari key opinion leader tersebut. Key opinion leader yang memiliki tingkat engagement baik biasanya  memiliki engagement metrics yang tinggi di akun mereka.  Misalnya akun tersebut mendapatkan komenter, feedback, like, dan lain sebagainya dari customer. Sehingga hal ini menjadi penting bagi key opinion leader manajemen untuk mengetahui tingkat engagement dari key opinion leader tersebut

  • Merelevansikan brand dengan KOL

Maksud dari fungsi yang keempat ini adalah bahwa latar belakang yang dimiliki oleh key opinion leader harus sesuai dengan branding yang perusahaan terapkan pada produk mereka. Misalkan perusahaan otomotif harus mencari key opinion leader yang memiliki spesialisasi di bidang otomotif. Tujuannya agar promosi yang dilakukan tidak keluar dari tujuan dan target yang perusahaan ingin capai. Selain itu, key opinion leader manajemen juga dapat memastikan konten yang diberikan tim marketing dapat sesuai dan diterima oleh audiens dengan terbuka.

Manfaat KOL Manajemen bagi Perusahaan

  • Menjaga citra perusahaan

Dengan adanya key opinion leader manajemen bagi perusahaan, citra dari brand di mata audiens dan pengikut dari key opinion leader akan menjadi baik sehingga mampu meningkatkan bisnis perusahaan secara maksimal. Oleh sebab itu perusahaan harus memastikan bahwa key opinion leader campaign yang dilakukan berjalan dengan baik agar hasil akhirnya dapat sesuai.

Baca Juga: Perluas Campaign Ramadan dengan Buzzer Tracking dan KOL Pada Bisnismu

  • Campaign marketing perusahaan lebih teratur

Dalam manajemen untuk melakukan campaign, biasanya terdapat 3 fase yaitu pra-campaign, campaign, dan pasca-campaign. Dengan hadirnya key opinion leader Management maka dapat membantu proses kampanya yang anda lakukan lebih terarah. 

  • Campaign lebih teratur

Key opinion leader manajemen akan membantu kerja sama antara perusahaan dengan key opinion leader menjadi lebih teratur dan sesuai dengan kesepakatan kerja yang mereka terapkan. Contohnya perusahaan mampu mengatur jadwal waktu posting konten di media sosial key opinion leader serta memberikan brief konten yang diperlukan agar sesuai dengan branding perusahaan. 

Optimalisasi KOL Manajemen dengan Ripple10 dari Ivosights

Itulah pengertian, fungsi, dan manfaat mengenai key opinion leader manajemen. Apabila Anda ingin menerapkan key opinion leader pada perusahaan, pastikan bahwa Anda telah memilih key opinion leader sesuai dengan tujuan perusahaan Anda sehingga spesialisasi yang key opinion leader miliki dapat sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. Untuk memantau performa key opinion leader di media sosial mereka, Anda dapat menggunakan digital monitoring Ripple10 untuk menganalisis performa key opinion leader dengan menggunakan fitur buzzer tracking & monitoring. Analisis terhadap pembicaraan mengenai perusahaan Anda juga dapat terlacak melalui sosial media sehingga Anda dapat merencanakan strategi pemasaran secara maksimal. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan key opinion leader marketing dengan tren saat ini melalui sosial media analyze dari platform ini. Terapkan Ripple10 dari Ivosights sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami