5 Jenis Key Opinion Leader (KOL) Marketing Yang Perlu Anda Ketahui

Ripple10


Penulis : Administrator - Rabu, 10 Mei 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Key opinion leader. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Key opinion leader. Shutterstock

"Key opinion leader adalah seseorang yang memberikan dampak signifikan kepada masyarakat dengan mempengaruhi pikiran mereka dalam membeli dan menggunakan produk tertentu."

Beberapa tahun belakangan ini, istilah Key Opinion Leader (KOL) Marketing menjadi semakin populer dan banyak diketahui oleh perusahaan. Saat ini key opinion leader marketing dijadikan strategi pemasaran yang tepat oleh banyak bisnis untuk memaksimalkan rencana pemasaran yang mereka miliki. Key opinion leader marketing mengandalkan kekuatan dari influencer untuk meningkatkan visibilitas merek bisnis mereka sehingga mampu membantu tercapainya target pasar mereka. Tetapi sebelum perusahaan memulai kampanye key opinion leader marketing, perusahaan harus mampu mempertimbangkan jenis influence mana yang akan dipilih. Setiap jenis key opinion leader marketing memiliki kelebihan dan kekurangannya sehingga Anda harus benar-benar memikirkan perencanaannya secara matang. Berikut 5 jenis key opinion leader marketing yang perlu Anda ketahui agar penerapannya tidak salah: 

Pengertian Key Opinion Leader Marketing

Key opinion leader adalah seseorang yang dapat memberikan dampak signifikan kepada masyarakat luas dengan mempengaruhi psikologi dan pikiran mereka dalam membeli dan menggunakan produk serta jasa yang key opinion leader tawarkan. Mereka yang berprofesi sebagai key opinion leader dipercayai oleh perusahaan karena mampu mengajak calon konsumen untuk membeli produk yang dijual. Hal ini akan membantu perusahaan dalam meraih keuntungan besar dan profit yang signifikan.

Saat ini key opinion leader telah menjadi strategi marketing yang sering diterapkan oleh sejumlah perusahaan kecil hingga perusahaan besar. Mereka akan menggunakan jasa dari aktor/aktris, influencer, dan seseorang yang ahli dalam bidang tertentu untuk dijadikan sebagai key opinion leader.

Baca Juga: Yuk, Perkuat Bisnis dengan Kolaborasi, Salah Satunya dengan Influencer

Orang yang didapuk menjadi key opinion leader akan mengiklankan produk dan layanan yang dimiliki oleh perusahaan melalui media sosial masing-masing. Tujuan dari penggunaan key opinion leader marketing ini sendiri antara lain untuk memilih target audience yang tepat, mengenalkan produk baru ke publik, meningkatkan jumlah konsumen, dan meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap perusahaan

Jenis-Jenis Key Opinion Leader Marketing: 

  • Nano Influencer

Jenis key opinion leader marketing yang pertama adalah nano influencer. Key opinion leader marketing yang satu ini adalah influencer yang memiliki jumlah pengikut relatif kecil. Biasanya jumlah pengikutnya berkisar antara 1.000 hingga 10.000 pengikut. 

Kelebihan dari menggunakan nano influencer ini antara lain tidak harus mengeluarkan biaya yang besar, memiliki pengikut yang aktif dan mampu membantu interaksi dengan audiens, dan memiliki audiens yang spesifik sesuai dengan target pasar sehingga mampu mencapai target dengan maksimal. 

Kekurangan dari nano influencer ini sendiri yaitu memiliki jangkauan yang terbatas karena followers yang kecil dan audiens yang sedikit, kurangnya pengalaman yang dimiliki oleh influencer tersebut karena pengetahuan promosi produknya masih terbatas, serta pengaruh yang diberikan kemungkinan relatif kecil.

  • Micro Influencer

Micro influencer adalah influencer yang memiliki jumlah pengikut antara 10.000 hingga 100.000. Sama seperti mega influencer, micro influencer juga memiliki audiens yang terikat dan pengeluaran biayanya juga tidak begitu banyak. Interaksi antara dengan audiens juga terbilang lebih tinggi dibanding nano influencerMicro influencer juga menjadi pilihan yang tepat bagi bisnis kecil dan menengah seperti UMKM yang ingin meningkatkan visibilitas merek dengan biaya yang terjangkau. Kekurangannya sendiri tidak jauh berbeda dengan nano-influencer yang memiliki jangkauan agak terbatas.

  • Mid-Tier Influencer

Pengertian dari mid tier influencer adalah influencer dengan jumlah pengikut antara 50.000 hingga 500.000 followers. Mereka memiliki audiens yang lebih luas dibanding dua key opinion leader marketing sebelumnya dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap audiens. Kelebihannya antara lain mampu menjangkau audiens lebih luar, memiliki pengaruh yang signifikan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen, serta menjangkau audiens yang lebih beragam sehingga dapat meraih konsumen dari berbagai jenis latar belakang. Kekurangan dalam menggunakan mid tier influencer adalah membutuhkan lebih banyak waktu untuk bekerja dengan brand Anda sehingga membutuhkan panduan yang lebih rinci. Selain itu pengeluaran biayanya juga lebih tinggi.

Baca Juga: Jangan Keliru Pilih Brand Ambassador dengan Memantau Performa KOL!

  • Macro Influencer

Macro influencer adalah influencer dengan jumlah pengikut di atas 500.000 hingga jutaan followers. Biasanya orang yang tergolong macro influencer termasuk orang yang namanya telah beken di mata masyarakat. Kelebihan dari menggunakan macro influencer sendiri antara lain memiliki jangkauan audiens yang luas sehingga mampu meningkatkan brand awareness secara signifikan, pengaruh yang besar terhadap audiens, serta memiliki kemampuan influence yang sangat baik. Kekurangannya sendiri antara lain memiliki biaya yang cukup mahal sehingga tidak cocok untuk bisnis kecil dan menengah, tidak memiliki hubungan yang erat dengan followers-nya dalam mempromosikan produk, dan adanya kemungkinan keterlibatan yang rendah antara followers dan influencer.

  • Mega Influencer

Mega influencer adalah influencer dengan jutaan pengikut. Mereka biasanya merupakan seorang selebritas, musisi, dan atlet. Ketenaran mereka juga tidak perlu diragukan lagi dan memiliki pengaruh yang besar terhadap audiens. Kelebihan menggunakan jenis key opinion leader ini adalah memiliki jangkauan yang besar hingga ke pasar internasional, pengaruh yang sangat besar, dan meningkatkan citra brand karena bekerjasama dengan tokoh publik. Kekurangannya sendiri yaitu memiliki biaya yang sangat tinggi dan hanya cocok untuk perusahaan ternama, produk yang ingin dipromosikan harus sesuai dengan citra dari selebritas tersebut, serta keterlibatan interaksinya yang rendah.

Terapkan Ripple10 untuk Memantau Performa KOL Anda!

Itulah jenis-jenis key opinion leader marketing yang perlu Anda ketahui. Setelah membaca artikel ini, mana jenis key opinion leader yang paling cocok dengan profil perusahaan Anda Untuk memantau performa KOL yang anda sewa jasanya, Anda dapat menggunakan Ripple10 untuk menganalisis performa key opinion leader dengan menggunakan fitur buzzer tracking & monitoring. Analisis terhadap pembicaraan mengenai perusahaan Anda juga dapat terlacak melalui sosial media sehingga Anda dapat merencanakan strategi pemasaran secara maksimal. Terapkan Ripple10 dari Ivosights sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami