Cara Membuat Loyalty Program untuk Meningkatkan Customer Loyalty

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 08 Mei 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Loyalty program. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Loyalty program. Shutterstock

"Loyalty Program adalah program penghargaan yang perusahaan buat untuk pelanggan sebagai bentuk kesetiaan mereka terhadap pembelian produk dari perusahan."

Suatu perusahaan agar operasionalnya dapat berjalan sehari-hari memerlukan pendapatan operasional yang dapat didapat dari berbagai aspek. Pendapatan ini dapat diperoleh perusahaan dari keuntungan penjualan, sewa, investasi, bunga, dividen, royalti, dan jenis pendapat lainnya. Pendapatan keuntungan penjualan perusahaan sendiri diperoleh dari hasil penjualan produk dan jasa perusahaan yang menjadi konsumsi dari pelanggan mereka. Perusahaan harus mampu menjaga kualitas dari produk dan jasa mereka agar pelanggan tetap setia dalam menggunakan produk dan jasa mereka. Tujuannya adalah agar peningkatan pendapatan dapat terus terjadi dan tidak membuat perusahaan mengalami kerugian. Oleh sebab itu, penting bagi perusahaan untuk terus meningkatkan customer loyalty di perusahaan mereka. Salah satunya yaitu dengan membuat loyalty program. Berikut cara yang tepat untuk membuat loyalty program bagi pelanggan Anda.

Apa Itu Customer Loyalty?

Loyalitas pelanggan atau customer loyalty adalah bentuk kesetiaan pelanggan terhadap merek atau brand yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan. Pelanggan akan terus-menerus membeli produk keluaran perusahaan tersebut yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kepuasan pelanggan, nilai yang ditawarkan, serta pengalaman positif  saat berinteraksi dengan pelayanan pelanggan perusahaan. Perusahaan pun saat ini banyak sekali yang mengembangkan program loyalitas untuk mempertahankan pelanggan mereka. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keuntungan dan menyebarkan jangkauan bisnis mereka.

Pelanggan yang telah memiliki loyalitas terhadap produk dari perusahaan tersebut biasanya akan menjadi berharga di mata perusahaan. Karena dengan ini perusahaan tidak perlu menambah biaya lagi untuk mempromosikan produk demi mendapatkan pelanggan baru. Perusahaan dapat mengandalkan promosi secara mouth to mouth dari pelanggan loyal karena mereka dipastikan akan mempromosikan produk tersebut karena kualitas produk sesuai dengan harapan mereka. Perusahaan harus dapat memberikan inovasi menarik agar pelanggan dapat terus mempertahankan loyalitas mereka, seperti membuat loyalty program yang berisikan promo, giveaway, atau diskon besar-besaran.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memantau Customer Loyalty? Simak Caranya Disini!

Manfaat Customer Loyalty bagi Perusahaan

  • Membangun hubungan dengan pelanggan

Manfaat pertama dari customer loyalty adalah mampu menciptakan hubungan yang kuat dengan pelanggan. Para pelanggan akan merasa puas dengan produk yang perusahaan tawarkan sehingga mampu memberikan feedback positifi terhadap perusahaan. Perusahaan juga dapat meraih keuntungan lebih dari adanya customer loyalty ini. Pengadaan loyalty program juga mampu membuat hubungan antara pelanggan dan perusahaan semakin harmonis.

  • Menciptakan Customer Advocacy

Customer royalty dapat menghadirkan customer advocacy bagi pelanggan yang nantinya akan menciptakan advocacy marketing. Dengan kualitas produk dan tawaran menarik yang perusahaan Anda hadirkan, pelanggan akan sukarela memperkenalkan produk yang dijual kepada orang-orang sekitarnya. Hal ini akan menciptakan brand awareness terhadap produk yang perusahaan produksi.

Cara Membuat Loyalty Program untuk Meningkatkan Customer Loyalty

Loyalty Program adalah program penghargaan yang dibuat oleh perusahaan kepada pelanggan sebagai bentuk kesetiaan mereka terhadap pembelian produk dari perusahan tersebut. Dalam meningkatkan customer loyalty bagi perusahaan Anda, berikut beberapa tips dalam membuat loyalty program yang tepat: 

  • Melakukan riset terhadap pelanggan perusahaan

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk membuat loyalty program adalah dengan mempelajari pelanggan terlebih dahulu. Pastikan bahwa Anda telah memahami berapa lama pelanggan telah memakai produk, keuntungan yang diperoleh, tingkat kepuasan mereka, serta apakah pelanggan akan menerima produk lain yang ditawarkan oleh perusahaan atau tidak. Hal ini akan membuat perusahaan lebih memahami pelanggan sehingga mereka dapat memutuskan loyalty program seperti apa yang pelanggan butuhkan.

  • Menentukan budget yang ingin dikeluarkan

Pastikan bahwa biaya yang perusahaan keluarkan untuk loyalty program ini telah sesuai. Jangan sampai budget yang dikeluarkan melebihi perkiraan dan menyebabkan hasil yang tidak sesuai proyeksi perusahaan. Berkonsultasi dapat menjadi solusi yang tepat agar tahu berapa biaya yang sekiranya harus dikeluarkan

Baca Juga: Cara Meningkatkan Customer Loyalty dengan Tepat

  • Menentukan target pelanggan untuk loyalty program

Buatlah kategori pelanggan yang ingin dituju dari loyalty program ini. Target dapat ditentukan melalui berbagai aspek yang ada kaitannya dengan loyalitas pelanggan. Beberapa aspeknya antara lain volume pembelian tiap pelanggan, durasi mereka menggunakan produk, kecepatan pembayaran, dan kemampuan mereka membeli produk dalam jumlah yang banyak. Misal promo yang diterapkan adalah dengan memberikan stempel untuk setiap pembelian produk. Apabila pelanggan tersebut telah membeli produk selama beberapa kali, maka pelanggan berhak mendapatkan hadiah dari perusahaan.

  • Menggunakan Ripple10 untu memahami pelanggan melalui media sosial

Cara terakhir untuk membuat loyalty program agar lebih menarik adalah dengan menganalisis pelanggan melalui media sosial. Untuk efektivitas analisa ini Anda dapat menggunakan produk Ripple10 dari Ivosights. Ripple10 dapat berfungsi untuk mengetahui tren apa yang sedang dibicarakan oleh publik mengenai perusahaan Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk menemukan kata kunci yang tepat dalam pembuatan loyalty program sehingga sesuai dengan kemauan pelanggan Anda.

Dapatkan Ripple10 Ivosights Untuk Membantu Anda Menciptakan Loyalty Program Terbaik

Berikut cara yang tepat untuk membuat loyalty progam agar customer loyalty perusahaan Anda dapat meningkat. Salah satu cara tersebut adalah dengan menggunakan produk Ripple10 dari Ivosights yang merupakan platform monitoring digital terbaik di Indonesia.

Ripple10 memungkinkan perusahaan Anda mengetahui tren positif di dunia digital untuk mengetahui perbincangan apa saja yang dibicarakan oleh pelanggan Anda di media sosial. Ripple10 juga memiliki fitur Competitive Analys yang berguna untuk mengetahui pergerakan kompetitor Anda melalui media sosial. Hal ini membantu Anda untuk bersaing dalam mempertahankan customer loyalty dengan memberikan penawaran loyalty program bagi pelanggan. Hubungi Ivosights untuk mengetahui lebih dalam mengenai Ripple10 sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami