Dalam perkembangan digital banyak fitur-fitur yang digunakan untuk memudahkan perusahaan atau bisnis. Salah satuya ialah dengan live chat maupun chat bot. live chat menggunakan peran manusia dalam percakpannya, sedangkan chat bot menggunakan perkembangan artificial intelligence (kecerdasan buatan). Lalu apa saja perbedaan-perbedaan yang ada pada live chat maupun chat bot. Serta mana yang paling unggul untuk bisnis Anda

Chat Bot

Tahukah Anda bahwa saat ini ada robot pintar yang bisa melakukan percakapan? Robot-robot ini dikenal sebagai chatbots.

Chat bot dengan nama lain chatterbot adalah layanan chat robot/karakter virtual dengan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) yang meniru percakapan manusia melalui pesan, chat teks atau keduanya. Chat bot ini merupakan percakapan virtual dimana satu-satunya adalah robot chat yang bertujuan untuk hiburan. Fitur chat bot ini telah digunakan di berbagai industri untuk menyampaikan informasi.

Chat bot menggunakan berbagai teknologi mutakhir di dalamnya, seperti artificial intelligence, machine learning, deep learning, dan natural language processing (NLP). Machine learning dapat diterapkan sebagai mesin yang mempelajari, menganalisis, dan mengenali berbagai bahasa di chat bot, sedangkan Natural Language Processing (NLP) memiliki kemampuan untuk memahami dan memahami bahasa manusia kemudian memberikan respons yang sesuai dengan bahasa yang digunakan. oleh pengguna chatbot.

Fungsi Chatbot

Fungsi utama dari chatbot adalah sebagai customer service yang melayani pelanggan. Namun selain itu, Bot juga memiliki fungsi lain, seperti:

Live Chat

Live chat merupakan sebuah fitur yang biasanya digunakan dalam halaman website sebagai wadah untuk para customer menanyakan atau mengadukan permasalah yang mereka hadapi, kemunculan fitur live chat ini didukung oleh perkembangan era digital yang menciptakan karakter spesifik baru pada customer bisnis Anda.

Dengan karakter yang spesifik ini membuat live chat memudahkan komunikasi antara dua orang ataupun lebih dalam satu platform digital. Layanan ini biasa digunakan untuk menjalin komunikasi secara cepat dan tepat tanpa harus meunggu lama lagi untuk mendapatkan balasan.

Fungsi Live Chat

Fungsi utama dari live chat adalah sebagai customer service yang melayani pelanggan. Namun selain itu memiliki fungsi lain, seperti:

Lebih Unggul Chatbot atau Live Chat?

Berikut ini beberapa keunggulan antara menggunakan live chat ataupun chat bot:

Selama ini pelayanan yang cepat alias fast response sangat dibutuhkan oleh banyak pelaku bisnis. Saat ingin menanyakan sesuatu melalui website, otomatis akan dijawab dengan pertanyaan yang diajukan dengan cepat tanpa bertele-tele. Ini juga akan sangat dihargai oleh konsumen.

Namun, apabila Anda menginginkan tanggapan yang instan untuk para pelanggan, chat bot satu langkah lebih unggul dibandingan live chat. Dengan menerapkan chat bot ke dalam situs bisnis Anda, chat bot dapat dengan langung menjawab pada saat yang bersamaan. Chat bot bahkan mengurangi waktu tunggu bagi konsumen yang terburu-buru dengan masalah.

Disatu sisi, live chat akan membuat pelanggan harus menunggu beberapa menit sebelum terhubung ke agen yang tepat. Waktu tunggu sangat bisa diminimalisirkan dengan tim agen yang mengelola live chat, karena live chat terdiri dari banyak orang yang sanggup menangani segudungan pertanyaan secara bersamaan.

Dengan menggunakan komunikasi live chat, maka agen manusia jelas lebih unggul dalam hal respond yang dipersonalisasikan. Agen manusia ini tidak hanya mengambil data pelanggan kapan saja dan menwarkan pesan yang sesuai dengan kebutuhan setiap pelanggan. Serta percakapan yang dilakukan juga lebih santai dan berempati dengan cara yang sangat nyata.

Sedangakan chat bot AI ini dapat melakukan penyimpanan data pelanggan, memberikan dukungan kontekstual, mengirim pesan proaktif ke pelanggan, dan bahkan menawarkan sebuah solusi kepada pelanggannya. Namun, yang sangat disayangkan ialah dengan menggunakan chat bot pelanggan tidak akan merasakan kehanggatan dari para agen.

Biasanya untuk proses tanya jawab dilakukan oleh customer service seperti. Tidak sedikit kendala yang bisa didapatkan seiring dengan operasionalnya, terutama jam kerja. Tapi tidak dengan chatbots karena teknologi ini tidak akan pernah tidur seperti manusia, jadi kapanpun dan bagaimanapun ada pertanyaan bisa langsung dijawab.

Sedangkan live chat sangat terbatas dengan waktu, dimana para agen tidak selalu sedia dalam platform, sehingga pelanggan akan terbatas oleh waktu dan akan terlambat mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Chat bot cocok untuk pebisnis. Anda tidak perlu lagi menghubungi pelanggan yang bermasalah, bahkan mendapatkan pebisnis, ingin tahu performa terbaiknya. Dengan teknologi robot, urusan customer service menjadi lebih mudah.

Sedangkan live chat, pelanggan yang menghadapi masalah maka dia pula yang akan menguhubungi perusahaan. Tetapi dengan live chat, perusahaan akan mendapatkan poin-poin permasalahan secara detail sehingga bisa dilakukan identifikasi dan berguna untuk kedepannya.

Kesimpulan

Chat bot dan live chat adalah salah satu hal yang Anda tidak boleh lewatkan. Hal tersebut dikarenakan sangat penting untuk diketahui lebih lanjut, dikarenekan dengan adanya chatbots ataupun live chat akan memaksimalkan komunikasi kepada pelanggan. Jadi ketahui kebutuhan bisnis Anda, apakah Anda lebih tertarik dengan chat bot atau live chat itu tergantung kebutuhan yang saat ini Anda butuhkan.

Akan lebih mudah jika Anda menggunakan Ivosights.  Karena Ivosights bisa menjadi solusi Anda untuk lebih mengintegrasikan dan mengoptimalkan chat bot dan live chat yang lebih maksimal sehingga dapat diimplementasikan dengan baik untuk customer services!