Cara Mengatasi Masalah Jaringan pada IP Telephony

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 02 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"Koneksi internet pada jaringan IP Telephony merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah komunikasi yang dijalankan secara online. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini"

Tidak ada yang dapat memprediksi lancar atau tidaknya jaringan internet. Hal itu ditentukan oleh koneksi dan sinyal dari internet itu sendiri. Biasanya, masalah ini terjadi karena adanya cuaca yang buruk, berada di tempat terpencil sehingga sinyal sulit masuk, hingga adanya mati listrik yang terjadi. IP Telephony merupakan salah satu teknologi yang sangat bergantung pada internet sehingga tidak dapat dipisahkan. Tanpa internet, IP Telephony tidak akan berjalan dan komunikasi akan terhambat. Mungkin akan sedikit mengesalkan saat kita sedang melakukan meeting tetapi internet ataupun aplikasi menjadi error karena sinyal yang buruk. Eits, jangan khawatir! Dibutuhkan beberapa hal agar hal tersebut dapat cepat teratasi. Berikut ini, kami akan menjelaskan beberapa cara ampuh untuk mengatasi masalah jaringan pada IP Telephony.

Mengatasi Masalah Jaringan pada IP Telephony

  • Melakukan Restart

Seringkali masalah pada jaringan terjadi bukan hanya disebabkan oleh buruknya keadaan sinyal, tetapi bisa juga karena adanya masalah internet pada ponsel maupun laptop yang sedang dipakai. Hal ini sering terjadi jika device yang digunakan mengalami hang atau error yang mengakibatkan tidak dapat berfungsinya sistem normal pada ponsel atau laptop. Sinyal yang ada pada perangkat elektronik bisa saja baik-baik saja tetapi tidak dapat berjalan dengan baik karena masalah internal perangkat tadi.

Untuk itu, Anda dapat melakukan restart pada ponsel maupun laptop. Ponsel biasanya dapat di-restart dengan menekan tombol restart itu sendiri dan keadaan ini tidak akan berlangsung lama hanya sekitar beberapa menit saja. Sedangkan untuk laptop, Anda juga hanya tinggal menekan tombol restart dan laptop Anda akan sepenuhnya ter-restart. Namun, setelah di restart, beberapa laptop memiliki pengaturan otomatis yang akan langsung mengupdate laptop ke versi terbaru. Tidak perlu khawatir karena Anda dapat mengaturnya agar tidak langsung melakukan pembaruan ke versi terbaru.

Baca Juga: Alasan Mengapa IP Telephony Pilihan Terbaik untuk Bisnis Anda

  • Menginstal Ulang Aplikasi

Terkadang, aplikasi dari IP Telephony memiliki sedikit error atau memiliki pembaruan di waktu-waktu tertentu. Tidak perlu khawatir karena hal ini dapat teratasi salah satunya dengan menginstal ulang aplikasi yang ada pada laptop atau ponsel yang Anda miliki. Caranya cukup mudah, aplikasi yang memiliki jaringan IP Telephony dapat dengan mudah diinstal ulang dengan cara menghapusnya lalu unduh kembali. Namun, jaringan yang buruk pada IP Telephony bisa juga terjadi karena aplikasi tersebut memiliki pembaruan sehingga Anda harus mengeceknya langsung pada Play Store maupun App Store. 

  • Memeriksa Keadaan Sinyal

Salah satu alasan mengapa terjadi jaringan buruk pada aplikasi jaringan IP Telephony adalah karena sinyal yang didapatkan perangkat elektronik Anda buruk. Biasanya, hal ini terjadi apabila Anda sedang berada di tempat-tempat yang tidak memiliki sinyal maupun sedang berada di lokasi yang susah dijangkau. Ini bisa membuat perangkat Anda kehilangan sinyal sehingga aplikasi IP Telephony juga tidak akan berfungsi dengan semestinya.

Untuk itu, sebelum berpikir apakah aplikasi IP Telephony Anda bermasalah, cobalah untuk memeriksa keadaan sinyal yang masuk ke dalam perangkat elektronik Anda. Biasanya, sinyal yang baik dan bagus memiliki tanda 4G maupun 5G, jika perangkat Anda hanya menunjukkan tanda 3G sampai no service, berarti ada masalah pada jaringan internet. 

  • Periksa Keadaan Listrik

IP Telephony berjalan harus dengan menggunakan internet sehingga tidak akan memungkinkan aplikasi maupun jaringannya berjalan dengan baik tanpa internet. Salah satu komponen berjalannya internet adalah adanya listrik yang mengalir. Oleh sebab itu, listrik menjadi daya utama jika ingin menggunakan perangkat atau aplikasi dari IP Telephony.

Jika Anda merasa jaringannya memburuk atau mati, segeralah periksa keadaan listrik di rumah Anda. Biasanya, mati listrik dapat diprediksi karena pada beberapa waktu, pemerintah atau pemilik layanan setempat akan memberi pengumuman bahwa akan ada pemadaman listrik. Tetapi, dalam waktu yang lain, pemadaman listrik bisa terjadi kapan saja dan tidak dapat diprediksi.

Baca Juga: Jenis-Jenis Keamanan yang Digunakan untuk IP Telephony

  • Periksa Aplikasi yang Sedang Digunakan

Apakah Anda pernah menyadari bahwa ada beberapa aplikasi yang Anda gunakan dapat memperlambat koneksi maupun aplikasi yang lain? Hal ini dapat terjadi jika Anda sedang memakai aplikasi IP Telephony dan jaringan tiba-tiba memburuk. Pastikan bahwa Anda sedang tidak membuka aplikasi seperti game maupun aplikasi edit karena kedua aplikasi tersebut memiliki daya yang berat dan berefek pada fungsi dan kelancaran aplikasi yang lain.

Namun, IP Telephony juga memiliki daya yang berat yang juga memiliki efek memperlambat koneksi aplikasi yang lain. Untuk itu, jika Anda ingin meeting ataupun komunikasi yang sedang dijalankan menggunakan aplikasi IP Telephony berjalan dengan lancar, hindarilah membuka aplikasi lain sehingga aplikasi IP Telephony dapat berjalan dengan baik.

Internet memiliki peran yang sangat penting dalam hidup kita, bersamaan dengan adanya teknologi IP Telephony membuat komunikasi dan interaksi kita dengan orang lain dapat berjalan dengan baik. Namun, jangan langsung panik dan khawatir saat jaringan maupun aplikasi IP Telephony tidak berjalan dengan lancar karena ada banyak alasan dan cara untuk memperbaikinya. Itulah beberapa cara untuk mengatasi masalah jaringan pada IP Telephony yang telah kami rangkum di atas. Semoga bermanfaat!

Membutuhkan Layanan Telephony? Ivosights Solusinya!

Memasang jaringan Telephony mungkin akan sedikit sulit jika tidak memiliki provider ataupun bingung bagaimana cara mengaplikasikannya. Jangan khawatir! Ivosights memiliki layanan Sociomile yang akan membantu Anda untuk urusan Telephony. Yuk, segera hubungi call center kami sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami