IP Telephony untuk Bidang Pendidikan

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 02 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"Pendidikan saat ini semakin dipermudah dengan adanya koneksi internet yang memadai. Ini memudahkan pelajar mendapatkan resources berlimpah untuk bahan materi"

Pendidikan merupakan komponen utama suatu bangsa yang maju. Standar sebuah negara yang berkualitas adalah memiliki pendidikan yang baik dan hebat. Siswa maupun mahasiswa menjadi target utama dalam menjadikan patokan sebuah bangsa apakah bangsa tersebut berkualitas atau tidak. Salah satu sumber yang membuat pelajar maupun mahasiswa berkualitas selain kurikulum dari sekolah adalah sumber utama dalam pengajaran mereka. Internet merupakan sebuah tempat yang jika digunakan dengan baik untuk hal positif seperti pelajaran tentu akan membuat pelajar akan semakin berwawasan luas dan cerdas. IP Telephony juga memiliki peran cukup penting dalam hal ini. Mau tahu apa saja? Yuk, simak artikel di bawah ini!

Apa Itu IP Telephony?

IP Telephony adalah suatu teknologi yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan video dan suara dari jarak jauh dengan menggunakan internet. Hal ini sangat berguna terutama dalam perkembangan zaman yang pesat di era modern saat ini. IP Telephony juga membuat penggunanya dapat melakukan interaksi positif yang berguna dengan melakukan panggilan video tanpa perlu melakukan tatap muka secara langsung.

IP Telephony juga membuat kemudahan lain untuk bisnis terutama untuk bisnis yang memiliki aliran internet atau router tersendiri untuk perusahaan. Hal ini memungkinkan pegawainya untuk tidak perlu merasa khawatir akan jaringan internet karena perusahaan memiliki aliran internetnya sendiri sehingga bisa dimanfaatkan untuk bekerja.

Baca Juga: Jenis-Jenis Keamanan yang Digunakan untuk IP Telephony

Jenis-Jenis IP Telephony

Meskipun memiliki penjelasan yang mudah, IP Telephony memiliki beberapa jenis yang harus kamu ketahui. Simak penjelasannya di bawah, ya!

  • Softphone

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi-aplikasi untuk melakukan meeting dari jarak jauh yang dapat menampung banyak peserta seperti Skype, Cisco Webex, hingga Line. Aplikasi-aplikasi tersebut adalah salah satu jenis IP Telephony yang dapat diunduh melalui ponsel ataupun dapat di-instal pada komputer atau PC.

  • IP PBX (Internet Protocol Private Branch Exchange)

Kamu pasti sudah familiar dengan telepon rumah atau yang biasa disebut telepon konvensional yang memiliki fungsi untuk menghubungkan penggunanya dengan orang lain. Tujuan dari telepon konvensional adalah untuk tetap terhubung dengan orang lain menggunakan panggilan suara. Namun, telepon konvensional ini memiliki keterbatasan yang hanya dapat digunakan dan dilakukan oleh dua orang saja. Berbeda dengan IP PBX yang dapat menghubungkan banyak orang dalam satu waktu.

IP PBX merupakan salah satu jenis IP Telephony yang sudah terintegrasi dengan jaringan IP dan digunakan di dalam suatu perusahaan atau organisasi. Berbeda dengan telepon konvensional, IP PBX memiliki banyak fitur dan kemudahan yang dapat menghubungkan penggunanya dan memiliki kelebihan seperti lebih fleksibel, skalabilitas, hingga fitur-fitur yang bisa dinikmati oleh penggunanya.

  • Hosted IP PBX

Jenis IP Telephony yang satu ini merupakan layanan virtual yang disediakan oleh penyedia layanan telepon atau cloud. Dalam prakteknya, Hosted IP PBX tidak perlu melakukan penginstalan untuk sebuah aplikasi maupun pada perangkat keras sehingga lebih murah dan menghemat biaya. Beberapa contoh dari aplikasi Hosted IP PBX adalah Nextiva, 8x8, dan RingCentral.

IP Telephony dalam Bidang Pendidikan

Kita semua tahu ada banyak perubahan dalam pendidikan dan banyak bidang lainnya di seluruh dunia saat pandemi Covid-19 terjadi pada awal tahun 2020 lalu. Seluruh kampus dan sekolah di seluruh negara terpaksa tutup dan meliburkan muridnya guna mencegah penularan virus terjadi. Pada awalnya, hal ini membuat kacau bidang pendidikan karena banyak materi dan kelas yang harus ditunda sangat lama sehingga proses belajar mengajar tidak terkondisikan dengan baik.

Namun, adanya internet dan teknologi membuat banyak guru dan orang lain memanfaatkannya sebaik mungkin dalam situasi genting yang darurat ini. Adanya aplikasi untuk melakukan panggilan video melalui internet yang menggunakan layanan IP Telephony membuat kegiatan belajar mengajar dapat berjalan kembali. Yuk, kenali beberapa keuntungan menggunakan IP Telephony untuk pendidikan di bawah ini. 

Baca Juga: Kelebihan IP Telephony Dibanding Telepon Konvensional, Wajib Tahu!

  • Dapat Dilakukan dari Jarak Jauh

Seperti yang telah kita ketahui, tujuan dan fungsi utama dalam jaringan IP Telephony adalah untuk melakukan panggilan video dan suara dari jarak jauh. Hal ini juga memungkinkan para guru dan dosen untuk melanjutkan proses belajar mengajar untuk murid-muridnya. Tidak perlu khawatir karena aplikasi yang memiliki jaringan IP Telephony akan menghubungkan murid dan guru dalam satu waktu meskipun mereka semua berada dalam lokasi dan tempat yang berbeda-beda.

  • Memiliki Pengaturan Waktu

Para pelajar tidak perlu khawatir jika guru melakukan sabotase waktu mengajar dan melakukan jam mengajar lebih lama hanya karena proses kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah. Hal ini karena beberapa aplikasi yang memiliki jaringan IP Telephony memiliki batas waktu atau bahkan guru dapat melakukan pengaturan secara custom untuk seberapa lama waktu untuk mengajar.

  • Memungkinkan Melakukan Kegiatan Belajar dengan Banyak Orang

Beberapa aplikasi yang dapat melakukan panggilan telepon dan video masih memiliki keterbatasan dalam melakukan panggilan untuk lebih dari 10 orang. Jangan khawatir! Ada banyak jenis aplikasi dengan jaringan IP Telephony yang memungkinkan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar dengan banyak orang sehingga dapat digunakan untuk kelas yang memiliki banyak murid.

  • Melakukan Proses Belajar Mengajar Secara Efektif

Dalam proses belajar mengajar yang dilakukan dengan aplikasi, pelajar dan guru tidak perlu merasa khawatir karena keefektifan belajar menjadi berkurang. Ini dimungkinkan karena beberapa aplikasi dengan jaringan IP Telephony memiliki fitur yang memungkinkan guru atau pemegang kontrol meeting tersebut untuk melakukan unmute. Selain itu, adanya kolom teks juga berguna bagi pelajar maupun guru yang memiliki masalah dengan mikrofon.

Memanfaatkan teknologi IP Telephony untuk bidang pendidikan merupakan hal yang sangat bermanfaat dan positif yang tentunya dapat dijadikan contoh dan pondasi untuk pendidikan di masa depan. Itulah beberapa penjelasan mengenai keuntungan IP Telephony dalam bidang pendidikan. Semoga bermanfaat!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami