Perbedaan Signifikan Antara Telepon Konvensional dengan IP Telephony

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 09 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"Telepon konvensional memiliki peran penting dalam bidang komunikasi tetapi IP Telephony juga membuat perubahan besar yang lebih memudahkan masyarakat"

Telepon konvensional memiliki peran yang penting dalam hubungan komunikasi antar manusia dari zaman dahulu hingga saat ini. Kepopulerannya dalam menghubungkan dua orang untuk melakukan komunikasi membuat banyak orang membutuhkan alat ini untuk berkomunikasi. Pada zaman dahulu, internet belum berkembang sebanyak saat ini sehingga keterbatasan komunikasi harus dihadapi. Lebih lanjut, telepon konvensional juga membuat kemudahan dalam menghubungi orang dari jarak jauh pada zaman dahulu sehingga tidak harus melakukan pertemuan langsung. Meskipun tidak secanggih sekarang, telepon konvensional memiliki peran dan fungsinya pada zaman itu sehingga orang-orang mampu berkomunikasi di tengah keterbatasan.

Namun, adanya internet yang berkembang pesat pada saat ini membuat telepon konvensional sedikit tergeser. Internet saat ini sudah membuat banyak kemudahan yang membuat orang dapat menghubungi orang lain lewat panggilan suara dan video. Kemajuan ini juga didukung dengan adanya kehadiran iP Telephony yang semakin membuat komunikasi kita menjadi tidak terbatas lagi. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang perbedaan signifikan antara telepon konvensional dan IP Telephony. Simak baik-baik penjelasan di bawah ini:

Apa itu IP Telephony?

Telepon IP adalah sistem telepon yang bekerja melalui Internet, bukan melalui kabel tembaga konvensional. Teknologi tersebut bergantung pada protokol komunikasi yang dikenal sebagai Voice over Internet Protocol atau yang biasa disingkat VoIP.

Baca Juga: Keunggulan Menggunakan IP Telephony di Masa Pandemi

Telepon IP menawarkan berbagai manfaat dibandingkan sistem telepon konvensional, terutama tidak adanya biaya panggilan, set fitur yang disempurnakan (terutama untuk aplikasi bisnis), dan keserbagunaan untuk bekerja pada berbagai perangkat. VoIP adalah teknologi yang matang, dan transisi dari telepon konvensional ke sistem berbasis IP biasanya langsung dan relatif mudah diimplementasikan.

Perbedaan IP Telephony dan Telepon Konvensional

Berikut ini adalah beberapa perbedaan IP Telephony dan telepon konvensional:

  • Cara Kerja 

Telepon konvensional memiliki kabel dan mikrofon yang akan menyambungkan dan mengeraskan suara Anda kepada orang yang ditelepon. Menurut sumber, loudspeaker dan mikrofon bekerja dengan cara yang serupa tetapi berlawanan. Mikrofon berisi sepotong plastik fleksibel yang disebut diafragma dengan kumparan besi yang melekat padanya dan magnet di dekatnya. Saat Anda berbicara ke corong, energi suara dalam suara Anda membuat diafragma bergetar, menggerakkan kumparan lebih dekat atau lebih jauh dari magnet. Ini menghasilkan arus listrik di koil yang sesuai dengan suara Anda, jika Anda berbicara keras, arus besar dihasilkan, jika Anda berbicara dengan lembut, arusnya lebih kecil. Anda dapat menganggap mikrofon sebagai perangkat pengubah energi: ia mengubah energi suara dalam suara Anda menjadi energi listrik. Sesuatu yang mengubah energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya disebut transduser.

Berbeda dengan telepon konvensional, IP Telephony terlihat dan beroperasi seperti telepon darat biasa. Namun, teknologi yang dibangunnya berbeda secara signifikan, IP Telephony mengubah suara pengguna menjadi sinyal digital, dan kemudian mengirimkan sinyal itu, dalam format terkompresi dan seringkali dienkripsi, melalui internet. Sinyal tersebut kemudian di dekompresi dan diubah kembali menjadi suara yang dapat didengar di handset pendengar. IP Telephony bekerja secara independen dari sistem telepon konvensional tempat kantor Anda dan hanya membutuhkan koneksi internet untuk bekerja.

  • Biaya yang Dikeluarkan

Biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat untuk telepon konvensional dan IP Telephony juga berbeda. Lebih lanjut, saat Anda melakukan panggilan pada saluran telepon tradisional, perusahaan telepon mengenakan biaya untuk setiap menit waktu panggilan. Dengan bisnis, ini bertambah karena ada ratusan, jika tidak ribuan, panggilan telepon per hari. Dengan telepon seluler, paket bulanan biasanya datang dengan jumlah menit terbatas, kecuali jika pengguna memiliki paket tak terbatas.

Baca Juga: Perbedaan Sebelum & Setelah Menggunakan IP Telephony untuk Telesurvey

Jika seseorang melebihi menitnya, mereka akan ditagih lebih banyak pada bulan berikutnya. Jika seseorang memiliki paket telepon prabayar, maka mereka harus menambahkan menit tambahan sebelum habis. Dengan IP, khususnya VoIP, satu-satunya biaya yang terjadi setiap bulan adalah dari penyedia layanan internet. Penghematan ini bertambah dengan cepat untuk bisnis, terutama pada 7 sen per menit untuk telepon rumah.

  • Kelebihan yang Ditawarkan

Dengan menggunakan telepon konvensional, jika kita menginginkan untuk menelepon orang lain, keterbatasan menghalangi kita untuk melakukan panggilan telepon dengan banyak orang. Berbeda dengan IP Telephony yang membuat kita bisa melakukan panggilan dengan banyak orang dalam satu waktu. Selain itu, banyaknya aplikasi yang memiliki jaringan IP Telephony bisa menjadi preferensi kita untuk memilih yang terbaik untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Itulah beberapa perbedaan signifikan antara telepon konvensional dan IP Telephony. Semoga bermanfaat! Jika Anda ingin mengatur dan menggunakan teknologi IP Telephony untuk bisnis Anda, Ivosights punya solusinya! Kami menawarkan layanan IP Telephony dengan service terbaik. Yuk, hubungi kami sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami