Kekurangan IP Telephony untuk Work From Home

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 14 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"IP Telephony bukan sekedar terobosan baru untuk dunia komunikasi, tetapi juga untuk dunia pekerjaan terutama pada era modern seperti sekarang"

IP Telephony merupakan salah satu komponen dalam dunia komunikasi digital yang sangat berpengaruh pada interaksi sosial masyarakat, terutama pada era modern saat ini. IP Telephony memungkinkan adanya percakapan melalui panggilan suara dan video yang dahulu menjadi sebuah angan-angan belaka. Kenyataan ini menjadi salah satu manfaat paling berarti untuk hubungan dekat antara manusia saat ini. Work From Home atau biasa disingkat WFO menjadi salah satu kemudahan yang bisa banyak orang rasakan dalam perkembangan teknologi saat ini. Bekerja di rumah bahkan saat ini menjadi tren yang sangat diperbincangkan di tengah masyarakat karena kemudahannya dalam melakukan pekerjaan serta hanya mengandalkan konsistensi dan internet. 

Apa Itu IP Telephony

IP Telephony merupakan suatu teknologi yang memudahkan penggunanya untuk melakukan panggilan suara dan video hanya dengan menggunakan internet. Teknologi yang satu ini membuat banyak kemudahan untuk umat manusia, terutama dalam komunikasi. IP Telephony merupakan suatu perkembangan dan terobosan baru untuk menggantikan keterbatasan yang dimiliki oleh telepon konvensional pada zaman dahulu.

IP Telephony juga membuat banyak perubahan yang diandalkan oleh masyarakat terutama pada bidang pekerjaan. Dahulu, banyak kantor yang mengandalkan telepon konvensional yang sebenarnya sangat menguras biaya. Dengan IP Telephony, perusahaan dapat menghemat lebih banyak biaya dan maintenance karena IP Telephony memiliki pengurusan yang tidak seribet telepon konvensional.

Baca Juga: Pentingnya IP Telephony untuk Perusahaan Asuransi

Lebih lanjut, IP Telephony memiliki beberapa jenis dalam penggunaannya, berikut penjelasannya:

  • Softphone

Kalian semua pasti mengenal aplikasi-aplikasi seperti LINE, Cisco Webex, Skype, dan lain-lain. Aplikasi-aplikasi tersebut merupakan beberapa aplikasi yang menggunakan jaringan IP Telephony untuk dapat tersambung agar bisa melakukan panggilan suara dan video. Softphone merupakan aplikasi yang sangat berguna untuk melakukan meeting untuk organisasi dan perkantoran.

Cara mengaplikasikan softphone cukup mudah, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi-aplikasi tersebut di ponsel maupun laptop Anda. Pengoperasiannya pun biasanya cukup mudah dimengerti sehingga siapapun dapat menjadi host pada suatu meeting. Selain itu, softphone juga hanya bergantung pada internet sehingga meeting bisa dilakukan di mana saja.

  • IP PBX  (Internet Protocol Private Branch Exchange)

IP PBX merupakan IP Telephony yang diintegrasikan dengan jaringan IP dan biasanya digunakan untuk perusahaan atau organisasi. IP PBX digunakan di perkantoran untuk menggantikan peran telepon konvensional, karena jaringan ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan telepon konvensional seperti skalabilitas yang lebih baik, fleksibilitas, dan fitur-fitur yang lebih lengkap. Contoh-contoh dari IP PBX adalah 3CX, Cisco Unified Communications Manager, dan Asterisk.

  • Hosted IP PBX

Jenis lain dari IP Telephony adalah Hosted IP PBX. Hosted IP PBX merupakan jaringan IP Telephony yang disediakan oleh cloud atau penyedia layanan telepon yang bisa digunakan secara virtual. Kemudahan dan kelebihan lain yang akan Anda dapatkan dalam Hosted IP PBX adalah Anda tidak perlu menginstal atau mengunduh aplikasi pada laptop maupun ponsel sehingga cukup menghemat storage alat elektronik yang Anda miliki. Beberapa contoh dari Hosted IP PBX adalah 8x8, Ring Central, dan Nextiva.

Kekurangan IP Telephony untuk Work From Home

Setelah mengetahui beberapa fungsi dan jenis dari IP Telephony, jaringan yang satu ini juga bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan dari rumah sehingga memudahkan pekerja untuk menghemat biaya pengeluaran untuk bensin dan alat transportasi. Selain itu, IP Telephony juga bisa dimanfaatkan perusahaan untuk menghemat biaya internet dan listrik yang tersambung karena pegawai bisa melakukan dan menyelesaikan pekerjaan mereka dari rumah.

Namun, kemudahan dan banyak manfaat yang dimiliki oleh IP Telephony untuk melakukan Work From Home  tentunya tidak sempurna. Jaringan tersebut juga memiliki beberapa kekurangan saat diaplikasikan untuk melakukan Work From Home. Berikut beberapa penjelasannya:

  • Terpaku pada Jaringan Internet

Seperti yang kita ketahui, IP Telephony merupakan sebuah teknologi yang mengandalkan internet untuk melancarkan jaringannya. Tanpa internet, IP Telephony tidak akan berjalan dan pekerjaan yang mengandalkan teknologi ini tentunya tidak bisa diselesaikan. Untuk itu, salah satu kekurangan IP Telephony untuk melakukan work from home adalah jaringan internet itu sendiri. Banyak kasus pekerja yang melakukan pekerjaannya di rumah justru terhambat karena jaringan internet mereka yang mati sehingga tidak bisa menyelesaikan pekerjaan.

Baca Juga: Keunggulan Menggunakan IP Telephony di Masa Pandemi

  • Mengandalkan Listrik

Pasokan internet tentunya juga mengandalkan listrik untuk dapat berjalan. Ini juga merupakan suatu kelemahan dari IP Telephony itu sendiri karena tanpa listrik, aplikasi IP Telephony tentunya tidak akan berjalan terutama jika penggunanya tidak memiliki paket data untuk disambungkan. Banyak kasus serupa yang dimana pekerja kantoran yang bekerja di rumah mengeluhkan listrik yang mati dan menyebabkan pekerjaan mereka tertunda. Untuk itu, selalu pastikan apakah aliran listrik di rumah mati karena kelebihan daya atau apa ada pemadaman listrik yang terjadi pada waktu-waktu tertentu.

  • Banyak Kemungkinan Jaringan yang Lemot

Lebih lanjut, IP Telephony juga sangat mengandalkan jaringan internet. Karena tanpa adanya jaringan internet, pengguna tidak akan mampu mengoperasikan aplikasi IP Telephony. Kestabilan jaringan menjadi hal yang selalu diandalkan oleh penggunanya terutama untuk melakukan meeting dengan atasan. 

Ivosights memiliki layanan IP Telephony yang pasti akan sangat membantu Anda untuk urusan kelancaran bisnis yang sedang dijalani. Dengan jaringan Telephony, bisnis Anda akan semakin mudah. Tunggu apalagi? Hubungi call center Ivosights sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami