IP Telephony Digunakan Untuk Apa Saja? Ketahui Disini!

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 28 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"Saat ini kita sudah banyak menggunakan teknologi IP Telephony. Tapi, selain telepon, bisa digunakan untuk apa sajakah IP Telephony? Ketahui di sini!"

Dalam era digital seperti sekarang ini, teknologi IP Telephony semakin diminati oleh banyak perusahaan dan organisasi sebagai solusi komunikasi bisnis. IP Telephony adalah teknologi yang memungkinkan suara dan data dikirimkan melalui jaringan internet, sehingga menggantikan teknologi konvensional seperti telepon kabel dan fax. Berbagai perusahaan menggunakan IP Telephony untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis, serta mengurangi biaya komunikasi. Artikel ini akan membahas lebih detail tentang penggunaan IP Telephony dan manfaatnya bagi perusahaan dan organisasi.

Apa itu IP Telephony?

IP Telephony adalah teknologi komunikasi yang menggunakan jaringan internet untuk mentransfer suara, video, dan data melalui koneksi internet. IP Telephony juga dikenal sebagai teleponi internet protokol (VoIP). Dalam teknologi IP Telephony, suara analog dikonversi menjadi sinyal digital dan kemudian ditransmisikan melalui jaringan internet. Pengguna dapat melakukan panggilan suara dan video melalui koneksi internet yang terhubung ke jaringan IP Telephony. Teknologi IP Telephony memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan telepon konvensional, seperti biaya panggilan yang lebih murah, kemampuan untuk melakukan panggilan jarak jauh dengan mudah, dan fitur-fitur canggih seperti konferensi video dan voice messaging.

Baca Juga: Kenali 8 Tantangan Penggunaan IP Telephony beserta Solusinya!

Kegunaan IP Telephony

Nah, setelah mengetahui pengertian dari IP Telephony. Anda mungkin bertanya-tanya IP Telephony bisa digunakan untuk apa saja, sih? Nah, IP Telephony memiliki berbagai macam kegunaan, lho! Misalnya, IP Telephony dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti:

  • Panggilan Suara

IP Telephony bisa digunakan untuk berkomunikasi lewat call atau panggilan suara. IP Telephony memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan suara ke berbagai jenis endpoint, seperti telepon tradisional, telepon IP, dan perangkat seluler. IP Telephony juga dapat mendukung fitur panggilan suara seperti konferensi, transfer panggilan, dan voicemail.

  • Video Konferensi

Selain panggilan suara, IP Telephony juga dapat digunakan untuk video konferensi. Video konferensi adalah satu kegiatan yang lumrah dilakukan sepanjang pandemi kemarin. Oleh karena itu kegunaan yang satu ini bisa dikatakan sangatlah penting. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pertemuan virtual dengan rekan kerja atau klien dari berbagai lokasi dengan cepat dan mudah.

  • Pengiriman Pesan Instan

Bukan berkomunikasi dengan suara, IP telephony juga dapat mendukung pengiriman pesan instan antar pengguna, baik melalui aplikasi desktop maupun mobile. Fitur ini sangat berguna dalam berkomunikasi dengan rekan kerja atau klien yang berada di luar kantor.

  • Integrasi dengan Aplikasi¬†Bisnis

IP Telephony dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi bisnis, seperti CRM (Customer Relationship Management), ERP (Enterprise Resource Planning), dan aplikasi kolaborasi lainnya. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan data dan informasi yang terkait dengan bisnis dalam proses komunikasi.

Keunggulan IP Telephony

Alasan mengapa IP Telephony menjadi pilihan yang populer adalah karena memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan sistem telepon konvensional. Beberapa keunggulan tersebut antara lain:

  • Biaya lebih rendah

Keunggukan pertama yang akan dirasakan saat menggunakan IP Telephony adalah biaya yang rendah. IP Telephony menggunakan jaringan internet yang sudah ada, sehingga biaya penggunaannya lebih murah dibandingkan dengan sistem telepon konvensional yang memerlukan infrastruktur telekomunikasi yang terpisah.

  • Skalabilitas yang tinggi

Selain murah, IP Telephony juga memiliki skalabilitas yang tinggi. IP Telephony dapat dengan mudah ditingkatkan kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan bisnis, tanpa harus mengganti perangkat telepon atau infrastruktur jaringan secara keseluruhan.

  • Fleksibilitas

IP Telephony menawarkan fleksibilitas yang tinggi. Hal ini dikarenakan IP Telephony bisa diakses kapan saja di mana saja. IP Telephony memungkinkan pengguna untuk terhubung ke jaringan dari mana saja, asalkan terhubung ke internet. Pastinya dengan begitu IP Telephony memudahkan pengguna dalam melakukan komunikasi bisnis tanpa harus terikat dengan lokasi kantor.

  • Fitur lebih lengkap

IP Telephony mendukung berbagai fitur tambahan, seperti video konferensi, pengiriman pesan instan, dan integrasi dengan aplikasi bisnis. Hal ini memungkinkan pengguna untuk lebih produktif dalam melakukan komunikasi bisnis.

Baca Juga: Perbedaan Sebelum & Setelah Menggunakan IP Telephony untuk Telesurvey

Dapatkan Layanan IP Telephony di Ivosights!

Dalam berbisnis di era digital kita semua tahu bahwa perkembangannya semakin pesat dan kencang, teknologi IP Telephony menjadi solusi komunikasi bisnis yang efektif dan efisien. Dalam artikel ini, kita telah membahas berbagai penggunaan IP Telephony dan manfaatnya bagi perusahaan dan organisasi. Dengan menggunakan teknologi IP Telephony, perusahaan dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas, serta mengurangi biaya komunikasi.

Nah, untuk mengimplementasikan IP Telephony di perusahaan Anda, Ivosights hadir sebagai penyedia layanan IP Telephony yang handal dan terpercaya. Dengan pengalaman dan keahlian yang dimiliki, Ivosights siap membantu Anda memilih solusi IP Telephony yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami